Selasa, 07 Januari 2020

PEDULI KEPADA SESAMA










SELASA, 7 JANUARI 2020

1 YOHANES 4:7-10 

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. 

MAZMUR 72:2-4,7-8 

Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin, tetapi meremukkan pemeras-pemeras! 

MARKUS 6:34-44 

Yesus membuat mukjizat dari 5 roti dan 2 ikan untuk memberi makan 5000 laki-laki bahkan masih tersisa 12 bakul potongan roti-roti dan sisa-sisa ikan. 

RENUNGAN 

Jika keadaan hidupmu berkecukupan bahkan berkelimpahan maka ingatlah saat lalu hidupmu dalam kesusahan agar supaya ada kepedulian kepada sesama yang saat ini sedang dalam kesusahan. 

2 Korintus 8:14 
Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan. 

Ada banyak alasan seseorang tidak peduli keadaan orang lain diantaranya adalah sikap egois mengutamakan kepentingan diri sendiri dan tidak mau repot ngurusin keperluan orang lain. 

Markus 6:35-36 
Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-muridNya kepadaNya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini." 

Yesus menghendaki murid-muridNya yang memberi makan pada ribuan orang yang mendengarkan pengajaranNya. 

Markus 6:37a 
Jawab Yesus: "Kamu harus memberi mereka makan!" 

Dalam doa sebelum makan, seringkali kita berdoa meminta Tuhan memberi makan kepada orang lain padahal jelas sekali Yesus menyuruh kita memberi makan orang lain yang belum makan. 

Kita merasa bukan tugas kita atau bukan tanggung-jawab kita memberi makan buat orang lain, seperti murid-murid Yesus mempertanyakan apakah harus memberi makan buat ribuan orang. 

Markus 6:37b 
Kata mereka kepadaNya: "Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?" 

Tuhan tahu batas kemampuan kita dalam hal memberi tetapi Tuhan mau kerelaan hati kita berbagi kepada orang lain. 

2 Korintus 8:12 
Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu. 

5 roti dan 2 ikan adalah gambaran dari kerelaan hati memberi untuk menolong orang lain sedangkan persoalan cukup atau tidak adalah bagian Tuhan yang mengerjakan yang tak mungkin menjadi mungkin terjadi. 

JADI 

Yang terpenting adalah peduli pada orang lain yang membutuhkan pertolongan kita dan hendaknya kita memberikan segala yang bisa kita lakukan buat orang lain. 

Kelaparan banyak terjadi di dunia ini merupakan salahsatu akibat dari ketidak-pedulian terhadap keadaan orang lain yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Maka dari itu, 
Kepedulian adalah awal dari perbuatan kasih sebab tidak ada belas-kasih bila tidak peduli kepada keadaan orang lain. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com