Rabu, 20 Mei 2020

ROH KUDUS DATANG (BAGIAN-2)









RABU, 20 MEI 2020

KISAH 17:15,22-18:1 

Paulus pergi ke Atena dan dilihatnya penduduk disitu menyembah dewa-dewa maka berkatalah Paulus bahwa Allah Sang Pencipta langit dan bumi memberi nafas hidup kepada semua orang dan tentang Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. 

MAZMUR 148:1-2,11-14 

Haleluya! Pujilah Tuhan di sorga, pujilah Dia di tempat tinggi! Biarlah semuanya memuji-muji Tuhan, sebab hanya namaNya saja yang tinggi luhur, keagunganNya mengatasi bumi dan langit 

Ia telah meninggikan tanduk umatNya, menjadi puji-pujian bagi semua orang yang dikasihiNya, bagi orang Israel, umat yang dekat padaNya. Haleluya! 

YOHANES 16:12-15 

Yesus mengatakan bahwa Roh Kebenaran datang memberitakan kepadamu tentang apa yang diterimanya daripadaKu. 

RENUNGAN 

Bagi anda yang masih bingung tentang peranan Roh Kudus maka ada baiknya pelajari tentang Allah Tritunggal yang kita umat kristiani imani. 

Kita harus mengalami karya Roh Kudus di dalam diri kita supaya makin beriman dan tidak mudah goyah keyakinan iman. 

Salahsatu nyata karya Roh Kudus yang banyak orang tidak sadari adalah mengingatkan kita supaya tidak lakukan perbuatan salah atau berbuat jahat. 

Misal
Suatu ketika kita masuk ke toilet dalam keadaan kosong, hanya kita sendiri dan saat mau cuci tangan eh kita lihat ada handphone tergeletak disana. 

Secara naluri, jantung kita berdebar lebih kencang karena tergoda mengambil hp tersebut... pikiran kita ragu-ragu dan mulai lirik sana lirik sini untuk pastikan tidak ada yang melihat bila kita ambil hp itu. 

Nah, saat seperti ini Roh Kudus bekerja mengingatkan kita jangan mengambil sebab itu dosa tetapi ada suara lain di benak kita yang menyuruh kita ambil sehingga terjadilah peperangan rohani antara kebenaran dan ketidak-benaran. 

Yohanes 16:13 
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Roh Kudus mendorong kita untuk baca kitabsuci supaya tahu kebenaran Tuhan yang telah difirmankanNya. 

Roh Kudus membantu kita berdoa agar mengalami perjumpamaan di dalam roh dengan Roh Allah. 

Roma 8:26 
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 

Dengan demikian kita akan mengetahui kebenaran Tuhan yakni mengetahui Firman Tuhan dan membangun relasi intim dengan Tuhan sebab kedua hal ini mempengaruhi sikap dan perbuatan kita. 

Perhatikan saja orang-orang di sekitar kita maka akan diketahui apakah orang itu bersikap dan berperilaku seperti orang dunia atau orang rohani. 

Kita sudah membahas perbedaan orang dunia dan orang rohani, terletak pada bagaimana hubungannya dengan Tuhan. 

Semakin jauh dari Tuhan maka sikap dan perbuatannya serupa dengan orang dunia yang mengutamakan kedagingan dan meremehkan hal-hal rohani. 

1 Korintus 2:14 
Manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 

Orang dunia tidak akan menerima Roh Kudus dan ada orang beriman kristiani ragu-ragu bahkan tidak percaya jaman sekarang karya Roh Kudus masih terjadi sebab menurut pendapatnya itu terjadi hanya di kitabsuci. 

Semoga pemahaman tentang Roh Kudus semakin terbuka dan mengalami sendiri bagaimana Roh Kudus berkarya di dalam diri orang-orang beriman kristiani namun masih ragu-ragu apakah Roh Kudus itu nyata dan dia alami sendiri. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com