Kamis, 21 Mei 2020

YESUS TERANGKAT KE SORGA














KAMIS, 21 MEI 2020

KISAH 1:1-11 

Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, sampai pada hari Ia terangkat. 

Sebelum itu Ia telah memberi perintahNya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilihNya. 

Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutupNya dari pandangan mereka. 

MAZMUR 47:2-3,6-9 

Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai! Sebab Tuhan, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja yang besar atas seluruh bumi. Allah memerintah sebagai raja atas bangsa-bangsa, Allah bersemayam di atas takhtaNya yang kudus. 

MATIUS 28:16-20 

Amanat Agung Yesus kepada ke-11 murid bahwa mereka pergi memberitakan Injil ke semua bangsa dan ajarkan segala hal yang Yesus perintahkan kepada mereka. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini adalah Hari Raya Kenaikan Tuhan. 

Peristiwa Yesus terangkat ke Surga atau naik ke Surga adalah peristiwa penting menandakan Yesus telah menyelesaikan tugasNya di dunia dan kembali ke Surga sebab Dialah Allah Yang Hidup. 

Kisah 1:9 
Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Yesus disaksikan oleh mereka, dan awan menutupNya dari pandangan mereka. 

Yesus terangkat ke Surga diliputi awan menutupiNya dan Yesus akan kembali ke dunia dengan cara yang sama. 

Kisah 1:11b 
Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga. 

Peristiwa Yesus terangkat atau naik ke Surga tidak terpisahkan dari peristiwa wafat dan kebangkitan Yesus merupakan landasan iman kepercayaaan kepadaNya 

Peristiwa Yesus terangkat ke Surga artinya Yesus berasal dari Surga dan IA kembali ke rumahNya. 

Yesus adalah Allah menjadi manusia datang ke dunia menyelamatkan manusia dari alam maut akibat dosa dan menyediakan tempat di rumahNya bagi setia orang yang percaya kepadaNya yakni mempercayakan seluruh hidup kepada Yesus. 

Yohanes 14:2 
Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

Yesus tahu kelemahan kita sehingga IA mengutus Roh Kudus untuk meneguhkan iman kita kepadaNya dan menuntun agar kita sampai ke rumahNya di Surga. 

Kisah 1:8 
Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.  

Kita dibaptis dalam baptisan Roh Kudus artinya Roh Kudus memberikan kuasa kepada kita untuk menjadi saksi Kristus 

Kisah 1:5 
Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. 

Kisah 19:4-5 
Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus." Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. 

Sebelum Yesus terangkat ke Surga, Yesus memberikan perintah kepada murid2Nya: 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Yesus menghendaki kita melakukan pekerjaanNya agar setiap orang percaya kepadaNya di segala penjuru dunia sebab Allah menghendaki setiap orang selamat dan tiba di rumahNya di Surga. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa 

1 Timotius 2:3-4 
Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. 

Inilah makna terdalam dari peristiwa Yesus terangkat ke Surga agar manusia menyadari bahwa Allah begitu mengasihi kita manusia dan menghendaki setiap orang percaya pada Yesus Kristus yang datang ke dunia untuk menyelamatkan dan Yesus kembali ke Surga untuk menyediakan tempat bagi kita di Surga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com