Jumat, 16 Oktober 2020

BERSIKAP TERBUKA DIHADAPAN TUHAN






JUMAT, 16 OKTOBER 2020
 
EFESUS 1:11-14 
 
Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikanNya itu. 
 
Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaanNya. 
 
MAZMUR 98:1-6 
 
Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang dari padaNya, telah menyatakan keadilanNya di depan mata bangsa-bangsa. Ia mengingat kasih setia dan kesetiaanNya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita. 
 
LUKAS 12:1-7 
 
Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabatKu, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. 
 
Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! 
 
RENUNGAN 
 
Injil Lukas hari ini, Yesus memberi pengajaran khusus kepada murid2nya
bahwa janganlah takut kepada orang yang dapat membunuh tubuh tetapi tidak dapat melemparkan ke neraka seperti yang dilakukan kuasa Allah. 
(Pasal 12 ayat 4 dan 5) 
 
Selain itu, Yesus mengatakan : 
Tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. (ayat 2). 
 
Ada dua bagian penting yang Yesus ajarkan secara khusus kepada murid : 
 
BERSIKAPLAH TERBUKA PADA TUHAN 
 
Dihadapan Tuhan, tidak bisa menutupi segala sesuatu sebab Tuhan Maha Tahu. 
 
Mazmur 139:7 
Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 
 
Kenyataannya masih ada orang yang berpikir dapat mengelabui Tuhan?
misal : koruptor, penjahat kra putih. mereka dengan rakusnya meraup kekayaan dengan cara tidak halal, lalu memberi sumbangan dana dan mengira sudah berbuat kebaikan untuk menutupi perbuatan dosanya!! 
 
Juga masih ada orang yang sudah berkeluarga berani selingkuh atau berzinah, kemudian mengikuti misa ekaristi di hari minggu, menyambut hosti kudus dan dikiranya dapat menghapus perbuatan dosanya. 
 
Masih banyak perbuatan lain yang tidak diketahui orang lain kecuali dia sendiri dan Tuhan yang tahu kalau ia berbohong, bersaksi dusta, menipu dan menganggap Tuhan tidak tahu atau setidaknya merasa Tuhan mau mengerti dan sepertinya mengijinkan dia berbuat begitu. 
 
Sekarang ini, dosa dianggap sebagai kesalahan atau kekeliruan dan bukan sebagai pelanggaran atau melawan kehendak Tuhan;istilahnya cuma salah prosedur dan pasti Tuhan maklumin deh. 
 
TAKUTLAH KEPADA TUHAN 
 
Lukas 12:5 
Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! 
 
Rupanya sejak jaman Yesus, orang lebih takut kepada pembunuh sebab kepada Yesus, mereka tidak takut. 
 
Bagaimana kenyataannya sekarang ini
ternyata sama juga umumnya tidak takut kepada Tuhan ! 
Itu kenyataan tak bisa dipungkiri.
dengan berbagai alasan, misalnya : 
 
Menganggap Tuhan itu maha baik yang selalu memaafkan, mengampuni yang penting percaya kepada Tuhan maka segala perbuatan dosa pasti diampuni. 
 
Ada yang berpandangan bahwa meskipun saat kita wafat, belum sempat mengaku dosa maka BAPA pasti mengampuni, dengan alasan bahwa : 
 
Pertama 
Bapa duniawi saja pasti mengampuni kesalahan anaknya karena sayang kepada anaknya, apalagi Bapa Surgawi yang pasti sayang kepada kita sebagai anakNya seperti perumpamaan anak yang hilang dimana si bungsu diampuni Bapa meski sudah hancur-hancuran dan hidupnya kacau berantakan. 
 
Kedua 
Dengan beriman kepada Yesus maka kita tidak perlu takut karena pasti dibela BAPA karena kita ini anakNya dan pasti kita diampuni serta tidak akan diserahkan kepada Iblis (=neraka) sebab Iblis itu musuh Allah. 
 
Mereka mengutip ayat dari
Yohanes 10:18a 
Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. 
 
mereka lupa pada kitab Yakobus yang mengatakan Iman tanpa perbuatan adalah mati (pasal 3 ayat 26). 
 
SEHARUSNYA KITA LAKUKAN 
 
Pertama 
Tinggalkan sikap menutupi kesalahan maupun dosa tetapi hendaknya bersikap terbuka dan apa adanya. 
 
Matius 5:37 
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat 
 
Kedua 
Takut kepada Tuhan merupakan cara yang efektif untuk menjaga sikap kita menghargai kedaulatan Tuhan atas diri kita sebagai ciptaanNya. 
 
Pengkhotbah 12:13-14 
Takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya,karena ini adalah kewajiban setiap orang. sebab Allah akan membawa setiap perbuatan kepengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yg tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat. 
 
JADI 
 
Hendaknya bersikap terbuka dihadapan Tuhan dan percayakan hidup kita pada Tuhan supaya dituntun olehNya hingga sampai kepada kehidupan kekal di Surga 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com