Sabtu, 10 Oktober 2020

MENDENGARKAN DAN MEMELIHARA FIRMAN ALLAH






SABTU, 10 OKTOBER 2020
 
GALATIA 3:22-29 
 
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. 
 
MAZMUR 105:2-7 
 
Carilah Tuhan dan kekuatanNya, carilah wajahNya selalu! Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukanNya, mujizat-mujizatNya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkanNya 
 
LUKAS 11:27-28   
 
Yesus mengatakan bahwa berbahagialah bagi orang yyang mendengarkan Firman Allah dan yang memeliharanya. 
 
RENUNGAN 
 
Bacaan Injil hari ini singkat hanya dua ayat saja tetapi sangat berguna bagi kita sebab Yesus katakan kita berbahagia jika mendengarkan dan memelihara firman Allah, wow...luarbiasa. 
 
Bertolakbelakang dengan cara dunia untuk menemukan kebahagiaan melalui memiliki harta dunia sehingga banyak orang siang-malam cari duit untuk dapat uang, prestasi, kuasa, jabatan, dsbnya. 
 
Banyak orang tidak tahu akan kebenaran Firman Tuhan yang Yesus katakan tadi sehingga mereka mengabaikan Firman Tuhan (=tidak membaca Firman Tuhan) padahal disitulah ada kebahagiaan. 
 
Lukas 11:28 
Yesus berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya." 
 
Mengapa demikian? 
 
Jawabannya sederhana saja. 
 
2 Timotius 3:16 
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran
 
Segala tulisan yang diilhamkan Allah adalah Firman Allah yang ditulis di Alkitab atau di Kitabsuci. 
 
Ada yang ngeyel mempertanyakan tulisan di kitabsuci itu adalah rekayasa penulis, bahkan katanya itu imajinasi penulis. 
 
Silahkan saja menentukan pilihan; apakah mau membaca atau tidak membaca Firman Allah? juga setelah membaca, tentukan pilihan, apakah mau melakukan atau tidak melakukan Firman Allah? 
 
Allah memberikan kebebasan dan tidak memaksa kepada manusia namun Allah memberikan petunjuk bahwa ada jalan menuju keselamatan dan kebahagiaan abadi kekal selamanya. 
 
Firman Allah ditulis di Kitabsuci untuk menjelaskan tentang Allah dan petunjuk bagi yang membacaNya tentang jalan keselamatan dan kebahagiaan tersebut. 
 
Dan hari ini Yesus menasehati kita agar mendengarkan dan memelihara Firman Allah berarti bukan hanya mendengar atau membaca Firman Allah tetapi juga memeliharaNya atau melakukan Firman. 
 
Salahsatu contoh prinsip kebenaran dunia berbeda dan bertolak-belakang dengan Firman Allah, misalnya: 
 
Dalam hal memberi
Orang dunia jika memberi mengharapkan pemberiannya dipuji orang lain, atau ada tujuan tertentu (=take n give),  jarang sekali memberi dengan tulus hati dan tidak mengharapkan pujian sekalipun. 
 
Firman Tuhan mengajarkan kepada kita dalam hal memberi. 
 
Matius 6:3-4 
Jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. 
Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 
 
Semoga mendengarkan dan memelihara Firman Allah kita lakukan setiap hari agar hidup kita dituntun olehNya hingga suatu saat nanti kita sampai pada kebahagiaan abadi selamanya. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com