Jumat, 12 Juni 2020

KENDALIKAN DIRIMU












JUMAT, 12 JUNI 2020

1 RAJA 19:9,11-16 

Elia ditanya Tuhan, apa kerjamu disini? 
Saat itu Elia melarikan diri takut dibunuh orang setelah ia berhasil membunuh nabi Baal di gunung Karmel dan Tuhan lalu menyuruh Elia pergi mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram dan Yehu menjadi raja atas Israel. 

MAZMUR 27:7-9,13-14 

Dengarlah, Tuhan, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku! Hatiku mengikuti firmanMu: "Carilah wajahKu"; maka wajahMu kucari, ya Tuhan. 

MATIUS 5:27-32 

Pengajaran Yesus tentang berzinah dan tentang cerai karena zinah dan tentang memotong anggota tubuh menyesatkan. 

RENUNGAN 

Yesus memberikan pemahaman yang begitu mendalam tentang masalah zinah sebab banyak orang berpendapat zinah itu bila sudah berhubungan badan dengan lawan jenis. 

Matius 5:27-28 
Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. 

Memandang dan menginginkan wanita saja sudah termasuk berzinah dalam hati, lalu bagaimana bila sesama jenis, yakni sesama laki-laki (=homo) atau sesama perempuan (=lesbian) ? 

Dibagian lain Firman Tuhan menjelaskan hubungan abnormal seperti ini. 

Roma 1:26-27 
Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar. Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka. 

Akibat berzinah menghancurkan mahligai perkawinan menjadi berantakan sehingga tidak heran ada perceraian padahal perceraian itu dilarang Tuhan. 

Matius 5:32 
Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah. 

Maka dari itu hendaknya kendalikan diri kita; panca indera adalah pintu masuk keinginan berbuat dosa. 

Yesus dengan tegas mengatakan bahwa jika mata dan tangan menyesatkan maka cungkillah mata dan potong tangan

Matius 5:29 
Jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. 

Matius 5:30 
Jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. 

Tentunya bukan hanya mata dan tangan tetapi kaki, telinga, lidah/mulut, peraba juga harus kita kendalikan. 

Roma 3:13-15 
Kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga, lidah mereka merayu-rayu, bibir mereka mengandung bisa. Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah, kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah. 

Pertanyaannya adalah
Bagaimana cara mengendalikan panca indera kita agar tidak berbuat dosa? 

Tidak ada jalan lain kecuali mendekatkan diri pada Tuhan melalui doa dan Firman Tuhan setiap hari. 

Sudah sering dinasehati, hayo bangun relasi doa dan renungkan Firman Tuhan namun dicuekin, tidak peduli, masabodoh, bahkan meremehkan betapa pentingnya keintiman bersama Tuhan. 

Umat Katolik sebagian besar tidak peduli dengan Firman Tuhan; yach terima saja akibat menyelepekan Firman Tuhan. 

Amsal 13:13 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. 

Tahukah anda, Allah Roh Kudus biasanya berbicara kepada kita lewat FirmanNya; DIA mengingatkan kita akan ayat-ayat Firman Tuhan yang kita renungkan. 

Yohanes 14:26 
Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu

Roh Kudus mengajarkan artinya Firman Tuhan yang kita renungkan diajarkan oleh Roh Kudus sampai kita mengerti

Roh Kudus mengingatkan artinya melalui pengertian Firman Tuhan tadi, Roh Kudus ingatkan kembali di saat kita rencanakan sesuatu atau telah berbuat sesuatu; apakah itu berupa teguran, nasehat, atau peneguhan iman kita. 

Firman Tuhan inilah yang mendorong kita untuk kendalikan diri terhadap keinginan kedagingan kita yang sarat dengan hawa nafsu di dalam dirinya karena diberitahu hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tak boleh dilakukan. 

Doa mendorong kita mengalami Hadirat dan Urapan Tuhan sehingga kita dapat melihat Tuhan dengan mata rohani. 

Anda harus sadari kegunaan doa dan Firman Tuhan supaya menanggapinya dengan serius karena ini sangat penting menuntun kita untuk melangkah dalam kehidupan ini, khususnya jalan hidup kita sehingga kita mampu mengendalikan diri 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com