Rabu, 22 Januari 2020

MENGANDALKAN ALLAH














RABU, 22 JANUARI 2020

1 SAMUEL 17:32-33,37,40-51 

Semula raja Saul meragukan kemampuan Daud tetapi ternyata mampu kalahkan dan memenggal kepala Goliat, pahlawan dari orang Filistin. 

MAZMUR 144:1,2,9-10 

Terpujilah Tuhan, gunung batuku; yang menjadi tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, kota bentengku dan penyelamatku, perisaiku dan tempat aku berlindung, yang menundukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasaku! 

MARKUS 3:1-6 

Yesus menyembuhkan seorang yang mati sebelah tangannya pada hari Sabat. 

RENUNGAN 

Daud sangat percaya kepada Allah dan kita bisa ketahui di sepanjang hidupnya Daud sangat mengandalkan Allah bahkan Daud seringkali bertanya kepada Allah tentang apa yang harus ia lakukan. 
(baca -> 1 Samuel pasal 30) 

Di saat Daud harus melawan Goliat yang badannya besar seperti raksasa tetapi Daud tidak gentar karena percaya Allah pasti membantunya mengalahkan Goliat

1 Samuel 17:45 
Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama Tuhan semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. 

Dalam kitab Mazmur dapat kita ketahui berbagai peristiwa yang dialami Daud sepanjang hidupnya, dimana Daud sangat mengandalkan Allah, termasuk Mazmur hari ini, Daud katakan Allah itu benteng dan penyelamat hidupnya. 

Demikian pula hendaknya kita bersikap seperti Daud; di dalam segala persoalan dan masalah hidup, maka haruslah kita mengandalkan Tuhan senantiasa dan sebaiknya jangan sampai kita datang pada Tuhan setelah semua upaya gagal 

Yeremia 33:3 
Berserulah kepadaKu, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui. 

Mazmur 50:15 
Berserulah kepadaKu pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku. 

Masalah hidup kita biasanya berkisar tiga hal yaitu
1) masalah keuangan 
2) masalah penyakit 
3) masalah keluarga 

Contohnya

Dalam bacaan Injil hari ini, orang yang sakit di tangannya disembuhkan Yesus. 
Kita sudah membahas tentang Yesus adalah Sang Penyembuh dan hendaknya kita jangan sampai lupa akan hal ini. 

Stop sekarang juga, hidup mengandalkan kekuatan sendiri, atau mengandalkan kekuatan berasal dari dunia ini. 

Lihatlah buktinya

Raja Ahab mengandalkan kekuatan roh dunia dari 450 nabi baal dan 400 nabi asyera tetapi mereka semua dikalahkan Elia, nabi utusan Allah (1 Raja 18:16-40). 

Bayangkan, daging lembu disirami air bisa terbakar karena Elia mengandalkan kuasa Allah sedangkan 850 nabi baal-asyera meski sudah nyalakan api, tetapi daging lembu tidak terbakar. 

1 Raja 18:38-39 
Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya. Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!" 

Mungkin ada yang berpendapat bahwa itu terjadi di jaman dulu sebab sekarang tak akan terjadi lagi mukjizat seperti itu. 

Anda harus mengalami kuasa mukjizat Tuhan terjadi pada diri anda supaya yakin bahwa mukjizat Tuhan selalu terjadi dari dulu sampai sekarang dan selamanya. 

Untuk mengalami mukjizat Tuhan maka anda harus menumbuhkan iman anda dengan cara membangun relasi intim dengan Tuhan setiap hari; bisa melalui doa, saat teduh (kontemplasi), menekuni Firman Tuhan tertulis di Alkitab. 

JADI 

Mengandalkan Allah adalah solusi tepat dan terbaik dari segala solusi dari dunia ini asalkan kita sabar dan percaya kepada Yesus sehingga kita mau ikuti segala hal sesuai kehendak Allah. 

Pengkhotbah 3:11 
Allah membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. 

Ayo benahi relasi kita dengan Tuhan agar iman kita semakin bertumbuh makin kuat dan melakukan perbuatan kasih sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com