Rabu, 29 Januari 2020

MENANGGAPI FIRMAN ALLAH












RABU, 29 JANUARI 2020

2 SAMUEL 7:4-17 

Daud menyampaikan keinginan hendak membangun Bait Allah kepada nabi Natan tetapi Allah justru memilih anak Daud yang akan mendirikan Bait Allah. 

Allah berjanji kepada Daud

Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapanKu, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya. 

MAZMUR 89;4-5,27-30 

Engkau telah berkata: "Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihanKu, Aku telah bersumpah kepada Daud, hambaKu: Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun temurun." 

MARKUS 4:1-20 

Yesus mengajarkan banyak hal melalui suatu perumpamaan dan kali ini tentang seorang penabur menaburkan benih; ada yang jatuh di pinggir jalan, ada yang jatuh di di tanah berbatu, di tengah semak duri, dan di tanah yang baik. 

RENUNGAN 

Perumpamaan tentang penabur ini sering diberitakan namun coba tanya pada diri kita masing-masing, apakah setelah mendengarnya, hati kita tergerak untuk semakin membiarkan Firman Tuhan bekerja menguasai hati dan pikiran kita? 

Bagaimana sikap hati menerima Firman Tuhan mempengaruhi pikiran kita dan bila pikiran kita dikuasai Firman Tuhan akan menentukan perbuatan kita. 

Filipi 4:8 
Semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 

Filipi 4:9 
Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu. 

Pikiran dan hati sangat vital maka harus dibenahi serius sebab amat menentukan perbuatan yang sesuai kehendak Tuhan. 

Amsal 4:23 
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Efesus 4:22-23 
Berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu 

Pengetahuan Firman Tuhan yang kita dengar harus kita hidupi secara nyata di dalam hidup kita sehari-hari karena kita membuka hati dikuasai Firman Tuhan. 

Filipi 2:5
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus 

Dengan demikian tergenapi benih Firman yang ditaburkan di tanah subur seperti perumpamaan yang Yesus katakan. 

Hal ini terjadi karena kita menanggapi Firman Tuhan segenap hati dan pikiran sehingga menjadi rhema di dalam diri kita dan bukan sekedar pengetahuan saja atau seperti benih yang jatuh di semak berduri atau bebatuan. 

Daud, seorang yang menghidupi Firman Tuhan dari kitab Taurat dengan taat dan setia menerapkan di dalam hidupnya. 

Hal ini bisa kita ketahui dari kitab Mazmur yang memgungkapkan bagaimana Daud menyerahkan seluruh hidupnya dengan berrelasi intim dengan Tuhan Allah dan tak heran Tuhan berkenan kepadanya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com