Kamis, 07 Mei 2020

JADILAH UTUSAN TUHAN YANG SETIA









KAMIS, 7 MEI 2020

KISAH 13:13-25 

Paulus menjelaskan bagaimana bangsa Israel keluar dari Mesir sampai akhirnya tiba di tanah Kanaan dimana hakim-hakim dan raja-raja memerintah. 

Kemudian dari keturunan Daud, sesuai dengan yang telah dijanjikanNya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus. 

Menjelang kedatanganNya Yohanes telah menyerukan kepada seluruh bangsa Israel supaya mereka bertobat dan memberi diri dibaptis. 

MAZMUR 89:2-3,21-22,25,27 

Aku telah mendapat Daud, hambaKu; Aku telah mengurapinya dengan minyakKu yang kudus, maka tanganKu tetap dengan dia, bahkan lenganKu meneguhkan dia. 

KesetiaanKu dan kasihKu menyertai dia, dan oleh karena namaKu tanduknya akan meninggi. Diapun akan berseru kepadaKu: 'Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku. 

YOHANES 13:16-20 

Yesus katakan seorang hamba diutus tidak lebih tinggi dari tuannya dan orang yang menerima utusan berarti menerima Aku dan menerima Dia yang mengutusKu 

RENUNGAN 

Ada 3 hal menurut Yesus tentang utusan

Pertama 
Seorang utusan dipilih Yesus 

Yohanes 13:18b 
Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. 

Seseorang tak dapat menolak bila Tuhan telah menetapkan mengutusnya, seperti dilakukan Musa dan Yeremia menolak tetapi akhirnya menerima perutusan. 

Keluaran 4:10,13 
Lalu kata Musa kepada Tuhan: "Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hambaMupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah." Tetapi Musa berkata: "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus." 

Yeremia 1:6 
Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan Allah! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda." 

Tuhan mengutus seseorang maka Tuhan persiapkan segala sesuatu diperlukan tatkala menjalankan tugas perutusan. 

Kepada Musa 
Keluaran 4:17 
Bawalah tongkat ini di tanganmu, yang harus kaupakai untuk membuat tanda-tanda mujizat. 

Kepada Yeremia 
Yeremia 1:8-9 
Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman Tuhan" Lalu Tuhan mengulurkan tanganNya dan menjamah mulutku; Tuhan berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataanKu kedalam mulutmu 

Bagaimana dengan anda, bersediakah diutus beritakan Injil dan diutus untuk tugas pelayanan rohani? 

Faktor utama seseorang tidak bersedia menjadi utusan adalah: 
1. Tidak tertarik 
2. Merasa tidak siap dan tidak layak  
3. Tidak percaya dirinya mampu 
4. Takut hadapi tantangan dan rintangan 

Berdoalah mohon petunjuk, peneguhan dari Tuhan dan percayalah bila Tuhan yang memilih kita maka bersiaplah untuk menerimanya dengan hati bersih dari keinginan kepentingan kemuliaan diri. 

Kedua 
Utusan menghadapi rintangan 

Yohanes 13:18c-19 
Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan rotiKu, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku. Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia. 

Hadapi tantangan dan rintangan dengan iman yang teguh agar tetap setia kepada Tuhan walau harus menderita bahkan rela kehilangan nyawa demi laksanakan tugas perutusan dari Tuhan. 

Ketiga 
Utusan tunduk pada yang mengutusnya 
Hamba tunduk pada tuannya 

Yohanes 13:16 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. 

Harun dan Miryam memberontak dengan alasan Musa mengambil perempuan kush padahal dibalik itu mereka iri hati. 

Bilangan 12:1-2 
Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush. Kata mereka: "Sungguhkah Tuhan berfirman dengan perantaraan Musa saja? Bukankah dengan perantaraan kita juga Ia berfirman?" Dan kedengaranlah hal itu kepada Tuhan. 

Mereka berani melawan Musa padahal Musa utusan Tuhan sehingga dihukum Tuhan dimana Miryam kena kusta. 
(Bilangan 12:8-10) 

Musa melanggar perintah Tuhan dengan memukul bukit batu dengan tongkat nya dua kali padahal disuruhnya satu kali (Bilangan 20:7-13) maka akibatnya Musa tidak boleh masuk ke negeri Kanaan (Ulangan 4:21). 

Penundukan diri sangat penting sebab pelanggaran terhadap perintah Tuhan akan menyebabkan kita dihukum Tuhan. 

Bangsa Israel sering tidak menerima utusan Tuhan yakni nabi-nabi bahkan banyak nabi dibunuh oleh mereka bahkan Yesuspun mereka salibkan. 

Kita umat kristiani haruslah menerima utusan Tuhan dengan hormat dan tunduk kepadanya sebab Tuhan mengutus orang orang pilihannya. 

Yohanes 13:20 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku. 

Seorang utusan Tuhan haruslah taat dan setia sampai mati laksanakan perintah Tuhan yang berikan tugas perutusan kepadanya. 

Siapa utusan Tuhan di jaman sekarang? 
Ya banyak, berbagai bentuk perutusan. 

Selain rohaniwan, orang awam diutus melaksanakan tugas perutusan bahkan setiap umat kristiani diutus beritakan Injil sesuai Amanat Agung Tuhan Yesus. 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Contohlah nabi Yesaya langsung bersedia menawarkan dirinya diutus Tuhan. 

Yesaya 6:8 
Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!" 

Bagaimana dengan anda? Siapkah berkata: ini aku, utuslah aku, ya Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com