Senin, 18 Mei 2020

JADILAH SAKSI KRISTUS














SENIN, 18 MEI 2020

KISAH 16:11-15 

Paulus dan Silas melanjutkan misi ke Filipi dan ada seorang perempuan penjual kain ungu dari kota Tiatira, Lidia namanya membuka hati saat dengar kotbah Paulus dan ia dibaptis bersama seisi rumahnya. 

MAZMUR 149:1-6a,9b 

Sebab Tuhan berkenan kepada umatNya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan. Biarlah orang-orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur mereka! 

YOHANES 15:26-16:4a 

Yesus katakan sekali lagi bahwa kamu akan dikucilkan dan dibunuh karena mereka mengira telah berbakti kepada Allah dan hendaknya kamu tidak kecewa dan menolak Aku. 

RENUNGAN 

Seorang saksi Kristus memberitakan tentang Yesus dan menjadi saksi Kristus tidak mudah sebab perlu persiapan diri dalam segala hal. 

Banyak orang tidak tertarik melibatkan diri menjadi saksi Kristus dengan alasan merasa diri tidak layak dan belum pantas 

Sepertinya alasan ini manusiawi banget dan bisa diterima tetapi ingatlah menjadi saksi Kristus adalah perintah Yesus. 

Kisah 1:8 
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. 

Ada dua hal perlu diperhatikan menjadi saksi Kristus 

Pertama 
Roh Kudus turun ke atas kamu 

Yohanes 14:26 
Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

Roh Kudus bukan hanya mengajarkan kepada kita tetapi memberi kuasa kepada kita (Markus 16:17-18) saat menjadi saksi Kristus, pelayanan dan pemberitaan Injil. 

Kedua 
Menjadi saksiKu di Yerusalem sampai ke ujung bumi 

Yohanes 15:27 
Kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. 

Kita menjadi saksi Kristus bukan hanya kepada orang-orang belum percaya (= ujung bumi) tetapi juga pada orang-orang sudah beriman pada Yesus (=Yerusalem) yang sekian waktu tidak beribadah lagi kepada Yesus (=seperti perumpamaan tentang anak hilang). 

Ketiga 
Tuhan juga memberikan perlengkapan rohani (Efesus 6:10-17) dan karunia Roh (1 Korintus 12:4-11). 

Ketiga hal ini harus dipersiapkan sebelum memutuskan menjadi saksi Kristus.

Percayalah Tuhan pasti menyertai setiap orang yang bersedia jadi saksi Kristus akan dapat kita alami. 

Ke-11 Rasul ketakutan saat Yesus disalib tetapi setelah Roh Kudus turun atas diri mereka pada hari Pentakosta terjadilah perubahan dimana mereka berani mati memberitakan Injil dan menjadi saksi Kristus kemanapun Tuhan utus mereka. 

Itu sebabnya Yesus mengingatkan
Yohanes 16:1-2 
Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 

Rasul Paulus lebih militan menjadi saksi Kristus dan mengklaim diri prajurit Kristus siap melakukan segala sesuatu diperintah komandannya: Yesus Kristus. 

2 Timotius 2:3-4 
Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya

Mereka pendahulu kita mengalami aniaya menderita siksaan bahkan sampai mati tetapi tidak pernah menolak Yesus dan tetap menjadi saksi Kristus beritakan Injil 

Kisah 5:41 
Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus. 

Bagaimana dengan kita umat kristiani? 
MARI JADILAH SAKSI KRISTUS


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com