Jumat, 09 Oktober 2020

KUASA ALLAH

 






JUMAT, 9 OKTOBER 2020
 
GALATIA 3:7-14 
 
Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. 
 
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" 
 
MAZMUR 111:1-6 
 
Perbuatan-perbuatanNya yang ajaib dijadikanNya peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang. DiberikanNya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjianNya. 
 
LUKAS 11:15-26  
 
Jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai beraikan. 
 
RENUNGAN 
 
Banyak orang mengatakan setan atau iblis adalah seteru Allah, benarkah? 
 
Kita mesti mengacu pada kitabsuci yang menerangkan bahwa iblis/setan semula adalah malaikat yang memberontak pada Allah karena ingin menjadi Allah. 
 
Yesaya 14:13-15 
Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur. 
 
Wahyu 12:7-9 
Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. 
 
Iblis/setan itu malaikat yang diciptakan Allah, seperti kita manusia berarti iblis/setan bukanlah lawan Allah melainkan lawan/musuh kita manusia. 
 
Wahyu 12:13,17 
Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu. Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus. 
 
ALLAH ITU MAHA KUASA !!! 
Tidak mungkin iblis/setan melawan Allah karena salahsatu ciptaan Allah. 
Iblis/setan harus seijin Allah untuk cobai manusia, dan hal ini kita ketahui dari: 
 
Ayub 1:12 
Firman Tuhan kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan Tuhan. 
 
Oleh sebab itu dalam bacaan Injil hari ini Yesus menjelaskan bahwa IA mengusir setan dengan kuasa Allah, bukan dengan kuasa penghulu setan atau Beelzebul. 
 
Lukas 11:15,20 
Tetapi ada di antara mereka yang berkata: "Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan." Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. 
 
JADI 
 
Sekarang kita tahu musuh kita adalah iblis atau setan dan kita diberi kuasa Allah untuk mengalahkan iblis/setan. 
 
Efesus 6:12 
karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. 
 
Markus 16:17a 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu... 
 
Kita tidak usah takut, lawan saja iblis atau setan sebab kuasa Allah beserta kita jika tunduk kepada Allah. 
 
Yakobus 4:7 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 
 
Namun memang kenyataannya manusia banyak yang takut dengan iblis/setan karena akibat dosa. 
 
Terkadang justru berteman dengan iblis atau setan melakukan tindakan kejahatan dan seringkali terpedaya oleh dusta iblis. 
 
Yohanes 8:44 
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta 
 
Semoga kita tidak memberontak kepada Allah akibat dosa karena kita menuruti keinginan daging yang ditawarkan iblis atau setan lewat hal-hal dari duniawi. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com