Selasa, 26 Mei 2020

DOA YESUS UNTUK MURID-MURIDNYA (BAGIAN-1)














SELASA, 26 MEI 2020

KISAH 20:17-27 

Perpisahan Paulus dengan para panatua di Efesus bahwa dirinya bersih dan tidak lalai memberitakan Injil Kerajaan Allah. 

MAZMUR 68:10-11,20-21 

Allah bagi kita adalah Allah yang menyelamatkan, Allah, Tuhanku, memberi keluputan dari maut. Sesungguhnya, Allah meremukkan kepala musuhNya, tempurung kepala yang berambut dari orang yang tetap hidup dalam kesalahan-kesalahannya. 

YOHANES 17:1-11a 

Yesus berdoa kepada Bapa di Surga agar memelihara mereka dalam nama Bapa sebab mereka mengenal Engkau Allah yang benar dan mengenal Yesus Kristus yang Kau utus. 

RENUNGAN 

Sungguh besar kasih Yesus pada murid-muridNya dengan mendoakan mereka agar Bapa memelihara hidup mereka. 

Yohanes 17:11 
Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepadaMu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam namaMu, yaitu namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. 

Kita umat kristiani adalah murid-murid Yesus oleh iman percaya kita kepadaNya sehingga kitapun dipelihara Bapa. 

Seringkali berbagai bentuk tekanan hidup di dunia ini mengakibatkan penderitaan yang berkepanjangan sehingga kita tidak mampu mengatasinya dan menjadi lemah tak berdaya. 

Keadaan hidup seperti ini kerapkali kita kecewa kepada Tuhan dan meragukan kasihNya kepada kita sehingga timbul pertanyaan: dimana kasihMu Tuhan dan mengapa membiarkan hidup kita susah? 

Seakan-akan Tuhan lalai tidak menetapi janji-janjiNya tertulis di kitabsuci yang mengatakan Tuhan mengasihi kita sebab kenyataannya hidup kita menderita. 

Itu sebabnya saat pelayanan ke daerah minus dimana taraf hidup masyarakat tergolong miskin, hidup serba kekurangan maka yang pertama-tama kita lakukan adalah membagikan sembako dan bukan memberitakan Firman Tuhan. 

Kasih mesti diwujudkan dalam tindakan perbuatan dan bukan hanya dibicarakan sebab keadaan manusia di dunia saat ini sebagian besar hidup dalam kemiskinan; kekurangan pandang-pangan. 

Seperti Yesus menunjukkan kasihNya dengan menyembuhkan sakit penyakit, memberi makan ribuan orang, mengusir dan melepaskan keterikatan kuasa gelap selain Yesus mengajarkan tentang Injil Kerajaan Allah. 

JADI, 

Pada saat kita berdoa hendaknya kita tidak hanya berdoa untuk kepentingan sendiri melainkan mendoakan orang lain dalam doa-doa kita agar Tuhan berkati hidup mereka. 

Seringkali Tuhan menghendaki kita yang turun-tangan menolong kesusahan orang lain dan bukan hanya mendoakan saja. 

Dalam doa makan, sering kita doakan mereka agar dapat makanan seperti yang kita makan saat ini tetapi kita lupa bahwa seharusnya kira yang memberi makan kepada orang lain. 

Sebab Tuhan telah memberkati kita maka sudah sepantasnya kita juga memberkati orang lain dari berkat Tuhan yang kita terima sebelumnya. 

Dengan berbuat demikian berarti kita juga memelihara hidup sesama seperti Bapa memelihara hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com