Rabu, 11 Desember 2019

SIAPAKAH YOHANES PEMBAPTIS ?


Kamis, 12 Desember 2019

YESAYA 41:13-20 
MAZMUR 145:1,9-13 
MATIUS 11:11-15 

Matius 11:11 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. 

Mengapa Yohanes Pembaptis disebut yang terbesar dari nabi-nabi sebelum kedatangan Yesus ke dunia? 

Tidak dijelaskan secara detail apa alasan menjadi yang terbesar tetapi bisa kita telusuri dari Injil lainnya. 

Alasan Pertama 
Yohanes Pembaptis adalah seorang nabi terakhir yang mendapatkan kesempatan dari Allah untuk memberikan kesaksian tentang siapa diri Yesus sesungguhnya. 

1) Yesus adalah Anak Allah 
Yohanes 1:32,34 
Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atasNya. Dan aku telah melihatNya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."  

2) Yesus adalah Anak Domba Allah 
     Penebus dosa dunia

Yohanes 1:29  
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia." 

3) Menyaksikan turunnya Roh Kudus 

Yohanes 1:32 
Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atasNya" 

Alasan kedua 
Nabi-nabi sebelumnya belum pernah berjumpa dengan Yesus adalah Mesias tetapi menubuatkan atau membawa pesan Allah tentang akan datang seorang Mesias untuk menyelamatkan dunia. 

Matius 11:13-14 
Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu. 

Alasan Ketiga 
Yohanes Pembaptis mendapat tugas dari Allah untuk mempersiapkan jalan bagi Yesus sebelum di deklarasikan jati diri Yesus pada masyarakat Yahudi saat itu. 

Markus 1:2-4 
Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusanKu mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagiMu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagiNya", demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu." 

Selanjutnya, dikatakan juga di Matius 11:11 bahwa yang terkecil Kerajaan Sorga lebih besar daripada Yohanes Pembaptis, apa maksudnya? 

Kita tidak rahu persis yang dimaksud dengan yang terkecil dalam Kerajaan Sorga tetapi setidaknya bisa menafsirkan yang belum tentu seperti itu yang Yesus maksudkan. 

Kita ketahui bahwa Yohanes Pembaptis saat itu menerima pengajaran dari kitab Taurat Musa dan dapat dikatakan juga ia adalah nabi terakhir dari perjanjian lama sebab saat itu kitab-kitab di perjanjian lama menjadi pegangan masyarakat. 

Sedangkan ajaran Yesus disampaikan untuk melengkapi atau menyempurnakan hukum Taurat. 

Matius 5:17 
Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 

Ajaran Yesus mula-mula diterima oleh kesebelas murid utama Yesus yang kita sebut para Rasul, lalu menyebar hingga sampai hari ini. 

Mungkin yang dimaksud yang terkecil dari Kerajaan Sorga adalah para Rasul hingga sampai ke kita umat kristiani saat ini yang menerima ajaran Yesus yang menggenapi hukum Taurat dan ajaran nabi-nabi dalam perjanjian lama. 

Kenapa disebut lebih besar dari Yohanes Pembaptis? mungkin didasarkan dari sisi ajaran Yesus lebih sempurna dari ajaran para nabi dan hukum Taurat. 

Berarti bukan dinilai dari sisi aktifitas pelayanan yang dilakukan Yohanes Pembaptis itu yang tentunya lebih besar daripada pelayanan yang kita lakukan sebagai umat kristiani yang menerima ajaran Yesus. 

Alasan lain bisa dilihat dari kuasa Roh Kudus dicurahkan pada saat pembatisan disebut baptisan api atau baptisan Roh Kudus sedangkan Yohanes Pembaptis saat ia membaptis disebut baptisan air. 

Apa yang membedakan baptisan air dan baptisan Roh Kudus? 
Mari kita simak apa yang dikatakan oleh Yohanes Pembaptisa  tentang baptisan. 

Matius 3:11 
Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasutNya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 

JADI 

Yang terpenting adalah bagaimana kita umat kristiani menerima ajaran Yesus dan diterapkan di dalam hidup kita. 

Kita umat kristiani menjadi utusan Allah mewartakan Injil Kerajaan Sorga atau Kerajaan Allah karena menuruti perintah Yesus yang tertulis di Matius 28:19-20. 

Yohanes Pembaptis diutus Allah untuk memberitakan Mesias datang di dalam diri Yesus sebagai Anak Allah dan Anak Domba Allah menebus dosa dunia. 

Keduanya sama-sama membawa misi keselamatan bagi setiap orang percaya kepada Yesus dengan cara bertobat dan hidup di dalam kebenaran Allah. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com