Kamis, 24 November 2016

AKHIR JAMAN (BAGIAN-3)






Kamis, 24 Nopember 2016 

akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini
             (Lukas 21:23b)  

Yesus memperingatkan Yerusalem akan runtuh dan dihancurkan oleh tentara dan akan terjadi kekacauan hebat melanda penduduk Yerusalem melarikan dari kota Yerusalem, terutama para ibu hamil. 

Lukas 21:20-21,23a 
Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. 
Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! 

Dan semua yang terjadi ini adalah sesuai nubuatan nabi Hosea. 

Lukas 21:22 
sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis

Hosea 9:7 
Sudah datang hari-hari penghukuman, sudah datang hari-hari pembalasan, Israel akan mengalaminya, "Nabi adalah seorang pandir, orang yang penuh roh adalah orang gila!", oleh karena besarnya kesalahanmu dan besarnya permusuhan 

Ketidak-setiaan bangsa Israel terus menerus terhadap Allah dengan cara menyembah ilah-ilah lain dan hidup dalam kecemaran sehingga akibatnya mereka mengalami kebinasaan. 

Penduduk Yerusalem dibinasakan oleh tentara Romawi dipimpin Jenderal Titus pada Tahun 70 M karena mereka tidak mau mendengarkan nasehat dan teguran untuk bertobat dan berbalik kepada Allah sehingga akibatnya mereka binasa. 

Matius 21:24 
dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu. 

Nabi Hosea menyampaikan nubuat akan terjadi kehancuran Yerusalem sejak ratusan tahun lalu tetapi dicuekin dan tidak didengarkan. 

Bangsa Israel terkenal sebagai bangsa yang tegar tengkuk alias bebal dan sulit dinasehati sebab mereka sombong dan merasa hebat dengan mengandalkan pengertian dan kekuatan diri sendiri. 

Keluaran 32:9 
Firman Tuhan pada Musa: "Telah Kulihat bangsa ini dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk."

2 Tawarikh 30:8 
Sekarang, janganlah tegar tengkuk seperti nenek moyangmu. Serahkanlah dirimu kepada Tuhan dan datanglah ke tempat kudus yang telah dikuduskanNya untuk selama-lamanya, serta beribadahlah kepada Tuhan, Allahmu, supaya murkaNya yang menyala-nyala undur dari padamu. 

Bukankah kitapun sering mengabaikan nasehat dan peringatan yang didengar, disampaikan Pastor dan hamba Tuhan lainnya, baik secara langsung maupun melalui firman Tuhan atau renungan rohani lainnya. 

Masing-masing merasa prinsip hidupnya adalah terbaik dibandingkan orang lain dan tidak heran setiap nasehat ditolak dan dipandang enteng alias dicuekin. 

Padahal orang demikian suatu hari nanti akan menerima akibat kecongkakkan dirinya dan jika tidak bertobat maka akan mengalami kehancuran. 

Yeremia 17:5 
Beginilah firman Tuhan: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan! 

Seharusnya kita mendengarkan firman Tuhan dan mengandalkan hidup kepada Tuhan maka niscaya hidup kita akan mengalami damia sejahtera. 

Amsal 3:5 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri

Yeremia 17:7-8  
Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan!  Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah

Selanjutnya, 

Apa yang terjadi pada diri manusia? 
Kebinasaan penduduk Yerusalem adalah salah satu contoh dimana ada manusia yang seenaknya saja menjalani hidup menuruti keinginan hawa nafsunya. 

Kita lihat, di jaman akhir ini tingkat kejahatan semakin meraja-lela dan sifat sebagian orang semakin menyebalkan dan makin semena-mena seperti hukum rimba di dunia binatang yakni siapa kuat maka dia yang menang dan menjadi raja hutan, menguasai teritorial tertentu. 

Kita ini manusia dan bukan binatang, seharusnya akal budi dipakai dengan benar sesuai harkat manusiawi. 

Berbeda dengan binatang, 
mengandalkan hawa nafsu kebinatangan dan tidak memiliki akal budi dan iman. 

Kita ini manusia segambar dengan Allah karena KasihNya kepada kita namun akibat dosa membuat gambar diri kita manusia menjadi rusak. 

Kejadian 1:27 
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka. 

Allah mengutus Yesus untuk menebus kematian kekal akibat dosa manusia dan gambaran diri kita manusia segambar dengan Allah dipulihkan dan menjadi anak-anak Allah. 

Kebebalan penduduk Yerusalem adalah gambaran manusia bebal tidak mau peduli akan citranya sebagai gambaran Allah sehingga menerima hukuman yakni mengalami kebinasaan. 

Apakah kita mau hidup seperti penduduk Yerusalem yang sebetulnya beriman kepada Allah tetapi menjalani hidup di dalam kecemaran (baca kitab Hosea) bahkan menyalibkan Yesus? 

Orang yang menjalani hidup dengan melakukan perbuatan dosa yang terus menerus dan berulang-ulang tanpa ada perasaan bersalah dan tidak mengakui dosa-dosanya maka sama artinya ia telah menyalibkan Yesus keduakalinya. 

1 Yohanes 3:8-9 
Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diriNya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu. Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku menjalani hidup di dalam kebenaran Tuhan dan menjauhi diri dari perbuatan dosa? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
PW St Andreas Dung Lac 
Warna Liturgi : Merah 

Wahyu 17:1-2,21-23;19:1-3,9
Mazmur 190:2-5 
Lukas 21:20-28 
BcO : Daniel 9:1-4,18-27 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com