Senin, 09 Desember 2019

IMAN DAN PEDANG ROH


Senin, 9 Desember 2019

KEJADIAN 3:9-15,20 
MAZMUR 98:1-4 
LUKAS 1:26-38 

Kejadian 3:15 
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya. 

Perhatikan, Allah berSabda bahwa Iblis adalah musuh bagi manusia. 

Manusia akan meremukkan kepalamu artinya segala rencana tipu muslihat Iblis akan dihancurkan dengan iman kita dan dengan pedang Roh (=Firman Allah). 
---> baca Efesus 6:11-17 

Efesus 6:11 
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis 

1 Petrus 5:8-9 
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. 

Iblis akan meremukkan tumit manusia artinya manusia dibuat tidak berdaya melawan kekuatan Iblis melalui tipu daya Iblis menjebak manusia. 

Yohanes 8:44 
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Iblis adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila Iblis berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab Iblis adalah pendusta dan bapa segala dusta. 

Sejak manusia Adam dan isterinya Hawa jatuh ke dalam dosa maka sejak saat itu semua manusia yang lahir ke dunia ini cenderung berbuat dosa, cenderung berbuat jahat daripada berbuat kebaikan, cenderung menjauhi Allah daripada mendekati Allah untuk hidup di dalam cinta kasih Allah. 

Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah 

Iblis sering berhasil membuat manusia berbuat dosa dan jatuh ke dalam alam maut yang menghancurkan manusia (Roma 6:23) sehingga Allah mengutus Yesus Kristus datang ke dunia untuk menebus dosa manusia agar supaya manusia diselamatkan. 

Maria dipilih Allah sebagai perempuan yang melahirkan Yesus ke dunia ini dan tentu saja Allah membuat Maria menjadi manusia tanpa dosa untu mengandung dan melahirkan Yesus sebab Allah itu Maha Kudus dan Yesus adalah Allah yang menjadi manusia untuk selamatkan manusia dari alam maut akibat dosa. 

Lukas 1:30-31 
Kata malaikat itu kepada Maria: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 

Allah itu Maha Kuasa
Hanya melalui Sabda Allah maka alam semesta terbentuk (Kejadian pasal 1) maka tidak heran bila Allah menguduskan Maria sebagai manusia tanpa dosa. 

Lukas 1:37 
Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil 

Gereja Katolik mengimani hal ini bahwa Maria ditetapkan sebagai Santa Perawan Maria dikandung tanpa noda dan hari ini adalah hari untuk memperingati dirinya. 

Apa maknanya bagi kita umat kristiani dan khususnya umat katolik? 

Hendaknya kita bersikap seperti Maria menerima rencana Allah atas dirinya dengan iman percaya sepenuhnya. 

Lukas 1:38 
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." 

Maria sebagai manusia biasa semula ia terkejut menerima kabar tentang dirinya mengandung oleh Roh Kudus yang diluar nalar atau pikiran manusia bahwa hal itu bisa terjadi di dalam dirinya padahal ia belum bersuami. 

Demikian juga kita, seringkali terkejut menerima kenyataan hidup yang tidak sesuai dengan yang kita pikirkan dan yang kita rencanakan tetapi hendaknya kita mengimani seperti Maria bahwa kita menerima segala sesuatu yang terjadi pada diri kita. 

Kita imani ada rencana Allah di balik setiap peristiwa di dalam hidup kita sebab yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga sikap hidup agar selalu sesuai dengan kehendak Allah. 

Sirakh 2:4-6 
Segala-galanya yang menimpa dirimu terimalah saja, dan hendaklah sabar dalam segala perubahan kehinaanmu. Sebab emas diuji di dalam api, tetapi orang yang kepadanya Tuhan berkenan dalam kancah penghinaan. percayalah pada Tuhan maka Iapun menghiraukan dikau, ratakanlah jalanmu dan berharaplah kepadaNya. 

Jagalah iman kita semakin kuat supaya dapat mengalahkan Iblis dengan kuasa Firman Allah yakni dengan pedang Roh. 

Dengan iman yang kokoh maka kita tidak akan mudah goyah oleh tipu muslihat Iblis yang berusaha melemahkan iman kita melalui berbagai masalah hidup dan menjerumuskan kita melalui kenikmatan duniawi yang mengumbar hawa nafsu. 

Iman dan pedang Roh adalah kekuatan kita melawan dan mengalahkan Iblis. 

Oleh sebab itu, di masa Adven kedua ini mari kita segera sadari akan hal ini dan segeralah bertobat dan jangan berbuat dosa lagi sebab Juruselamat kita Yesus Kristus akan segera datang kedua kali ke dunia ini setelah kedatanganNya pertama di hari Natal yang sebentar lagi akan kita peringati dan rayakan bersama. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com