Jumat, 30 Oktober 2020

TEKUN MEMAHAMI KEBENARAN






JUMAT, 30 OKTOBER 2020
 
FILIPI 1:1-11
 
Doa Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi agar mereka semakin berpengetahuan tentang kebenaran Tuhan dan melakukan pekerjaan sesuai kebenaran Tuhan. 
 
MAZMUR 111:1-6 
 
Perbuatan-perbuatanNya yang ajaib dijadikanNya peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang. DiberikanNya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjianNya. 
 
LUKAS 14:1-6
 
Yesus sembuhkan orang sakit busung lapar pada hari sabat disaksikan oleh orang-orang Farisi. 
 
RENUNGAN 
 
Kembali kita saksikan kedegilan orang Farisi yang terus menerus menyerang Yesus dengan mempersoalkan ketentuan hari sabat padahal mereka sendiri juga melanggarnya. 
 
Kali ini saat Yesus menyembuhkan orang sakit busung lapar pada hari sabat dan Yesus menjelaskan mengapa melakukan penyembuhan di hari sabat. 
 
Lukas 14:4-5 
Mereka itu diam semuanya. Lalu Yesus memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi. Kemudian Yesus berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?" 
 
Kita harus memahami maksud kebenaran Firman Tuhan secara mendalam supaya tidak sekedar pengetahuan saja tetapi sampai kedalaman hati kita. 
 
Ada sebagian yang hafal ayat-ayat Firman Tuhan tetapi tidak melakukan Firman yang dia ketahui karena tidak meresap sampai kedalaman hatinya. 
 
Ahli Taurat dan orang Farisi hafal ayat dan peraturan hukum Taurat tetapi sebatas pengetahuan saja sehingga berulangkali Yesus mengingatkan hal ini namun tidak digubris oleh mereka. 
 
Rasul Paulus menasehati jemaat Filipi agar mereka memahami kebenaran Allah dengan sungguh-sungguh sehingga bisa membedakan manakah yang terbaik dan menghasilkan kebenaran. 
 
Filipi 1:9-11 
Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah. 
 
Kebenaran Firman Tuhan adalah satu kesatuan, pengetahuan dan perbuatan. 
 
Yakobus 1:25 
Barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya. 
 
Semoga kita semakin memahami karena ketekunan kita mendalami kebenaran Firman Tuhan sehingga mendorong kita berbuat sesuai kebenaran Firman Tuhan. 
 
Yosua 1:8 
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com