Minggu, 15 Desember 2019

PEMULIHAN TELAH TIBA


Sabtu, 14 Desember 2019

SIRAKH 48:1-4,9-11 
MAZMUR 80:2-3,15-16,18-19 
MATIUS 17:10-13 

Matius 17:11-12 
Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." 

Seringkali orang fokus pada hal kecil dan mengabaikan hal utama yang seharusnya menjadi tujuan utama. 

Bacaan Injil hari ini mengenai pertanyaan tentang nabi Elia; apakah ia telah datang dan apakah nabi Elia yang datang adalah di dalam diri Yohanes Pembaptis. 

Yesus menjelaskan bahwa tujuan utama adalah akan terjadi pemulihan pada saat utusan Allah datang bila mereka atau masyarakat saat itu menerima dan mau menuruti apa yang diajarkan utusan Allah 

Namun ternyata mereka tidak menerima utusan Allah bahkan menolaknya dan hal ini juga terjadi ketika Yesus datang ke dunia dimana mereka menolaknya juga. 

Utusan Allah itu apakah nabi Elia ataukah Yohanes Pembaptis bahkan apakah itu Yesus, bukanlah hal utama tetapi yang terpenting adalah utusan Allah membawa pemulihan bagi mereka. 

Saat itu kehidupan masyarakat Yahudi dalam jajahan bangsa asing dan keadaan hidup mereka banyak derita dan Allah akan memulihkan keadaan bangsa Israel. 

Mazmur 80:19-20 
maka kami tidak akan menyimpang dari padaMu. Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan namaMu. Ya Tuhan, Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajahMu bersinar, maka kami akan selamat. 

Demikian juga hendaknya saat ini dimana banyak orang hidup menderita dan Allah akan memulihkan keadaan ini asalkan kita berbalik kepadaNya dengan jalani hidup sesuai kehendakNya. 

Pada masa adven ini, kita menantikan pemulihan terjadi di dalam hidup kita. 

Kelahiran Yesus yang kita peringati setiap tahun merupakan juga gambaran dari masa dimana nabi Elia dan Yohanes Pembaptis datang untuk memulihkan keadaan bangsa Israel. 

Nabi Elia menyerukan pertobatan dan percaya kepada Allah. 

1 Raja 18:36-37 
Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hambaMu dan bahwa atas firmanMulah aku melakukan segala perkara ini. Jawablah aku, ya Tuhan, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya Tuhan, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 

Yohanes Pembaptis menyerukan bangsa Israel untuk bertobat dan mengajak mereka untuk percaya kepada Yesus. 

Markus 1:4 
demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu." 

Yesus datang mengajak mereka bertobat dan mengingatkan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat agar mereka hidup didalam kebenaran Allah. 

Markus 1:14-15 
Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kataNya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" 

Pemulihan akan terjadi setelah bertobat dan ini adalah kebenaran Allah telah dinyatakan sebelumnya melalui para nabi dan Yesus sendiri katakan demikian. 

Maka dari itu wahai saudaraku seiman dalam Yesus Kristus, segeralah bertobat agar terjadi pemulihan di dalam hidup kita sehingga kita berada dalam genggaman Allah dan dapat menikmati KasihNya. 

Sudah capek dan lelah mengalami hidup dalam penderitaan lahir dan batin maka sudah saatnya keadaan hidup kita pulih kembali dan mengalami hidup dalam kelimpahan Berkat dan Kasih Allah. 

Yohanes 10:10b 
Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com