Jumat, 22 November 2019

GEREJA ADALAH RUMAH DOA


Jumat, 22 November 2019

1 MAKABE 4:36-37,52-59    
1 TAWARIKH 29:10-11
LUKAS 19:45-48  

Lukas 19:45-46 
Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ, kataNya kepada mereka: "Ada tertulis: RumahKu adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun." 

Bangunan Gereja di Eropa sangat indah dengan ornamen kuno dan lukisan yang menawan dari para pelukis, akan tetapi sayangnya umat yang hadir sedikit sekali sehingga lebih dari setengah kapasitas gereja kosong. 

Sungguh ironi fenomena seperti ini terjadi dimana umat kristiani sudah tidak tertarik beribadah di gereja. 

Gereja sebagai rumah doa sudah tidak menarik umat untuk datang beribadah karena terjadi degradasi imam dimana Tuhan Allah tidak  lagi menjadi fokus dan tersisihkan oleh hal-hal duniawi yang semakin memikat banyak orang. 

Genaplah nas kitabsuci yang mengatakan bahwa pada akhir jaman ini banyak orang sibuk dengan kepentingan diri sendiri sehingga Tuhan Allah nyaris terabaikan dan tidak mendapat tempat di hidupnya. 

2 Timotius 3:1-2 
Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama. 

Realitanya bisa dilihat di sekitar kita, bagaimana orang tidak peduli lagi urusan imannya sebab yang terpenting baginya adalah urusan dunia; gimana caranya bisa menghasilkan duit yang buanyak. 

Demi uang, tidak sungkan menikung dari belakang rejeki teman sendiri bahkan di keluarga bisa terjadi pertengkaran karena urusan bisnis; anak mengkudeta bisnis orangtuanya, antar saudara kandung bisa saling menjegal bahkan bisa membunuh. 

Gara-gara mengejar uang, rela tidur hanya 3-4 jam saja sehari, belasan jam dipakai untuk bekerja mencari duit sehingga tak ada waktu tersisa, beribadah di gereja, atau hadir di lingkungan ikut pendalaman iman atau kegiatan rohani lainnya. 

Firman Tuhan mengingatkan kita agar jangan menjauhkan diri dari pertemuan ibadah supaya kita saling menasehati dan semakin dekat bersekutu dengan saudara seiman dan semakin intim relasi kita dengan Tuhan Allah. 

Ibrani 10:25 
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. 

Gereja adalah tempat berkumpul umat kristiani bersekutu bersama untuk berdoa, memuji, menyembah Tuhan Allah dimana saat itu Tuhan Yesus hadir bersama para Malaikat Surgawi. 

Matius 18:20 
Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam NamaKu, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com