Kamis, 25 Juni 2020

MELAKUKAN FIRMAN TUHAN









KAMIS,  25 JUNI 2020

2 RAJA 24:8-17 

Yoyakhin hanya memerintah tiga bulan tetapi nerbuat sangat jahat di mata Tuhan karena menyerahkan pembendaharaan rumah Tuhan dan dari istana Salomo kepada raja Babel Nebukadnezar dan akhirnya menaklukkan bangsa Israel. 

MAZMUR 79:1-5,8-9 

Janganlah perhitungkan kepada kami kesalahan nenek moyang kami; kiranya rahmatMu segera menyongsong kami, sebab sudah sangat lemah kami. Tolonglah kami, ya Allah penyelamat kami, demi kemuliaan namaMu! Lepaskanlah kami dan ampunilah dosa kami oleh karena namaMu! 

MATIUS 7:21-29 

Orang yang mendengar dan melakukan Sabda Tuhan dikhendaki Bapa di Surga dan ia seperti orang bijaksana yang mendirikan bangunan diatas batu. 

RENUNGAN 

Ada orang yang sengaja tidak melakukan Firman Tuhan yang diketahuinya karena ia tidak menerima kebenaran Firman Tuhan yang menurutnya berbeda dengan yang diyakininya sebagai kebenaran. 

Misalnya
Matius 5:39 
Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 

Menurutnya tidak benar ini Firman Tuhan sebab membuat orang jahat makin jahat dan lagipula tidak ada seorangpun bisa berbuat seperti Firman Tuhan katakan. 

Memang tipe orang seperti ini terbiasa mengandalkan pikiran dan pendapatnya sendiri bahkan mengklaim sebagai suatu kebenaran menurut yang diyakininya. 

Padahal Firman Tuhan mengatakan
Amsal 3:5-7a 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan Tuhan. 

Semakin pintar IQ seseorang dan terbukti sukses dalam karier dan bisnis sehingga menjadi terkenal dan dihormati banyak orang maka orang ini semakin meyakini pemikiran dan pendapatnya sendiri. 

Tidak heran bila ia mengkritisi kebenaran Firman Tuhan menurut pendapatnya dan tanpa disadarinya mulai meremehkan Firman Tuhan sehingga tak lagi menjadi pegangan dan pedoman hidupnya. 

Salomo terkenal dan dipuji banyak orang sebagai seorang yang paling berhikmat, karena merasa kehebatan dirinya mulai meremehkan Firman Tuhan sehingga ia pikir tidak ada salahnya mendirikan meja pemujaan dewa-dewi padahal dilarang oleh Tuhan Allah. 

Di jaman sekarang ini banyak bersikap seperti Salomo yang beranggapan yang dipikirkannya adalah suatu kebenaran dan yakin Tuhan memakluminya. 

Dosa tidak lagi dianggap dosa menurut apa yang diyakini seseorang bahwa hal itu bukan dosa tetapi suatu kesalahan atau kekeliruan biasa. 

Berbohong asalkan demi kebaikan maka itu bukan dosa, menurut pendapatnya atau istilahnya bohong putih. 

Mana ada berbohong untuk kebaikan sebab ia berbohong untuk kepentingan diri sendiri tetapi merugikan orang lain. 

Padahal sangat jelas Firman Tuhan mengatakan bahwa

1 Yohanes 3:4 
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 

Imamat 19:11b 
Janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdusta seorang kepada sesamanya

Melakukan Firman Tuhan tidak boleh asal pilih yang kita sukai tetapi menolak yang tidak kita sukai. 

2 Timotius 4:3-4 
Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. 

Banyak orang mengatakan Firman Tuhan itu sulit dilakukan padahal sesungguhnya Firman Tuhan itu mudah dimengerti dan dapat kita lakukan dengan iman teguh. 

Ulangan 30:14 
Firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan. 

Ulangan 30:11 
Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh. 

Kunci utama melakukan Firman Tuhan adalah sikap hati kita mengasihi Tuhan karena kita telah menerima KasihNya terlebih dahulu. 

Tanpa kasih maka kita melakukan Firman Tuhan karena

Pertama 
Takut dihukum jika kita tidak melakukan FirmanNya

Kedua 
Ada tujuan supaya diberi BerkatNya bila melakukan FirmanNya

Ketiga 
Tidak mengenal Firman Tuhan dengan benar karena jarang membaca dan jarang merenungkanNya dan akibatnya salah mengerti apa yang dimaksud FirmanNya 

Semoga kita semakin intim bergaul karib dengan Firman Tuhan dan melakukanNya dengan hati yang mengasihi Tuhan. 

Matius 7:24-25 
Setiap orang yang mendengar perkataanKu ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. 

Jangan sampai motivasi dan tujuan kita lakukan Firman Tuham demi kepentingan sendiri dan mengklaim telah menuruti perintahNya tetapi Bapa di Surga tidak berkenan segala hal yang kita lakukan. 

Matius 7:21
Bukan setiap orang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu di sorga


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com