Senin, 15 Juni 2020

KALAHKAN KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN









SENIN, 15 JUNI 2020

1 RAJA 21:1-16 

Nabot difitnah dan dilempari batu sampai mati karena menolak memberikan kebun anggurnya kepada raja Ahab. 

MAZMUR 5:2-3,5-7 

Sebab Engkau bukanlah Allah yang berkenan kepada kefasikan; orang jahat takkan menumpang padaMu. Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong, Tuhan jijik melihat penumpah darah dan penipu. 

MATIUS 5:38-42 

Yesus mengajarkan agar tidak membalas orang yang menampar pipi kananmu tapi berikan saja pipi kirimu ditampar, begitu juga tidak melawan orang berbuat jahat. 

RENUNGAN 

Hari ini kita dicelikkan pengajaran Yesus yang tidak lumrah menurut pendapat umum ajaran Yesus untuk tidak melawan orang berbuat jahat terhadap diri kita. 

Pertanyaannya: 
Apakah bisa kita lakukan? 

Matius 5:39 
Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 

Matius 5:40-41 
Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 

Wow... terasa teoritis yach ajaran ini jika kita tidak meneliti lebih lanjut apa yang dimaksud oleh Yesus. 

Coba kita renungkan, Yesus tidak hanya mengajarkan teori tetapi Yesus lakukan dimana Yesus tidak melawan ketika Ia ditangkap bahkan dibunuh di kayu salib. 

Baiklah anda akan mengatakan karena Yesus lakukan hal itu untuk menunaikan tugas perutusan dari Bapa Surgawi dan lagipula Yesus adalah Tuhan maka tentu saja bisa dan mampu Yesus lakukan itu. 

Bagaimana dengan kita, manusia biasa sebab biasanya jika orang berbuat jahat dibiarkan saja maka ia akan terus berbuat jahat kepada banyak orang, begitu kita pada umumnya berpendapat demikian. 

Tidak ada jalan lain kecuali kita belajar dari Firman Tuhan supaya kita mengerti alasan Yesus menyuruh tidak melawan orang berbuat jahat kepada kita. 

Mari kita simak dan dalami Firman Tuhan berikut ini: 

Amsal 25:21-22 
Jikalau seterumu lapar, berilah dia makan roti, dan jikalau ia dahaga, berilah dia minum air. Karena engkau akan menimbun bara api di atas kepalanya, dan Tuhan akan membalas itu kepadamu. 

Dengan berbuat baik kepada orang jahat terhadap diri kita (=seteru kita) maka apa yang Tuhan lakukan: 

1. Menimbun bara api diatas kepala 
    musuh kita 

Galatia 6:7-8a 
Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diriNya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya 

2. Tuhan membalas perbuatan baik kita 

Amsal 19:17 
Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan, yang akan membalas perbuatannya itu

Sekarang kita tahu bahwa Tuhan akan membela kita dan memberikan keadilan bila kita turuti nasehat dan perintahNya. 

Yakinlah bahwa kejahatan orang terhadap diri kita akan mendapatkan hukuman dari Tuhan dan kita justru akan mendapatkan berkatNya. 

Hendaklah kita tidak melawan kejahatan tetapi sebaliknya kita berbuat kebaikan. 

Roma 12:21 
Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! 

Pada saat kita menanggung derita oleh orang jahat maka percayalah Tuhan akan memberikan kekuatan kepada kita. 

Ulangan 32:36 
Sebab Tuhan akan memberi keadilan kepada umatNya, dan akan merasa sayang kepada hamba-hambaNya; apabila dilihatNya, bahwa kekuatan mereka sudah lenyap, dan baik hamba maupun orang merdeka sudah tiada. 

Dengan demikian, kita semakin tegar hati menghadapi segala rintangan, hambatan, yang sewaktu-waktu menghadang dalam hidup kita. 

Kita tidak lagi ketakutan menghadapi kejahatan sebab kita tahu Tuhan pasti memberikan kekuatan agar kita mampu menngalahkan kejahatan dengan kita berbuat banyak kebaikan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com