Selasa, 23 Juni 2020

JANGAN KAMU MENGHAKIMI










SENIN,  22 JUNI 2020

2 RAJA 17:5-8,13-15a 

Orang-orang Israel berdosa kepada Tuhan yang telah diperingatkan melalui nabi2 namun mereka tidak mau mendengarkan malahan menegakkan tengkuknya dan akhirnya bangsa Asyur menaklukan Israel dan orang-orang Israel dibuang ke Asyur. 

MAZMUR 60:3-5,12-13 

Ya Allah, Engkau telah membuang kami, menembus pertahanan kami; Engkau telah murka; pulihkanlah kami! Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia. Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita. 

MATIUS 7:1-5 

Yesus mengatakan jangan menghakimi orang lain bila diri sendiri tidak lebih baik dari orang yang dihakimi. 

RENUNGAN 

Apa beda menghakimi, mengkritik, dan menasehati? 

Menasehati tujuannya memberi masukan informasi dan petunjuk pada seseorang. 

Mengkritik tujuannya memberi tahu ada kekeliruan/kesalahan suatu tindakan atau perbuatan seseorang. 

Menghakimi tujuannya menjatuhkan hukuman atau penilaian atas perbuatan seseorang. 

Yesus tidak menghendaki adanya suatu penghakiman dilakukan seseorang pada orang lain dan Yesus katakan munafik kepada orang yang menghakimi. 

Matius 7:5 
Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu. 

Mengapa demikian? 

Dikatakan munafik sebab menghakimi orang lain untuk sesuatu hal yang dia sendiri juga melakukannya. 

Memang kenyataannya demikian; sering terjadi kemunafikan dalam penghakiman disebabkan memanfaatkan kekuasaan, kekayaan, koneksi relasi, populeritas. 

Sesungguhnya penghakiman adalah HAK TUHAN maka kita tak boleh menghakimi orang lain; apalagi menghakimi menurut pikiran dan pendapat diri sendiri 

Ibrani 10:30 
Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hakKu. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umatNya." 

Seperti terjadi pada bangsa Israel yang dihakimi Tuhan karena kedegilan dan kemurtadan mereka terhadap Tuhan Allah dimana mereka berpaling pada berhala. 

Kita manusia akan dihakimi Tuhan pada akhir jaman berdasarkan perbuatan yang kita lakukan selama hidup di dunia ini. 

Lalu ada yang bertanya: 
Mengapa ada badan hukum dan peradilan yang mengadili perbuatan seseorang? 

Tuhan ijinkan ada badan/lembaga yang mengadili untuk menginsafkan orang dari perbuatan sebelum pengadilan terakhir di akhir jaman. 

1 Petrus 2:13-15 
Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh. 

Semoga kita menyadari bahwa kita tidak boleh menghakimi orang lain dan bila ada yang bersalah kepada kita maka yang kita lakukan adalah menegurnya, menasehati, dan mengkritik perbuatannya tetapi kita tidak menghakiminya. 

Matius 18:15 
Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. 
Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com