Sabtu, 19 November 2016

KEBANGKITAN ORANG MATI MENUJU HIDUP KEKAL










Sabtu, 19 Nopember 2016 

Jawab Yesus kepada mereka: "Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan, tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan
              (Lukas 20:34-35) 


Orang Saduki tidak percaya ada suatu kebangkitan orang mati dan tentu saja mereka bertanya kepada Yesus tentang hal seperti ini. 

Lukas 20:27 
Maka datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Mereka bertanya kepadaNya

Orang Saduki memberikan prrtanyaan tentang aeorang istri yang ditinggal mati suaminya dan menurut hukum taurat (Ulangan 25:5-10) saudara laki dari pihak suaminya wajib mengawininya supaya mendapat anak untuk meneruskan keturunan suaminya. 

Persoalannya adalah sampai tujuh kali suami-suaminya mati dan ia tetap tidak mendapatkan anak dari perkawinannya. 
(baca selengkapnya ayat 28-32). 

Pertanyaan orang Saduki adalah : 
Lukas 20:33 
Bagaimana sekarang dengan perempuan itu, siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya pada hari kebangkitan? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia. 

Yesus mengatakan di ayat 34-35 bahwa tidak ada kawin dan mengawinkan bagi orang yang dibangkitkan dan dengan alasan lain, yaitu : Allah mereka adalah Allah orang hidup 

Lukas 20:37-38 
Tentang bangkitnya orang-orang mati, Musa telah memberitahukannya dalam nas tentang semak duri, di mana Tuhan disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup

Yang menarik disini adalah orang farisi membenarkan jawaban Yesus. 
Lukas 20:39 
Mendengar itu beberapa ahli Taurat berkata: "Guru, jawabMu itu tepat sekali. 

Tumben, biasanya orang farisi selalu menyalahkan Yesus dalam segala hal dan kali ini membenarkan Yesus. 

Bila kita simak betul perikop ini maka kita bisa menduga kemungkinan terjadi persaingan antara orang farisi dan orang saduki seperti yang terjadi di Mahkamah Agung ketika mengadili rasul Paulus. 

Kisah 23:7-8 
Ketika ia berkata demikian, timbullah perpecahan antara orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki dan terbagi-bagilah orang banyak itu. Sebab orang-orang Saduki mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan dan tidak ada malaikat atau roh, tetapi orang-orang Farisi mengakui kedua-duanya

Biasanya memang begitu intrik-intrik orang yang bertengkar dimana salah satu pihak membenarkan satu pendapat yang kontra dari pihak lawannya. 

Lalu hal apa yang kita renungkan tentang kebangkitan orang mati? 

Lukas 20:36 
Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan

Pertama 
Ada suatu kehidupan lain setelah kita mati meninggalkan dunia/bumi ini 

Kedua 
Setelah kita dibangkitkan maka tidak dapat mati, seperti malaikat-malaikat 

Ketiga 
Setelah kita dibangkitan maka kita hidup sebagai anak-anak Allah. 

Amazing Grace !!! 
masihkah memilih hidup selamanya di dunia ini? masihkah takut mati di dunia ini? masihkah ragu-ragu akan seperti apa setelah kita meninggalkan dunia ini? 

Bukankah Yesus sudah katakan tidak ada kematian lagi bagi orang yang telah ditetapkan dibangkitkan dari antara orang mati di dunia ini dan kita berada di kehidupan lain yang abadi dimana kita hidup selamanya dan hidup sebagai anak-anak Allah di Surga. 

Yohanes 14:1-4 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ

Alangkah teramat sangat bodoh sekali jika masih tidak percaya kepada Yesus yang mengatakan sendiri tentang ada kehidupan kekal di Surga bagi orang yang dibangkitkan dari kematian dunia. 

Persoalannya adalah bagaimana cara agar kita terpilih dan dibangkitkan oleh Yesus supaya kia beroleh hidul kekal? 

Dengerin nih caranya yang Yesus sering mengingatkan kita, yakni : 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Artinya : 
kita ikuti Jalan Yesus 
kita ikuti Kebenaran Yesus 
supaya kita memperoleh hidup kekal. 

Pada saat kita dibaptis berarti kita akui Yesus adalah Tuhan yang kita sembah dan yang kita percayai yang membawa kita kepada kehidupan kekal di Surga. 

Bukankah Yesus sudah angkat semua dosa-dosa kita dan mengAnugerahkan hidup kekal dan karena kita masih ada di dunia ini maka kita seharusnya menjaga hak istimewa hidup kekal ini agar jangan sampai hilang atau kita tukarkan dengan kesenangan duniawi dan oleh karena perbuatan dosa kita. 

Bukankah kita sudah sepakat dan ikrar saat di baptis dan berjanji mengikuti Jalan Yesus dan Kebenaran Yesus !!! 

Perbuatan dosa adalah suatu perbuatan yang mengingkari janji kita mengikuti Jalan Yesus dan Kebenaran Yesus. 

Kriteria dan persyaratan sudah Yesus katakan di Yohanes 14:6 dimana secara tersirat menyatakan inilah yang harus kita lakukan agar saat Yesus datang kedua kalinya maka kita dibangkitkan karena telah mengikuti JalanNya dan hidup di dalam KebenaranNya. 

Semoga kita menyadari hal ini dan tidak ngeyel atau memperdebatkan firman ini sebab jangan menyesal bila ternyata pada hari Penghakiman, namamu tidak tercatat di Kitab Kehidupan (Kekal). 

Wahyu 20:15 
Setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu. 

BERTOBATLAH DAN BERBALIKLAH KEPADA JALAN DAN KEBENARAN YESUS AGAR ENGKAU BEROLEH KEHIDUPAN KEKAL DI SORGA. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku dengan tekun mengarahkan hidupku pada Jalan Yesus dan hidup di dalam Kebenaran Yesus supaya nanti setelah aku meninggalkan dunia ini aku dibangkitkan Yesus dan bersamaNya Hidup Kekal di Sorga? 



Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan Biasa XXXIII 
Warna Liturgi : Hijau 

Wahyu 11:4-12 
Mazmur 114:1,2,9-10 
Lukas 20:27-40 
BcO : Daniel 3:8-23,24-30 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com