Jumat, 25 November 2016

AKHIR JAMAN (BAGIAN-4)










Jumat, 25 Nopember 2016 

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu. 
             (Lukas 21:33)  

Yesus katakan perumpamaan tentang pohon ara bertunas di musim panas untuk menjelaskan tanda-tanda bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

Lukas 21:29-31 
Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

Pohon ara sering dipakai Yesus untuk menjelaskan pengajaranNya. 
Setiap tahun dua kali panen, pohon ara menghasilkan buah ara yang menjadi makanan pokok untuk pembuatan kue ara (1 Tawarikh 12:40) dan dipakai untuk pengobatan (2Raj 20:7) pada jaman itu. 

Kali ini Yesus memakai pohon ara untuk menegaskan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

Lukas 21:29-31 
Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

Ada yang menafsirkan ayat ini adalah tanda-tanda kedatangan Yesus untuk keduakalinya namun disanggah oleh penafsir lainnya dengan alasan apabila pohon ara sudah bertunas berarti sudah dekat kedatangan Yesus keduakali maka hal itu tidak sesuai perkataan Yesus yang mengatakan: 

Matius 24:36 
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri

Biarlah para penafsir berargumentasi tetapi bagi kita yang penting adalah kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar hidup di dalam kebenaran Tuhan dan melakukan perintah Tuhan agar hidup saling mengasihi dan beritakan Injil kepada orang lain agar mengalami Kasih Tuhan di dalam hidup mereka

Coba perhatikan ayat 33 : 
Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu artinya : 
apapun yang terjadi, SabdaNya tetap ada untuk selamanya dan hendaknya kita tetap teguh memegang SabdaNya

Merenungkan apa yang akan terjadi saat akhir jaman nanti, bikin pusing kepala memikirkannya dan menggetarkan jiwa. 

Apalagi membawa kitab Wahyu hari ini mengenai perikop tentang Kerajaan seribu tahun dimana Iblis dilemparkan kedalam jurang maut dan diikat selama seribu tahun. 

Wahyu 20:1-3 
Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. 

Kitab Wahyu adalah kitab yang memakai simbol-simbol dan sulit dimengerti terutama mengenai nubuat akhir jaman. 

Kita tidak membahas lebih lanjut kitab Wahyu yang membicarakan akhir jaman namun menjadi suatu permenungan bagi kita bahwa akhir jaman pasti terjadi dan kita tidak kapan persisinya. 

Hendaknya kita menjaga diri kita agar tidak berbuat kejahatan dan berbuat hal yang dikategorikan perbuatan dosa; baik dosa besar maupun dosa kecil, artinya tetap saja trlah berbuat dosa. 

Kita harus memahami betul arti dosa yaitu suatu perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan yang tertulis di Alkitab maupun melalui Roh Kudus yang menegur kita secara pribadi. 

Dengan demikian kita tidak salah jalan sebab jangan sampai Matius 7:21 terjadi sedangkan kita pikir telah berbuat baik tetapi terjadi tidak berkenan bagi Tuhan. 

Amsal 4:23 
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan

Amsal 14:12 
Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku menanggapi dengan serius peringatan Yesus bahwa Kerajaan Allah telah dekat sebab saat ini aku berusaha hidup di dalam kebenaran Tuhan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Katarina dr Aleksandra 
Warna Liturgi : Hijau 

Wahyu 20:1-4,11-21;2 
Mazmur 84:3-6,8 
Lukas 21:29-33 
BcO : Daniel 10:1-11:1 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com