Rabu, 21 Oktober 2020

BERJAGA-JAGALAH (BAGIAN-2)





RABU, 21 OKTOBER 2020
 
EFESUS 3:2-12 
 
Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasaNya. 
 
Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepadaNya. 
 
YESAYA 12:2-6 
 
Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab Tuhan Allah itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. 
 
Bermazmurlah bagi Tuhan, sebab perbuatanNya mulia; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi! 
 
LUKAS 12:39-48 
 
Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan. 
 
Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. 
 
RENUNGAN 
 
Bagian kedua dari perikop kewaspadaan ini, Yesus menekankan pada kesetiaan hamba-hamba melaksanakan tugas yang diberikan tuannya. 
 
Lukas 12:42 
Jawab Tuhan: "Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya? 
 
Kita tidak hanya berjaga-jaga pada diri kita sendiri tetapi juga berjaga-jaga pada suatu saat diminta pertanggung-jawaban atas tugas pewartaan dan pelayanan yang dilimpahkan kepada kita masing2. 
 
Jika tugas tersebut tidak dilaksanakan dengan baik maka akan menerima akibat yakni dihukum oleh Tuhan. 
 
Lukas 12:47 
Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. 
 
Ini serupa dengan perumpamaan tentang anak sulung tidak mengerjakan tugasnya sedangkan si bungsu semula tidak mau tetapi akhirnya ia kerjakan tugasnya. 
(baca Matius 21:28-32). 
 
Banyak orang bersemangat melayani dan mewartakan Injil tetapi ditengah jalan ia mundur, tidak menyelesaikan tugasnya dengan berbagai alasan. 
 
Ingatlah Yesus memperingatkan bahwa
Lukas 12:48b 
Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut. 
 
Kita yang telah menerima karunia Tuhan tetapi disia-siakan karena tidak bersedia terlibat dalam pelayanan atau pewartaan maka dituntut pertanggung-jawaban  oleh Tuhan dan menerima hukuman Tuhan. 
 
Tuhan memang Maha Pengasih tetapi Tuhan juga Hakim Agung yang adil. 
 
Seringkali banyak orang memanfaatkan Kasih Tuhan untuk kepentingan sendiri sehingga melalaikan tugas & kewajiban yang Tuhan limpahkan pada kita. 
 
Hendaknya kita waspadai dan menjaga diri senantiasa agar jangan sampai mengabaikan tugas dan tanggung-jawab kita dihadapan Tuhan. 
 
Lukas 12:43 
Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com