Sabtu, 02 November 2019

MENDOAKAN ARWAH ORANG BERIMAN


Sabtu, 2 November 2019

2 MAKABE 12:43-46 
MAZMUR 130:1-8 
YOHANES 6:37-40 

Yohanes 6:39 
Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikanNya kepadaKu jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman

Gereja Katolik hari ini memperingati arwah semua orang beriman yang telah berikan dirinya untuk membawa banyak orang datang kepada Kristus. 

Kita yang hidup, mendoakan mereka kepada Tuhan Allah agar mendapatkan pengampunan dan beroleh kasih karunia Allah supaya mereka boleh memasuki rumah kediaman Abadi di Sorga. 

Gereja Katolik peduli kepada semua arwah orang beriman dan hal ini sesuai Firman Tuhan tentang mendoakan arwah 

2 Makabe 12:42 
Merekapun lalu mohon dan minta, semoga dosa yang telah dilakukan itu dihapus semuanya. Tetapi Yudas yang berbudi luhur memperingatkan khalayak ramai, supaya memelihara diri tanpa dosa, justru oleh karena telah mereka saksikan dengan mata kepala sendiri apa yang sudah terjadi oleh sebab dosa orang-orang yang gugur itu. 

Kita mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal dunia dengan harapan agar Kerahiman Allah turun atas arwah orang yang kita doakan selain arwah anggota keluarganya. 

2 Makabe 12:44 
Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati. 

Mendoakan orang lain, apakah masih hidup ataukah sudah meninggal dunia adalah perbuatan terpuji dan masalah apakah Kerahiman Tuhan mengampuni dosa orang yang meninggal dunia maka kita serahkan saja pada Tuhan Allah yang menghakiminya. 

Persoalan, apakah arwah mendapatkan pengampunan dosa atau tidak; semua itu tergantung kebijaksanaan Tuhan. 

Mazmur 130:2-4 
Tuhan, dengarkanlah suaraku! Biarlah telingaMu menaruh perhatian kepada suara permohonanku. Jika Engkau, ya Tuhan, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi padaMu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang. 

Suatu peringatan bagi kita yang masih berkelana di dunia ini bahwa kematian pasti terjadi suatu hari nanti sebab kita pasti akan meninggalkan dunia ini untuk kembali menghadap Allah. 

Selama kita hidup, ada begitu banyak hal yang terjadi dan seringkali kita mengeluh  betapa berat beban hidup yang kita pikul sehingga kita kehilangan sukacita dan akibatnya banyak yang tidak tahan dan akhirnya berbuat dosa. 

Kasihan sekali bila sudah mati menjadi arwah, baru timbul penyesalan, artinya engkau menanti doa orang hidup yang mendoakan kamu. 

Padahal selagi masih hidup, seharusnya engkau menjaga agar kunci keselamatan yang telah engkau terima dari Yesus pada saat engkau dibaptis namun digadaikan dengan kenikmatan duniawi untuk nafsu kedaginganmu. 

Galatia 3:3-4 
Adakah kamu sebodoh itu? 
Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? 
Masakan sia-sia! 

Oleh sebab itu, sebelum kita menjadi arwah, marilah saudaraku dalam Yesus Kristus, tinggalkan gaya hidupmu dan tanggalkan segala prinsip hidupmu menurut dunia. 
Bergegaslah tanggalkan segala beban dosa dan bersihkan serta sucikan roh kita agar kelak kemudian hari tiba waktunya maka roh kita bersatu dengan Roh Allah tinggal di rumah abadi, rumah yang Bapa Surgawi sediakan buat kita tempati. 

Dunia atau bumi ini bukanlah tempat kita selama-lamanya tetapi hanya sementara saja; maka dari itu jangan bangun rumah yang super mewah di bumi ini sebab akan kita tinggalkan semuanya dan tidak bisa dibawa ketika kita meninggalkan bumi ini 

Kita semua pasti sudah tahu dan ngerti kebenaran ini dan janganlah tenggelam dalam kesenangan dan kenikmatan dunia yang hanya sesaat saja; hanya sekian puluh tahun saja bisa dinikmati. 

Rumah kita di Surga jauh lebih sempurna dapat kita nikmati untuk selama-lamanya 
Ayo, kita persiapkan keberangkatan kita menuju rumah kita di Surga. Amin. 

Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com