Jumat, 23 Oktober 2020

KEBENARAN TUHAN






JUMAT, 23 OKTOBER 2020
 
EFESUS 4:1-6 
 
Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu. 
 
Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera. 
 
MAZMUR 24:1-6 
 
"Siapakah yang boleh naik ke atas gunung Tuhan? Siapakah yang boleh berdiri di tempatNya yang kudus?" " 
 
Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. 
 
Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia. 
 
LUKAS 12:54-59 
 
Yesus mengingatkan orang munafik agar mereka hidup di dalam kebenaran Tuhan meskipun mereka orang pandai yang bisa menilai zaman. 
 
RENUNGAN 
 
Di dunia ini banyak orang pandai, pintar, bahkan super genius dalam hal segala bidang pengetahuan dunia. 
 
Kecanggihan tehnologi merupakan hasil dari kepintaran dan kejeniusan orang yang menciptakan sarana dan fasilitas yang memudahkan kelangsungan hidup. 
 
Namun sayangnya kejeniusan seringkali disalahgunakan untuk memuaskan hawa nafsu kepentingan pribadi sehingga akan menimbulkan pertentangan, perselisihan, hingga saling menikam atau membunuh. 
 
Istilahnya bisa terjadi perang bintang diantara negara yang tehnologinya maju sedang dalam scope kecil dampaknya menimbulkan kerusuhan, malapetaka merugikan banyak orang. 
 
Gambaran situasi sekarang ini mengulang situasi di masa-masa sebelumnya bahkan sejak jaman dahulu kala saat menara Babel dihancurkan Allah karena manusia saking pintarnya mendirikan bangunan pencakar langit tetapi mengabaikan Allah (Kejadian 11:1-9). 
 
Di jaman Yesus juga terjadi demikian dan hal ini terlihat dalam bacaan Injil hari ini. 
 
Lukas 12:54-55 
Yesus berkata pula kepada orang banyak: Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. 
 
Kepada orang munafik, Yesus katakan mereka pandai menilai rupa bumi dan langit tetapi tidak hidup dalam kebenaran Tuhan. 
 
Lukas 12:56-57 
Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar? 
 
Demikian pula situasi dunia saat ini yang buanyak orang pintar tetapi perilakunya dan sikap hidupnya menuruti cara dunia, meremehkan dan mengabaikan hidup di dalam kebenaran Tuhan. 
 
Barangsiapa meremehkan dan abaikan Firman Tuhan yang merupakan kebenaran Tuhan secara tertulis di Alkitab maka hidupnya menjauh dari Tuhan sehingga keselamatan menuju kehidupan kekal menjadi sirna. 
 
Amsal 13:13 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. 
 
Seharusnya Firman Tuhan sebagai jalan menuju keselamatan abadi bila bersedia mengikuti jalan keselamatan yang telah ditunjukkan Yesus. 
 
Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 
 
Mazmur 119:105 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 
 
Biarkanlah diri kita dikuasai oleh Firman Tuhan yang menuntun jalan hidup kita. 
 
Yosua 1:8 
Janganlah engkau lupa memperkatakan "kitab Taurat" (="Firman Tuhan") ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com