Sabtu, 26 November 2016

AKHIR JAMAN (BAGIAN-5)








Sabtu, 26 Nopember 2016 

Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita. Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaanNya dan kawanan domba tuntunan tanganNya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suaraNya!  
          (Mazmur 95:6-7)  


Pada bagian akhir tentang akhir jaman, Yesus sekali lagi mengingatkan agar setiap orang menjauhi perbuatan dosa dan berjaga-jagalah senantiasa seraya berdoa agar berkenan dihadapan Tuhan. 

Lukas 21:34-36 
"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. 
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia." 

Ada beberapa hal yang menjadi suatu peringatan agar kita tidak melakukan perbuatan yang tidak berkenan bagiNya: 

Pertama 
Jagalah hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi. 

pesta-pora dan kemabukan adalah saling berhubungan keduanya sebab dimana ada pesta-pora disitu ada kemabukan. 

Anda pasti paham bahwa dalam suatu pesta-pora pasti mengumbar hawa nafsu dan keinginan kedagingan yang sangat tidak pantas sebab akal sehatnya sudah tak berdaya dan tertawan oleh nafsunya. 

Semakin dituruti hawa nafsu semakin menjadi-jadi dan sukar dibendung maka akibatnya terjadilah perbuatan maksiat, seperti yang terjadi pada Lot dan kedua anak gadisnya (Kejadian 19:31-38). 

Efesus 5:18 
Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. 

Hal yang sama bila berpesta-pora dan mengutamakan kenikmatan duniawi. 

2 Petrus 2:13-14 
Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu. Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! 

Berikutnya mengutamakan kepentingan2 duniawi akan menjerat orang kedalam kubangan lumpur dosa sebab menuruti keinginan duniawi sarat dengan hawa nafsu kedagingan (Galatia 5:19-21). 

Roma 8:7-8 
Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 

Ikutilah nasehat berikut ini

Titus 2:11-12 
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini 

1 Yohanes 2:16-17 
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. 

Kedua 
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa. 

Yesus menasehati agar kita senantiasa berdoa supaya dijauhi dari pencobaan. 

Lukas 22:40 
Setelah tiba di tempat itu Yesus berkata kepada mereka: "Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan." 

Dengan menjalin relasi doa yang intim dengan Tuhan maka hati kita damai dan tenang sebab seringkali Hadirat Tuhan merasuki jiwa dan roh kita. Tuhan berkenan mengurapi kita pada saat kita terus menerus berdoa. 

Daud mengenal Tuhan karena relasinya intim dengan Tuhan dan tatkala ia jatuh dalam dosa maka ia memohon agar Roh Tuhan tidak pergi dari dalam dirinya sebab ia tahu Urapan Tuhan amat sangat berharga baginya. 

Mazmur 51:13 
Janganlah membuang aku dari hadapanMu, dan janganlah mengambil rohMu yang kudus dari padaku! 

Banyak orang mengabaikan berdoa karena tidak mengetahui bahwa di saat kita berdoa maka Hadirat Tuhan penuhi hati kita dan apabila kita masuk lebih dalam lagi ke dalam penyerahan roh kita kepadaNya maka Urapan Tuhan mengalir menyelimuti seluruh diri kita. 

Paulus dan Silas mengalami Urapan Allah tatkala mereka menaikan pujian dan penyembahan kepada Allah di dalam penjara di Filipi. 

Kisah 16:25-26 
Ttapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua. 

Sudah saatnya kita senantiasa berdoa 
Sudah saatnya kita berdoa bukan untuk kepentingan pemenuhan keinginan tetapi sudah saatnya kita berdoa dengan memuji dan menyembah Tuhan. 

Yohanes 4:23-24 
Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran
sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran

Selanjutnya, 

Kitab Wahyu hari ini menggambarkan keadaan di Sorga dimana suasananya begitu membahagiakan, yaotu disana: 

1) ada sungai air kehidupan 

Wahyu 22:1 
Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu

2) ada pohon kehidupan 

Wahyu 22:2 
Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa

3) hidup sebagai raja, selamanya 

Wahyu 22:5 
Malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya. 

Wow... Amazing Graze. 
Serasa mau segera kesana dan nikmati keindahannya dan hidup sebagai raja yang kagak bisa membayangkannya namun yang pasti sempurna adanya dan pesona dunia ibaratnya seperti malam yang gersang. 

Sungguh patut disayangkan bila masih ada yang memilih kebahagiaan duniawi daripada kebahagiaan surgawi karena tidak percaya pada firman Tuhan yang pasti benar adanya. 

Wahyu 22:6-7 
Lalu Ia berkata kepadaku: "Perkataan-perkataan ini tepat dan benar, dan Tuhan, Allah yang memberi roh kepada para nabi, telah mengutus malaikatNya untuk menunjukkan kepada hamba-hambaNya apa yang harus segera terjadi." Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini! 

Sebelumnya kita sudah membahas bahwa Iblis adalah musuh utama kita sebab Iblis menyemburkan kebohongan yang telah banyak mencelakakan orang. 

Maka dari itu wahai saudara/i-ku dalam Yesus Kristus, ayo segeralah tinggalkan kenikmatan duniawi dan beranjaklah dari zona kenyamanan yang memanjakan keinginan duniawi menguasai hidupmu. 

Percayalah pada kebenaran Firman yang sangat jelas tertulis di Alkitab; mengapa engkau mengeraskan hatimu tidak mau menekuni firman Tuhan dan hidup di dalam kebenaran firman Tuhan. 

Percayalah Sorga itu nyata dan pasti ada, seperti halnya Neraka itu ada. 
Memang banyak penyesatan yang coba memutar-balikan kebenaran, dengan mengatakan bahwa tidak ada sorga dan tidak ada neraka. 

Yesus berulangkali mengingatkan akan ada penyesatan di akhir jaman ini maka dari itu tanamkan di hati dan pikiranmu bahwa waktunya sudah dekat Kerajaan Allah pasti menguasai dan menghakimi dunia dengan segala kemaksiatannya dan Iblis pasti menerima hukuman kekal 

Tunggu apalagi, hayo berbaliklah kepada Tuhan dan mendekatlah kepadaNya maka niscaya Sorga menjadi nyata dan kita semua yang percaya dan menuruti perkataanNya beroleh kebahagiaan kekal selamanya di Sorga. Amin. 

REFLEKSI DIRI 

Ya Tuhan Allahku, 
aku percaya kepadaMu dan merindukan kebahagiaan abadi di Sorga menjadi nyata dan namaku terukir di buku kehidupanMu? 

Wahyu 22:3-4 
Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hambaNya akan beribadah kepadaNya, dan mereka akan melihat wajahNya, dan namaNya akan tertulis di dahi mereka


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan XXXIV  
Warna Liturgi : Hijau 

Wahyu 22:1-7 
Mazmur 95:1-3,5-7 
Lukas 21:34-36 
BcO : Daniel 12:1-13 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com