Kamis, 02 Januari 2020

UJIAN IMAN PERCAYA














KAMIS, 2 JANUARI 2020

1 YOHANES 2:22-28 

Di akhir jaman akan ada anti kristus yang berusaha menyesatkan orang beriman dengan menyebarkan berita menyangkal Yesus adalah Tuhan. 

Setiap orang beriman pada Yesus harus tetap percaya kepadaNya dan tinggal di dalamNya serta berpegang teguh pada janjiNya mengAnugerahkan hidup kekal. 

MAZMUR 98:1-4 

Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang dari padaNya, telah menyatakan keadilanNya di depan mata bangsa-bangsa. Bersorak-soraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah! 

YOHANES 1:19-28 

Beberapa imam dan orang lewi bertanya kepada Yohanes tentang siapakah dirinya dan mengapa ia membaptis orang. 

RENUNGAN 

Bacaan pertama dan bacaan Injil hari ini membahas tentang ujian iman tentang: 
1) Apakah Yesus adalah Mesias? 
2) Yesus sebagai Anak Allah 
3) Hubungan Anak Allah dengan Bapa 

Setiap orang beriman kepada Yesus akan diuji seberapa dalam iman percayanya oleh berbagai hal di sepanjang hidupnya. 
(baca dan renungkan Ibrani 12:5-11) 

Penyebab utamanya adalah iman percaya tidak bertumbuh sehingga akibatnya: 
1) bersandar pada pengertian sendiri 
2) terpengaruh situasi/keadaan hidup 

Contoh

Beberapa imam, orang lewi, orang Farisi mempertanyakan siapakah Mesias itu ketika menyaksikan bagaimana Yohanes membaptis orang dengan air. 

Mereka beriman percaya bahwa Mesias akan datang tetapi mereka bersandar pada pemahaman/pengertian sendiri tentang siapa Mesias itu daripada Firman Allah tertulis di kitabsuci. 

Dengarkan nasehat Firman Allah
Amsal 3:5-6 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Anti Kristus menyusup diantara orang yang beriman percaya kepada Yesus yang mengandalkan akalbudinya dan pengertian/pemahaman sendiri tetapi tidak bersandar pada Firman Allah. 

Jika tidak merenungkan Firman Allah setiap hari sebagai pedoman hidup maka iman percayanya stagnan tidak tumbuh sehingga mudah dipengaruhi oleh situasi atau keadaan hidup sedang dijalaninya. 

Saat mengalami kesulitan hidup, ujian iman yang sering dihadapi adalah apakah tetap percaya Allah akan menolong dan memberkati hidupnya

Saat hidup berkecukupan bahkan sampai berkelelimpahan maka ujian iman berupa kesetiaan apakah tetap mengakui Allah sebagai Juruselamat hidupnya

Dengarkan nasehat dari Firman Allah berikut ini: 

Amsal 30:8-9 
Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkalMu dan berkata: Siapa Tuhan itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku 

JADI 

Ujian iman dapat kita lewati karena kita tetap fokus bersandar pada Allah dan hidup di dalam kebenaran Allah lewat FirmanNya dan perbuatan kasih sesuai kehendak Allah. 

Orang Farisi, imam-imam, ahli Taurat dari bangsa Israel saat itu gagal melewati ujian iman tentang Yesus adalah Mesias. 

Sejak jaman para rasul, ujian iman dari anti Kristus hingga saat ini akan terus menyusup di kalangan umat kristiani. 
Waspadalah !!! 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com