Rabu, 01 Januari 2020

BERIMAN









RABU, 1 JANUARI 2020

BILANGAN 6:22-27 

Tuhan berfirman pada Musa agar Harun memberkati orang Israel dan katakan kepada mereka bahwa: 
Demikianlah harus mereka meletakkan namaKu atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka 

MAZMUR 67:2-3,5-6,8 

Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajahNya. Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takut akan Dia! 

LUKAS 2:16-21 

Para gembala bersukacita seraya memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan malaikat kepada mereka bahwa : telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud yakni di kota Betlehem. 

RENUNGAN 

Orang-orang Israel percaya mendengar berita yang disampaikan Harun lewat Musa bahwa Allah memberkati mereka bila mereka beriman kepada Allah. 

Gembala mengalami perjumpaan dengan malaikat yang mengatakan bahwa telah lahir Juruselamat (=Mesias=Kristus) dan mereka percaya, lalu pergi ke Betlehem membuktikan kebenaran berita tersebut. 

Iman dan percaya saling berkaitan sebab tidak ada iman bila tidak percaya atas apa yang didengar, dilihat, dan dialami. 

Banyak orang telah mendengar, melihat, bahkan telah mengalami namun tetap saja tidak percaya atas apa yang didengar yang dilihat dan dialaminya. 

Iman itu keputusan untuk percaya atas apa yang didengar, dilihat, dialaminya dalam hal ini berhubungan dengan Allah. 

Kita di jaman sekarang belum pernah berjumpa dengan Yesus secara langsung tetapi kita beriman percaya kepada Yesus, seperti halnya orang Israel di Mesir dan gembala-gembala percaya pada berita yang mereka dengar. 

JADI, 

Iman percaya adalah iman timbul karena mendengar Sabda atau Firman Allah. 

Contoh
Maria mendengar apa yang disampaikan gembala tentang anaknya Yesus yang baru saja lahir itu adalah Juruselamat. 

Sebelumnya Maria telah mendengar berita dari malaikat tentang anaknya Yesus, bahwa: 

Lukas 1:32-33 
Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepadaNya takhta Daud, bapa leluhurNya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan KerajaanNya tidak akan berkesudahan. 

Dua berita yang didengarnya semakin menumbuhkan iman percaya Maria meski ia belum sepenuhnya memahami apa yang akan terjadi di kemudian hari. 

Lukas 2:19 
Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 

Gereja Katolik menghormati Maria dan menetapkan hari ini sebagai hari raya Santa Maria Bunda Allah dan sebagai hari Perdamaian Sedunia. 

Demikian hendaknya kita mencontoh Maria yang beriman percaya atas apa yang ia dengar, ia lihat, dan dialaminya. 

Kita membaca, mendengar Firman Allah hendaknya percaya supaya iman kita kian bertumbuh dan semakin beriman percaya kepada Yesus Kristus Sang Juruselamat. 

Roma 10:17 
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 

Ada banyak hal yang belum kita mengerti atas Firman Allah yang kita dengar tetapi hendaknya kita renungkan Firman Allah dan terus mempercayai kebenaranNya

Orang Israel ditengah kesulitan hidup sebagai budak di Mesir mempercayai berita bahwa Allah akan menolong meski mereka tidak tahu apa mungkin terjadi. 

Maria ketika itu masih remaja tetapi ia percaya akan berita bahwa dirinya akan mengandung dan melahirkan Yesus. 

Begitupun kita, dalam segala keadaan atau situasi hidup kita maka hendaknya kita terus beriman percaya kepada Allah lewat Firman Allah yang kita renungkan setiap hari. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com