Selasa, 26 November 2019

TANDA AKHIR JAMAN (BAGIAN-1)


Selasa, 26 November 2019

DANIEL 2:31-45  
T. DANIEL 3:57-61
LUKAS 21:5-11 

Lukad 21:7 
Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?" 

Sudah banyak yang bernubuat tentang tanda-tanda akhir jaman bahkan ada yang berani menetapkan tanggal tertentu akan terjadi kiamat. 

Anehnya ada saja yang menjadi korban yang percaya pada nubuatan tentang hari kiamat dengan dalil tanda akhir jaman menurut nubuatan pendeta tersebut. 

Umat kristiani hendaklah waspada akan nubuatan palsu, dengan cara membaca, merenungkan Firman Allah di kitabsuci. 

Namun kenyataannya himbauan dan nasehat untuk merenungkan Firman Allah dianggap angin lalu saja dan itu terlihat orang yang mendengar nasehat ini tidak berbuat apa-apa dan tetap saja tidak mau membaca dan merenungkan kitabsuci. 

Tidak heran, mudah terkecoh oleh figur seseorang yang pandai memikat dengan mengatasnamakan Yesus telah diberitahu akan tanda-tanda akhir jaman. 

Lukas 21:8 
Jawab Yesus: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai namaKu dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. 

Dengarkan dan perhatikan yang Yesus katakan tentang tanda akhir jaman: 

1) Terjadi peperangan antar bangsa 

Lukas 21:9-10 
Apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera. Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. 

2) Terjadi gempa bumi yang dashyat 
3) Terjadi penyakit sampar 
4) Terjadi kelaparan 
5) Terjadi tanda mengejutkan dari langit 

Lukas 21:11 
Akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. 

Ke-5 tanda ini merupakan tanda lahiriah terjadi diluar diri kita karena akibat dari keserakahan manusia mengeksploitasi dan memperebutkan sumber alam. 

Tanda-tanda tersebut nampak jelas sudah terjadi saat ini di segala penjuru bumi namun ini merupakan tanda awal dan bukan tanda akhir jaman. 

Jarak waktu Tuhan dengan waktu kita manusia sangat jauh berbeda sebab: 

2 Petrus 3:8 
Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. 

Semoga kita semakin tekun persiapkan diri menjelang tibanya akhir jaman pada diri kita masing-masing yaitu saat kita dipanggil meninggalkam dunia ini sudah pasti terjadi akhir hidup kita maka dari itu tidak usah pusingkan kapan akhir jaman atau hari kiamat terjadi. 

Sudah dijelaskan panjang-lebar dalam website renungan ini tentang bagaimana cara mempersiapkan diri yang seringkali diingatkan untuk kita lakukan. 

Kehidupan kriatiani mencakup: 
1) doa dan saat teduh 
2) baca dan renungkan Sabda Allah 
3) Bergabung di komunitas rohani 
4) pelayanan rohani & pewartaan Firman 

Ke-4 hal ini hendaknya kita lakukan setiap hari di dalam keseharian kita menjalani kehidupan ini dan yakinlah kita tidak akan takut ketika saatnya tiba akhir hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com