Minggu, 03 Januari 2016

ANTI KRISTUS




Sabtu, 2 Januari 2016 

di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari padaNya ... 
demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. 
                                                            (1 Yohanes 2:27) 

Baru saja memasuki hari kedua di tahun 2016, kita umat Katolik diingatkan agar senantiasa hidup di dalam Kristus. 

Sikap hidup hedonisme menggurita menguasai kehidupan manusia modern yang mengejar kenikmatan duniawi sebagai tujuan hidupnya. 

Kita saksikan bagaimana meriahnya perayaan count-down menjelang detik detik pergantian tahun baru; hampir seluruh dunia diadakan pesta kembang api yang menghabiskan milyaran rupiah atau jutaan dollar hanya dalam waktu berkisar 30 menit saja. 

Banyak orang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah merayakan tahun baru; ada yang keluar negeri, menginap di hotel berbintang, makan-minum yang harganya berlipat-ganda demi kesenangan jiwa sesaat dan tidak sedikit yang dengan sadar justru melakukan perbuatan dosa yang mengumbar hawa nafsu... 

Fenomena ini setiap tahun bergulir menjadi tradisi manusia dan aneh bin ajaib manusia berdoa kepada Tuhan memohon Berkat berlimpah buat dirinya sendiri; syukur bila ada yang masih teringat mendoakan orang lain yang miskin, sakit, dan menderita kelaparan. 

Lihat saja di media Facebook atau Twitter dan media lainnya, mereka yang akan posting photo-photo untuk menunjukkan kemana mereka pergi wisata, apa yang mereka makan, pesta yang mereka hadiri. 

Kebanyakan orang justru hidupnya tak tahu apakah esok ada makanan atau yang sakit, tak tahu darimana biaya untuk membeli obat. 
sedangkan sebagian orang sedang berpesta-pora dan tertawa gembira. 

Coba tanyakan kepada mereka yang gaya hidupnya hedonisme; apakah mereka rela memberi bantuan kepada orang lain yang sedang menderita kelaparan, sakit, miskin dari separuh saja biaya hiburan tahun baru yang dihabiskan untuk memuaskan : 
* keinginan kedagingan 
* keinginan mata  
* keangkuhan hidup 
(1Yohanes 2:16

Ketika diminta bantuan sumbangan biasanya teramat sangat minim; kagak percaya yach ? 
hayo dilihat berapa sumbangan buat kas lingkungan yang diedarkan setiap bulan; terutama bagi orang kaya yang habiskan uang buat kesenangan pribadi jutaan rupiah dengan enteng dikeluarkan!! 

misalnya : 
mau adakan ulangtahun wilayah memerlukan dana dan minta ke umat di wilayah tersebut; 
bagian seksi dana mesti kerja keras mengetuk pintu umatnya dan dengan ramah membujuk umat agar menyumbang dalam jumlah besar untuk biaya ultah wilayah. 

Hendaklah hidup penuh kesadaran dan jauhilah sikap hidup hedonisme sebab dunia memang menawarkan berbagai kesenangan dengan tujuan agar orang beriman mencintai dunia dan lupa diri bahwa hidup sesungguhnya bukan di dunia ini melainkan di rumah BAPA. 

Lukas 21:34 
Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. 

Gaya hidup hedonisme adalah salahsatu bentuk anti Kristus yang justru dilakukan oleh orang beriman kepada Kristus. 

1 Yohanes 2:19 
Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita. 

Anti Kristus adalah orang yang hidupnya bertentangan dengan Kebenaran Kristus dan menjadi seteru Kristus. 

seseorang disebut anti Kristus bila : 
1) tidak percaya kepada Kristus 
2) percaya kepada Kristus tetapi jalani 
     hidup sehari-hari tidak berdasarkan 
     pada Kebenaran Kristus melainkan 
     kebenaran diri sendiri yang tunduk 
     pada kebenaran dunia. 

menyedihkan sekali jika orang Katolik menjalani hidup menurut cara dunia, misal : menyogok petugas/pejabat agar bisnisnya lancar, bicara rohani bahkan terlibat aktif pelayanan gereja tetapi terselip motivasi mencari keuntungan diri sendiri dan sebagainya. 

Filipi 3:18-19 
seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus. Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi. 

Saudara/i dalam Yesus Kristus, 

Tahun baru ini sudah sepatutnya kita memperbaharui seluruh hidup kita; mulailah dari pembaharuan pikiran kita yang seringkali membentuk konsep dan prinsip kebenaran yang bertentangan dengan Pikiran dan Kehendak Tuhan. 

jangan sampai konsep pikiran lama membentuk koloni dan menjadi adat istiadat atau prinsip hidup jauh dari kebenaran Tuhan melainkan hendaknya tunduk kepada Kebenaran Tuhan. 

2 Korintus 10:5 
Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus. 

Setelah pikiran kita tunduk kepada Kristus maka hendaknya pembaharuan hati kita lakukan yaitu hati yang dipenuhi oleh belas kasihan, bermurah hati, lemah lembut dan rendah hati seperti Kristus. 

Matius 11:19b 
...belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 

dengan demikian niscaya terjadi pula pembaharuan perbuatan kita yang didorong oleh pembaharuan pikiran dan pembaharuan hati maka kasih itu akan mengalir keluar dari dalam hati kita. 

1 Yohanes 3:17-18 
Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? Anak-anakku, 
marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran

Semoga kita umat beriman kepada Kristus Yesus semakin hidup di dalam DIA dan bukan menjadi seteru Kristus yang anti Kristus. 

Kolose 2:6-8 
Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. 

REFLEKSI DIRI 

Sudahkah pembaharuan pikiran, hati, perbuatan kasih terjadi dibdalam diriku? 
aku bukanlah seteru Kristus yang anti Kristus sebab aku menjalani hidup di dalam Kebenaran Kristus. Amin. 

Salam Kasih, 
Surya Darma 

===================== ☆☆☆ =====================

Kalender Liturgi Katolik 
PW St. Basilius Agung & Gregorius dari Nazianze 
Warna Liturgi : Putih 

1 Yohanes 2:22-28 
Mazmur 98:1-4 
Yohanes 1:19-28 
BcO : Kidung 4:1-5:1 

===================== ☆☆☆ =====================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com