Sabtu, 02 Mei 2020

APAKAH SAAT INI IMANMU GOYAH ?










SABTU, 2 MEI 2020

KISAH 9:31-42 

Saat mengunjungi di koda Lida, Petrus menyembuhkan Eneas dari lumpuh selama delapan tahun dan menghidupkan Dorkas dari matinya. 

MAZMUR 116:12-17 

Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikanNya kepadaku? Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan, akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umatNya. 

YOHANES 6:60-69 

Bukan hanya orang-orang Yahudi tetapi murid-murid Yesus juga terkejut bahkan ada yang meninggalkan Yesus karena tergoncang imannya mendengar Yesus mengatakan bahwa jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darahNya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. 

RENUNGAN 

Murid-murid Yesus ternyata tergoncang imannya mendengar perkataan Yesus tentang tubuh dan darah Yesus adalah makanan dan minuman maka beroleh hidup kekal (Yoh 6:54). 

Mengapa demikian? 

Karena pemahaman mereka terhadap ajaran Yesus sangat dangkal sehingga iman mereka mudah goyah menghadapi sesuatu diluar pemikiran mereka dan akibatnya mereka meninggalkan Yesus. 

Yohanes 6: 60,66 
Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: "Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?" Mulai dari waktu itu banyak murid-muridNya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. 

Memang kita harus mengenal Yesus secara pribadi supaya memahami segala sesuatu yang diajarkan dan dikehendaki olehNya dan sekarang ini kita hanya bisa mengetahui ajarannya melalui Alkitab. 

Kita harus memberi asupan bergizi pada roh kita agar iman kita bertumbuh makin hari semakim kuat dan teguh. 

Kenyataannya, 

Banyak orang lalai memelihara rohnya atau rohaninya sebab yang dipelihara hanya tubuh jasmani dan jiwanya saja. 

Tubuh diperhatikan bentuknya biar maco atau langsing agar elok dipandang. 
Perasaan hatinya diupayakan senang dan gembira agar terasa hidupnya bahagia. 

Bagaimana dengan rohnya/rohaninya? 

Cukuplah seminggu sekali ke Gereja menerima Hosti untuk menguatkan iman dan diberkati Tuhan. 

Begitu juga sehari ada waktu 24 jam, berapa lama waktu berdoa, renungkan Firman Tuhan di Alkitab, memuji dan menyembah Tuhan? 

Syukur-syukur masih berdoa dan baca kitabsuci, bernyanyi memuji-menyembah Tuhan atau bersaat teduh (=meditasi) meski sekitar 5-15 menit atau 30 menit; atau jangan-jangan tidak ada 1 menitpun waktu khusus ber-relasi dengan Tuhan? 

Sikap hidup seperti ini, jangan harap iman bertumbuh; tidak kering alias tidak mati imannya saja masih lumayan daripada imannya mati samasekali. 

Tatkala datang badai persoalan hidup maka kalang-kabut imannya diandalkan untuk memgatasi masalahnya. 

Benarlah yang Yesus katakan bahwa: 
Yohanes 6:63 
Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. 

JADI 

Perkataan Yesus bahwa
Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia (Yohanes 6:56)

DagingKu dan darahKu adalah diri Yesus agar kita tinggal di dalam Dia

Yohanes 15:5 
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 

Bila roh kita melekat pada Yesus maka tentunya iman kita kepada Yesus makin kuat dan dimampukan mengatasi segala persoalan/masalah hidup. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com