Rabu, 04 Desember 2019

BERITAKANLAH INJIL


Selasa, 3 Desember 2019

1 KORINTUS 9:16-19,22-23 
MAZMUR 117:1-2
MARKUS 16:15-20 

Markus 16:15 
Yesus berkata kepada ke-11 muridNya: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Bacaan Injil Markus hari ini memuat perintah Yesus kepada ke-11 muridNya supaya beritakan Injil ke seluruh dunia dan mereka mematuhi dengan lakukan perintah Yesus tersebut. 

Kita bisa saksikan bagaimana Injil terus diberitakan oleh para Rasul diteruskan murid-muridnya dan pengikutnya hingga saat ini masih berlangsung. 

Kita umat kristiani saat ini adalah buah dari karya pengInjilan mereka lakukan maka hendaknya kitapun mau melakukan pengInjilan kepada yang belum percaya kepada Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat bagi manusia. 

Sayangnya, masih banyak umat kristiani yang belum tergerak hati memberitakan Injil karena beranggapan bukan tugas dan kewajibannya. 

Padahal sangat jelas Yesus sendiri yang memerintahkan murid-muridNya atau dikenal sebagai para Rasul dan kita ini termasuk murid Yesus karena iman kita percaya kepada Yesus Kristus. 

Matius 28:19-20
Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Ada yang berdalih bahwa perintah Yesus hanya ditujukan kepada ke-11 muridNya seperti tertulis di Injil Matius dan Markus. 

Mereka yang berdalih itu tidak mengerti secara keseluruhan Injil sehingga hanya terpaku pada satu ayat atau satu perikop tertentu padahal Injil itu luas sekali yang tertulis di kitabsuci, contohnya: 

1 Korintus 9:16 
Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil. 

Rasul Paulus bukanlah termasuk ke-11 murid Yesus semasa Yesus hidup tetapi justru sekian puluh tahun setelah Yesus wafat, bamgkit, dan naik ke Sorga. 

Jelaslah bahwa perintah Yesus ini bukan ditujukan hanya kepada 11 muridNya saja tetapi kepada setiap orang percaya yang beriman kepada Yesus. 

Mengapa sebagian umat katolik masih saja berpendapat bahwa pengInjilan itu tugas Pastor, Biarawan, Rohaniwan, dan umat katolik tidak wajib mengInjili. 

Malah ada yang nyinyir mengatakan yang penting adalah pergi ke gereja setiap minggu, doa rosario, doa novena, sudah cukup daripada memberitakan Injil. 

Sebab mereka tidak membaca kitabsuci tertulis Firman Tuhan tentang perintah yang Yesus sampaikan dan hal-hal lain yang Yesus ajarkan, nasehatkan, dsbnya. 

Fenomena umat katolik tidak membaca Firman Tuhan masih banyak terjadi dan dapat dikatakan 70% lebih. 

Entahlah sebagian umat katolik memilih liturgi ekaristi daripada liturgi sabda dan tidak heran bila mereka tidak membaca kitabsuci bahkan alergi melihat ada umat katolik yang bicara Firman Tuhan yang kemudian dicurigai sudah tidak murni sebagai orang katolik. 

Semoga bacaan Injil hari ini membuka pikiran mereka yang tidak mau membaca Firman Tuhan dalam kitabsuci/Alkitab. 

Semoga tidak mengeraskan hati dan tidak mengandalkan pengertian/pendapat diri sendiri tetapi terjadi transformasi dirinya yang hanya mengandalkan kebenaran Allah diatas kebenaran diri sendiri. 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Lihatlah bagaimana gigihnya Fransiskus Xaverius memberitakan Injil sampai akhir hayatnya dan gereja Katolik menghormati beliau dan dirayakan pada hari ini. 

Bagaimana dengan anda? 
Apakah siap menuruti perintah Yesus untuk memberitakan Injil? 

Tentu saja sebagai pemberita Injil maka hendaklah memberikan diri seutuhnya dipakai Allah sebagai alat perpanjangan Tangan Tuhan untuk menyelamatkan banyak orang. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com