Rabu, 23 November 2016

AKHIR JAMAN (BAGIAN-2)








Rabu, 23 Nopember 2016 

Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu.  
              (Lukas 21:13-14) 

Hari ini kita melanjutkan mengenai perikop kotbah akhir jaman dimana sebelumnya telah disebutkan tiga hal tanda-tanda menjelang akhir jaman dan kali ini kita membahas hal berikutnya. 

Pertama
Ada penganiayaan karena nama Yesus 

Lukas 21:12 
Sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena namaKu 

Yesus mengatakan bahwa penganiayaan pasti terjadi dan hendaknya kita tidak takut menghadapi segala bentuk aniaya; apakah itu secara fisik atau secara psikis atau secara mental. 

Mengapa kita harus tegar menghadapi tekanan penganiayaan? sebab Yesus menjanjikan akan memberikan hikmat kepada kita ketika terjadi penganiayaan. 

Lukas 21:15 
Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. 

Justru Yesus menghendaki kita menjadi saksi Kristus atas aniaya yang menimpa diri kita dan hal ini suatu tantangan bagi kita untuk melakukannya sebab secara manusiawi ingin menghindari aniaya. 

Kita seharusnya percaya kepada Yesus sebab perkataanNya adalah benar dan pasti digenapi. 

Lukas 21:18-19 
Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu


Kedua  
Dimusuhi keluarga karena nama Yesus 

Lukas 21:16 
Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh

Paling menyakitkan hati bila keluarga justru menentang dan memusuhi diri kita karena iman kepercayaan kepada Yesus.

Inilah tantangan berat yang mau tak mau harus ditanggung dan merupakan salib yang harus dipikulnya karena mendapat kecaman dan penolakan keluarganya. 

Kita harus ingat bahwa Iblis memakai siapa saja untuk mencobai iman kita dan Tuhan ijinkan pencobaan terjadi untuk menguji sejauh mana keteguhan iman dan ketaatan kita kepada Tuhan. 

Salah satunya adalah penolakan dari pihak keluarga dan seharusnya tidak menyurutkan iman kepercayaan kepada Yesus Kristus sebab yakinlah ini hanya ujian iman yang harus dihadapi. 

Bagaimana cara menyikapi penolakan dari pihak keluarga, terutama orangtua atau pasangan hidup? 

Matius 10:16 
Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati

Hendaknya kita hidup dalam kebenaran firman Tuhan dimana sikap hidup kita dan perbuatan kita mencerminkan Yesus ada di dalam kita karena kasih mengalir keluar dari dalam diri kita

Dengan demikian pihak keluarga yang melihat dan merasakan kasih yang kita bagikan kepada mereka dan kepada orang lain sungguh nyata dalam perbuatan kita sehari-hari. 

Lihatlah suatu hari nanti pihak keluarga akan luluh hatinya dan menerima dirimu bahkan merekapun akan mengikutimu dengan percaya kepada Yesus Kristus. 

Ingatlah menurut firman Tuhan akan ada pertobatan di dalam keluarganya apabila seorang percaya kepada Yesus Kristus. 

Kisah 16:31 
Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." 


Ketiga 
Dibenci orang karena nama Yesus 

Lukas 21:17 
Kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu

Kita sudah membahas orang duniawi tidak menyukai orang rohani sebab bagi mereka, segala sesuatu yang dilakukan orang rohani adalah suatu kebodohan. 

1 Korintus 2:14 
Manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani

Kita sering dengar istilah orang duniawi yang berkata: nikmati kesenangan dunia kapan lagi, sebab hidup cuman sekali, mari berpesta-pora. 

Jika kita tidak bisa mengikuti gaya hidup mereka maka kita dijauhi, dikucilkan dan akan dibenci serta dimusuhi bila kita coba menasehati dan beritakan firman Tuhan kepada mereka. 

Lukas 21:34 
Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. 

Hidup di dunia ini, kita akan berkumpul atau berkelompok sesuai dengan sifat kepribadian yang selera dan gaya hidup sama dengan anggota kelompok lainnya dan masing-masing kelompok punya identitas diri untuk menonjolkan diri dan diakui oleh orang lain bahwa kelompok mereka yang tersolid dan terbaik bahkan patut menjadi contoh bagi orang lain. 

Kasihan sekali orang yang tidak tahan dirinya dikucilkan dan memaksakan diri mengikuti gaya hidup mereka padahal tidak sesuai dengan kepribadiannya dan akhirnya terperosoklah dirinya semakin dalam sehingga kepribadiannya berubah terpengaruhi life style grup mereka. 

Amsal 13:20 
Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang

Jika pengaruhnya positif sesuai dengan firman Tuhan maka dirinya selamat dan terjadi pembaharuan hidupnya menjadi hidup baru di dalam Tuhan. 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku tetap teguh dan yakin dengan iman kepercayaan kepada Yesus walaupun dibenci oleh orang lain? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Klemens Kolumbanus 
Warna Liturgi : Hijau 

Wahyu 15:1-4 
Mazmur 98:1-3,7-9 
Lukas 21:12-19  
BcO : Daniel 8:1-26 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com