Minggu, 17 Mei 2020

DUNIA MEMBENCIMU KARENA NAMAKU









SABTU, 16 MEI 2020

KISAH 16:1-10 

Paulus mengajak Timotius menyertainya dalam perjalanan misi. Ketika tiba di Troas, Paulus mendapat penglihatan, ada seorang Makedonia berseru meminta tolong dan Paulus yakin Allah memanggil untuk beritakan Injil kepada orang-orang Makedonia. 

MAZMUR 100:1-3,5 

Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita, datanglah ke hadapanNya dengan sorak-sorai! Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umatNya dan kawanan domba gembalaanNya. 

YOHANES 15:18-21 

Yesus mengingatkan, dunia membenci dan menganiaya Aku dan kamupun akan dibenci dan dianiaya juga karena namaKu 

RENUNGAN 

Pada awal penciptaan alam semesta ini ada dua kutub bertolak-belakang atau berbeda, seperti misalnya ada siang ada malam, ada terang ada gelap, dsbnya. 

Begitu pula sifat manusia, ada yang baik ada yang jahat, ada yang jujur ada yang bohong/dusta, dsbnya. 

Bumi diciptakan Allah untuk kebaikan tetapi akibat dosa manusia maka bumi menjadi tercemar dan rusak sehingga bumi dipengaruhi tingkah-laku manusia dan jadilah bumi ini disebut dunia. 

Dunia seperti ini yang Yesus katakan: 
Yohanes 15:18 
Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu

Orang dunia adalah orang yang fokus pada hal-hal berkaitan dengan prinsip hidup yang bertentangan dengan prinsip kebenaran Tuhan atau prinsip kebenaran Firman Tuhan. 

1 Korintus 2:14 
Manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 

Tidak heran bila orang dunia membenci orang rohani sebab berbeda jalan yang ditempuhnya. 

Orang rohani itu berbagai keyakinan iman; yang kita bahas disini adalah orang rohani yang beriman kepada Yesus Kristus. 

Orang rohani menempuh jalan sesuai yang diajarkan Yesus. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

1 Korintus 2:12 
Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 

Orang dunia itu terdiri dari

Pertama 
Orang yang belum beriman kepada Yesus sehingga menempuh jalan hidup tidak seperti jalan Yesus ajarkan 

Kedua 
orang yang beriman pada Yesus Kristus tetapi tidak menuruti jalan Yesus ajarkan 

Selanjutnya, 

Orang dunia membenci orang rohani sebab dari kedalaman hati, mereka malu pada dirinya sendiri yang menjalani hidup tidak seperti orang rohani lakukan. 

Sesungguhnya hati nurani mereka tahu bahwa orang rohani berbuat kebaikan untuk kepentingan orang lain sedangkan mereka menuntut orang lain berbuat baik kepada diri mereka. 

Mereka akan intimidasi, anarki, aniaya, siksaan hingga membunuh orang rohani untuk menghalangi perbuatan baik yang dilakukan orang rohani termasuk juga dalam hal pemberitaan Injil. 

Yesus sudah mengalami semua upaya yang dilakukan orang dunia yakni orang Yahudi terutama ahli Taurat, orang Farisi, imam kepala, dan tua-tua Yahudi untuk membungkam Yesus agar tidak sebarkan ajaran kasih dan perbuatan baik termasuk mukjizat-mukjizat. 

Kita akan mengalami hal serupa sebab kita beriman kepada Yesus dan menjadi murid-muridNya memberitakan Injil dan melakukan pelayanan kasih. 

Nama Yesus sejak dahulu tidak disukai prang Yahudi, lalu merambat ke bangsa lain juga turut tidak suka nama Yesus bahkan membenci nama Yesus. 

Nama Yesus penuh kuasa Tuhan yang menggetarkan orang dunia sehingga tak mampu mengatasinya oleh karena nama Yesus dikumandangkan. 

Filipi 2:9-11 
Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! 

JADI 

Kita tidak perlu gentar dan takut hadapi dunia yang membenci kita karena nama Yesus sebab kuasa Tuhan melindungi kita di saat kita wartakan Injil dan pelayanan. 

Filipi 2:12-13 
Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaanNya. 

Lakukan terus pewartaan dan pelayanan meski harus menanggung penderitaan sebagai bagian dari salib kita. 

1 Petrus 3:13-14 
Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik? Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar. 

Bukan soal mati atau hidup tetapi iman yang teguh dan taat sampai mati meski secara jasmani, kita menderita siksaan tetapi rohani kita semakin diteguhkan. 

2 Korintys 4:16-17 
Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. 

Semoga kita semua umat kristiani selalu siap menghadapi dunia yang membenci kita karena nama Yesus dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan Yesus menyertai kita seperti yang dijanjikan kepada kita. 

Matius 28:18, 20 
Yesus mendekati mereka dan berkata: KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com