Sabtu, 23 Mei 2020

BERDOALAH DALAM NAMA YESUS









SABTU, 23 MEI 2020

KISAH 18:23-28 

Apolos mahir kitabsuci mengajar tentang Yesus tetapi ia hanya mengerti baptisan Yohanes sehingga Priskila Akwila membawa Apolos ke rumahnya untuk menjelaskan kepadanya Jalan Allah. 

Apolos bersemangat dan tak jemu-jemu menjelaskan bahwa Yesus adalah Mesias

MAZMUR 47:2-3,8-10 

Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai! Sebab Tuhan, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja yang besar atas seluruh bumi. 

YOHANES 16:23b-28 

Yesus katakan Bapa akan memberikan segala sesuatu yang kamu minta dalam namaKu sebab Bapa mengasihi kamu karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah. 

RENUNGAN 

Wah Firman Tuhan hari ini menyejukkan hati kita sebab bagian ini kita inginkan terjadi di hidup kita dan maunya setiap saat kita hidup di dalam Berkat Tuhan. 

Yohanes 16:23b 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu. 

Jika kita hanya terpaku pada ayat ini saja maka biasanya akan kecewa bila tidak mendapatkan apa yang telah kita minta di dalam doa kita kepada Bapa Surgawi. 

Sebab yang dikatakan Yesus yang dituliskan Yohanes 16:23b dimaksudkan bahwa kita akan bersukacita setelah mengalami dukacita. 

Yohanes 16:20 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. 

Kita menangis atau berdukacita tetapi percayalah di dalam Tuhan akan diubah dukacita menjadi sukacita. 

Mazmur 30:12-13 
Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagiMu dan jangan berdiam diri. Tuhan, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagiMu. 

Artinya hidup ini akan ada air mata derita tetapi tidak selamanya sebab akan ada Air Surgawi yang mengubahnya menjadi sukacita di hidup kita bila berserah diri kepada Tuhan Allah

Banyak orang memilih ayat Firman Tuhan yang dia sukai yang memberkati dirinya tetapi tidak peduli Firman Tuhan lainnya yang menghendaki kita mengasihi Tuhan dengan cara  menuruti FirmanNya atau hidup di dalam FirmanNya. 

Yohanes 14:23 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan BapaKu akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia." 

Memang Yesus mengatakan hendaklah kita berdoa di dalam NamaNya (Yohanes 16:26a) maka doa kita akan dijawabNya namun ingatlah jawaban doa kita adalah menurut Tuhan. 

Amsal 16:9 
Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya. 

Yesaya 55:8-9 
Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu dan rancanganKu dari rancanganmu. 

Kita berdoa menginginkan sesuatu dari Tuhan sebab menurut kita yang diminta untuk kebaikan, kesejateraan hidup kita tetapi belum tentu menurut Tuhan dan kita harus menerima bahwa Tuhan yang berkuasa menentukan jawaban doa kita. 

Amsal 16:1-2 
Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada Tuhan. Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati

Ada orang protes dan berdebat dengan menagih janji Yesus (Yohanes 16:23b) menurutnya Yesus harus tepati/berikan. 

Tuhan tahu keinginan kita akan mencelakakan diri kita tetapi biasanya kita bantah, menolak bila dikatakan demikian sebab kita yakin yang diminta untuk kebaikan kita. 

Kita ini manusia ciptaanNya dan tentu saja Tuhan Maha Tahu tentang diri kita maka sombong sekali bila kita bantah Perkataan Tuhan mengenai diri kita. 

Orangtua yang melahirkan anaknya bisa saja tidak mengetahui 100% sifat anaknya karena sibuk bekerja tetapi Tuhan yang menjadikan kita sebagai manusia selalu mataNya tertuju pada kita mengawasi tingkah-laku kita hidup di dunia ini. 
(Baca Mazmur 139) 

Mazmur 139:1-3 
Tuhan, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. 

JADI 

Hendaklah kita mengerti bahwa Tuhan mengasihi kita dan tidak akan biarkan kita berjalan dan memikul beban hidup kita sendirian. 

Yesaya 46:4 
Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu. 

Sebab seringkali kita yang tidak mau melepaskan beban kita karena tidak mengenal siapa Tuhan sesungguhnya yang disebabkan kita sering menjauh dariNya dengan berbagai alasan. 

Ibrani 12:1b 
Marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita 

Berdoalah di dalam Nama Yesus Kristus dan percayalah doa-doa kita pasti dijawab karena Tuhan sangat mengas8hi kita asalkan kita menyerahkan kendali hidup seturut kehendak Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com