Kamis, 14 Mei 2020

TINGGAL DI DALAM KASIH TUHAN











KAMIS, 14 MEI 2020

KISAH 1:15-17,20-26 

Para Rasul menetapkan Matias sebagai pengganti Yudas Iskariot setelah berdoa dan mengundi antara Matias dan Yusuf yang disebut Barsabas atau Yustus. 

MAZMUR 113:1-8 

Tuhan menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, bersama-sama dengan para bangsawan bangsanya. 

YOHANES 15:9-11 
Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku mengasihi kamu. Jikalau kamu menuruti perintahKu maka kamu tinggal di dalam kasihKu. 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini Pesta St Matias, Rasul. 

Matias menjadi penggenap bilangan Keduabelas Rasul. Merekalah pengemban utama tugas menyebarkan Kabar Gembira ke seluruh penjuru dunia. 

Semula ada calon lainnya: Yusuf disebut Barsabas atau Yustus (Kisah 1:23) selain Matias untuk pemilihan Rasul ke-12 ini menggantikan Yudas Iskariot maka terpenuhilah nas kitab Mazmur. 

Mazmur 69:26 
Biarlah perkemahan mereka menjadi sunyi, dan biarlah kemah-kemah mereka tidak ada penghuninya. 

Mazmur 109:8b 
Biarlah jabatannya diambil orang lain. 

Nama Matias sekali saja disebut di dalam Kitab Perjanjian Baru dan dalam tulisan-tulisan Apokrif, namanya tidak pernah disebut-sebut. 

Namun kita yakin bahwa Matias adalah Rasul yang setia, tekun dan bersemangat prihatin. Tahun kematiannya tidak diketahui pasti, namun makamnya terdapat di Trier, Jerman.

Para Rasul menuruti perintah Yesus agar mereka memberitakan Injil ke seluruh dunia karena mereka mengasihi Yesus dan tinggal di dalam kasih Yesus. 

Yohanes 15:10 
Jikalau kamu menuruti perintahKu, kamu akan tinggal di dalam kasihKu, seperti Aku menuruti perintah BapaKu dan tinggal di dalam kasihNya. 

Banyak orang mau tinggal di dalam kasih Yesus tetapi cenderung tidak mau turuti perintah Yesus dan sering berbuat dosa. 

Sejak jaman Adam-Hawa, manusia sudah melanggar perintah Allah padahal semua kebutuhan hidup berlimpah-ruah tetapi sifat serakah ingin menikmati semuanya yang tersedia di taman Esen membuat Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa. 

1 Yohanes 3:4 
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 

Selanjutnya, 
Apa saja perintah Yesus? 

Pertama 
Beritakanlah Injil 

Matius 28:19-20 
Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Kedua 
Kasihilah Tuhan Allah 

Markus 12:30 
Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. 

Ketiga 
Kasihilah sesama manusia 

Markus 12:31 
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini. 

JADI, 

Hendaklah kasih menjadi dasar utama kita melakukan perintah Yesus dan saat kita berbuat sesuatu di dalam hidup ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com