Sabtu, 09 Januari 2016

MULIAKAN TUHAN DALAM HIDUPMU







Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. 
                 (Yohanes 3:30)  

Masyarakat saat ini membutuhkan sosok pemimpin yang bekerja keras untuk membangun negara menjadi lebih sejahtera, damai, makmur dan aman. 

Tidak mudah mendapatkan seorang pemimpin yang memperjuangkan aspirasi rakyat sebab dibutuhkan suatu integeritas, kejujuran, dan kesetiaan. 

Tidak hanya menyangkut masalah pemerintahan saja tetapi di bidang rohani juga membutuhkan seorang pemimpin yang track record kerohanian terbukti menjadi teladan melalui sikap dan perbuatannya yang mencerminkan seorang yang rendah hati melayani umat dengan ketulusan hati. 

Yohanes Pembaptis adalah contoh teladan yang mengerjakan tugas sebagai utusan Tuhan mempersiapkan jalan bagi Yesus dalam karya penyelamatanNya. 

Yohanea 3:28 
Kamu sendiri dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah berkata: Aku bukan Mesias, tetapi aku diutus untuk mendahuluiNya

Yohanes Pembaptis memberikan kesaksian tentang Yesus; segala yang diberitakannya dan yang dilakukannya adalah semata-mata hanya Yesus dan tidak sedikitpun untuk kepentingan diri sendiri, bahkan murid-muridnya ia serahkan kepada Yesus. 

Yohanes Pembaptis sungguh memuliakan Allah di dalam hidupnya dan tak secuilpun ia mencuri Kemuliaan Allah untuk membesarkan namanya dan itu tercermin dari kesaksian hidupnya dan lewat perkataan dan perbuatannya. 

Yohanes 3:30 
Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. 

Bagainana dengan kita? 

Semoga semua orang beriman yang terlibat dalam tugas pelayanan dan tugas perutusan bersikap seperti Yohanes Pembaptis yang bergembira telah melakukan tugas perutusannya. 

Yohanes 3:29 
Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh

Tuhan itu Maha Tahu segalanya maka dari itu please deh ... buang jauh-jauh keinginan untuk mencari popularitas dalam menjalankan tugas perutusan ataupun tugas pelayanan di paroki dan di wilayah/lingkungan, komunitas rohani, atau dimana saja yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan rohani. 

Ingat pesan Yesus di Injil Lukas 17:7-10 dalam perikop tentang tuan dan hamba 

Lukas 17:10 
Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan. 

Kita mesti tahu diri, siapakah kita ini? 
keberhasilan dan kesuksesan dalam tugas pelayanan/perutusan bila banyak orang bertobat, mengikuti Yesus dalam sangkuli (sangkal diri pikul salib ikut Yesus) dengan taat sampai mati. 

Yeremia 9:24 
tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: 
bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah Tuhan yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman Tuhan. 

Yohanes  Pembaptis mengerti betul kebenaran ini maka ia memuliakan Allah di dalam dirinya dan mengatakan : Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. 

Dalan hal apa saja dapat memuliakan Allah di dalam kehidupan kita, misalnya: 

1) Kita melayani dan bukan dilayani 
2) Miliki sikap kerendahan hati 
3) Layanilah dengan kerelaan hati 
4) Berbuatlah kebaikan didasari kasih 
5) Bersyukurlah dalam segala hal 

REFLEKSI DIRI 

Sudahkah aku memuliakan Tuhan di dalam segala aspek kehidupanku? 
dan apakah aku sidah mewujudkannya di dalam perbuatan kasih? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa 
Warna Liturgi : Putih 

1 Yohanes 5:14-21 
Mazmur 149:1-6,9b 
Yohanes 3:22-30 
BcO : Barukh 4:30-5:9 

============= ☆☆☆ =============


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com