Rabu, 27 Mei 2020

DOA YESUS UNTUK MURID-MURIDNYA (BAGIAN-2)









RABU, 27 MEI 2020

KISAH 20:28-38 

Paulus berpesan kepada jemaat Efesus agar berjaga-jaga atas ajaran palsu dan meminta mereka bekerja giat membantu yang lemah dan mengingatkan perkataan Tuhan Yesus pada saat Paulus hendak meninggalkan mereka pergi ke tempat lain untuk memberitakan Injil. 

MAZMUR 68:29-30,33-36 

Akuilah kekuasaan Allah; kemegahanNya ada di atas Israel, kekuasaanNya di dalam awan-awan. Allah adalah dahsyat dari dalam tempat kudusNya; Allah Israel, Dia mengaruniakan kekuasaan dan kekuatan kepada umatNya. Terpujilah Allah! 

YOHANES 17:11b-19 

Doa Yesus agar Bapa melindungi mereka yang pecaya kepadaNya dari yang jahat dan kuduskan mereka dalam kebenaran sebab mereka bukan dari dunia. 

RENUNGAN 

Dalam bacaan Injil hari ini tentang bagian lain yang Yesus doakan kepada Bapa untuk melindungi murid2-Nya dari yang jahat sebab dunia membenci mereka. 

Yohanes 17:15 
Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. 

Yohanes 17:14 
Aku telah memberikan firmanMu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. 

Kita sudah membahas di renungan lalu bedanya bumi dan dunia. 
Seperti kita ketahui bersama bahwa dunia ini semakin hari semakin jahat. 
Mengapa demikian? 

Firman Tuhan telah memperingatkan kita akan keadaan dunia ini: 

2 Petrus 3:3 
Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. 

Orang yang hidup menuruti hawa nafsu mengutamakan keinginan dagingnya dari pada keinginan roh-nya. 

Demi memuaskan keinginan daging maka akibatnya timbul kejahatan. 
contoh: korupsi, judi, iri hati, serakah, dan masih banyak lainnya yang memaksakan keinginannya harus terpenuhi. 

Tidak heran semakin hari semakin banyak orang berbuat jahat karena tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya. 

Orang-orang yang terikat hawa nafsunya tidak bisa menerima hal-hal rohani berupa nasehat, pengajaran tentang kebenaran Firman Tuhan sebab berbeda bahkan bertentangan dengan kebenaran yang dunia ajarkan kepadanya. 

Oleh karena itu, 
Yesus mendoakan agar murid-muridNya dikuduskan dalam kebenaran FirmanNya 

Yohanes 17:17 
Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firmanMu adalah kebenaran. 

Yesus menghendaki murid-muridNya hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan dan menjadi pedoman hidup mereka, hal ini berlaku juga bagi kita umat kristiani. 

Tentunya dunia membenci setiap orang yang hidupnya tidak menuruti keinginan dunia sebab menjadi penghalang bagi orang-orang yang hidupnya menuruti hawa nafsu dunia. 

Tidaklah heran di zaman akhir ini banyak orang terseret oleh keinginan hawa nafsu dunia sebab ia tidak tahan lagi menolak tawaran dunia menggiurkan meskipun ia semula hidup dalam kebenaran Tuhan. 

Itu sebabnya Yesus mendoakan muridNya agar mereka hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan sehingga mampu hadapi dunia yang membenci mereka. 

Doa Yesus akan berhasil bila kita yang juga adalah murid-muridNya karena iman percaya kita kepadaNya, menjaga diri dari keinginan hawa nafsu kedagingan dan hidup dalam keinginan Roh. 

Roma 8:13 
Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. 

Galatia 5:17 
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 

Apa itu keinginan daging dan keinginan Roh, silahkan baca Galatia 5:19-23. 

Galatia 5:24-25 
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. 

Dengan demikian doa-doa Yesus berguna bagi kita yang mau menuruti keinginan Roh dan hidup dalam kebenaran Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com