Selasa, 05 Mei 2020

AKULAH GEMBALA YANG BAIK (BAGIAN-2)












SELASA, 5 MEI 2020

KISAH 11:19-26 

Barmabas bersukacita melihat beberapa orang Siprus dan Kirene memberitakan Injil bahwa Yesus adalah Tuhan. 

Barnabas mengajak Saulus ke Anthiokhia untuk mengajar jemaat disana dan untuk pertamakalinya mereka disebut Kristen. 

MAZMUR 87:1-7 

Tuhan lebih mencintai pintu-pintu gerbang Sion dari pada segala tempat kediaman Yakub. Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah. 

YOHANES 10:22-30 

Orang-orang Yahudi mempertanyakan apakah betul Yesus adalah Mesias tetapi Yesus berulangkali sudah jelaskan siapa diriNya namun mereka tetap tak percaya sebab mereka bukanlah domba-dombaKu kata Yesus. 

RENUNGAN 

Orang-orang Yahudi tetap tidak percaya Yesus adalah Mesias meskipun Yesus sudah menjelaskan dan bisa dilihat dari tanda Mesias pada diri Yesus melalui mukjizat Yesus lakukan dan ajaran Yesus penuh kuasa Tuhan (Matius 7:28-29). 

Sebab selama ini mereka mengklaim sebagai bangsa pilihan Allah yang menerima janji diselamatkan Allah sedangkan bangsa-bangsa lain tidak diselamatkan berdasarkan keyakinan: 

Pertama 
Janji-janji Allah diberikan pada bangsa Israel sedangkan bangsa-bangsa lain tidak diberikan 

Roma 9:4 
Sebab mereka adalah orang Israel, mereka telah diangkat menjadi anak, dan mereka telah menerima kemuliaan, dan perjanjian-perjanjian, dan hukum Taurat, dan ibadah, dan janji-janji

Janji Allah diberikan kepada Abraham, nenek moyang orang Israel: 

Kejadian 12:2-3 
Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." 

Kedua 
Firman Allah, ketetapan, hukum Allah diberikan pada bangsa Israel sedangkan bangsa-bangsa lain tidak diberikan 

Mazmur 147:19-20 
Allah memberitakan firmanNya kepada Yakub, ketetapan-ketetapanNya dan hukum-hukumNya kepada Israel. Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukumNya tidak mereka kenal. Haleluya! 

Kisah 14:16 
Dalam zaman yang lampau Allah membiarkan semua bangsa menuruti jalannya masing-masing 

Sungguh ironi, orang-orang Yahudi atau bangsa Israel dikatakan Yesus bahwa mereka bukanlah domba-dombaKu. 

Yohanes 10:25-26 
Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama BapaKu, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-dombaKu. 

Artinya mereka tidak beroleh hidup kekal sebab tidak percaya kepada Yesus. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Domba-dombaKu kriterianya adalah
1. Mendengar suara Yesus 
2. Mengikuti Yesus 
3. Yesus mengenal dombaNya 

Yohanes 10:27-28 
Domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu. 

Yesus mengatakan domba-dombaKu mengenal Aku berarti yang dinilai adalah kesetiaan ikuti ajaran, ketetapan, perintah, kehendak-Ku sebagai tolok-ukur sebagai domba domba-Ku atau murid-muridKu. 

Selanjutnya, 

Kepongahan bangsa Israel sampai hari ini masih berlanjut dimana mereka tidak mau menerima Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah tersebut. 

Timbul pertanyaan: apakah benar Allah hanya menyelamatkan bangsa Israel? 

Jelas keliru pandangan seperti ini dan ternyata diadopsi oleh sebagian besar umat Kristen yang mengatakan tidak ada keselamatan diluar Yesus, artinya yang tidak percaya kepada Yesus tidak akan diselamatkan berdasarkan ayat Firman Tuhan berikut ini: 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku

Markus 16:16 
Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum

Benarkah demikian? 

Sebelumnya mari kita simak perkataan Yesus terlebih dahulu yang mengatakan akan menuntun domba lain. 

Yohanes 10:16 
Ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. 

Memang ayat ini bisa terjadi multi tafsir: 
ada yang menafsirkan domba lain itu: 
* bangsa lain diluar bangsa Israel 
* orang-orang belum percaya Yesus 
   - orang Israel 
   - orang beriman agama/keyakinan lain 

Bagaimana pandangan Gereja Katolik tentang keselamatan bagi orang yang belum beriman kepada Yesus Kristus? 

Gereja Katolik berdasarkan: 
Katekismus Gereja Katolik No. 847 
Lumen Gentium.16 No.33 

Sebab mereka yang tanpa bersalah tidak mengenal Injil Kristus serta GerejaNya tetapi dengan hati tulus mencari Allah dan berkat pengaruh rahmat berusaha melaksanakan kehendakNya yang mereka kenal melalui suara hati dengan perbuatan nyata, dapat memperoleh keselamatan kekal. 

Masing-masing berpandangan menurut ajaran gerejanya namun menurut Firman Tuhan ini mengatakan bahwa Allah menghendaki keselamatan semua orang 

1 Timotius 2:3-4 
Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran 

Semoga kita umat kristiani belajar dari kesalahan bangsa Israel agar mawas diri bahwa percaya kepada Yesus bukanlah diucapkan dengan pengakuan percaya dan dibaptis saja melainkan hendaknya melalui perbuatan kasih pada sesama dan menjalani hidup sesuai dengan kebenaran Tuhan dimana Yesus adalah Gembala yang baik bagi kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com