Senin, 04 Januari 2016

ROH TUHAN MENGUASAI DUNIA












Senin, 4 Januari 2016 

Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.  (1 Yohanes 4:4b) 

Hidup di dunia ini banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi oleh setiap orang; apakah orang beriman kepada Yesus ataukah yang belum. 

Khususnya bagi kita yang beriman kepada Yesus Kristus, apa yang harus kita lakukan dan bagaimana caranya menghadapi tantangan; entah ujian iman atau pencobaan dari dunia? 

Seharusnya di tahun 2016 ini kita sudah belajar dari pengalaman tahun 2015 dan tahun-tahun sebelumnya, terutama pada bagian yang menyebabkan kita jatuh tersungkur mengalami "kekalahan" melawan duniawi yang menggoda hati dan pikiran sehingga menuruti segala keinginan kedagingan kita. 

Tahun 2016 ini kita perbaharui semua dari segala aspek kehidupan kita dan iman kepercayaan kita kepada Tuhan Allah ditingkatkan lebih dalam lagi. 

Kita tidak boleh takut dan gentar hadapi apapun yang mencoba menghalangi langkah iman kita melakukan perbuatan yang berkenan bagi Tuhan. 

Firman Tuhan membentengi hidup kita agar menjadi kokoh dan sanggup atasi segala siasat Iblis yang sejak dahulu kala tidak pernah berubah namun begitu merusak sendi-sendi kehidupan manusia di dunia ini. 

Sekarang kita lebih yakin bahwa dalam diri kita Roh Allah berkuasa atas hidup kita dan sanggup menyingkapkan segala kegelapan yang menguasai hati dan pikiran manusia. 

Lukas 11:36 
Jika seluruh tubuhmu terang dan tidak ada bagian yang gelap, maka seluruhnya akan terang, sama seperti apabila pelita menerangi engkau dengan cahayanya. 

Apa yang mesti kita waspadai

1a) Mata jasmani 

Matamu adalah pelita tubuhmu. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan (Lukas 11:34-35). 

1b) Telinga jasmani 

Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. Tuhan Allah telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang (Yesaya 50:4b-5) 

1c) Lidah jasmani 

Tuhan Allah telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu (Yesaya 50:4a). 

2) Keinginan kedagingan 

Tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut (Yakobus 1:14-15). 

3) Tubuh jasmani 

Hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. 
janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran 
(Roma 6:12-13). 

4) Jiwa (pikiran, perasaan, kehendak) 

Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!  (Lukas 12:19)

Hawa menuruti keinginannya mencicipi buah dari pohon pengetahuan yang terlihat oleh matanya begitu sedapnya. 

Kejadian 3:6 
Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. 
Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya

Bujukan dan godaan Iblis dimulai pada saat mata kita memandang dan menarik hati, kemudian menggoda keinginan kedagingan untuk menikmatinya sehingga menyenangkan perasaan/jiwa. 

Peranan pikiran kita sangat penting untuk menangkal setiap keinginan maka penuhilah pikiran kita dengan Firman Tuhan supaya menumbuhkan iman kita dan hati kita dipenuhi belas kasihan. 

1 Korintus 2:16 
"Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" tetapi kami memiliki pikiran Kristus

Filipi 2:5 
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus

Yesus mengingatkan agar bertobat kepada masyarakat Yahudi pada saat Ia mengajar di Galilea dan tentunya berlaku juga bagi kita agar supaya langkah kaki kita di tahun 2016 ini semakin tegap dan mantap karena mengikuti jalan Tuhan. 

Matius 4:17 
sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" 

Jangan pernah mempercayai roh-roh yang bukan berasal dari Tuhan: 
tinggalkan kebiasaan menanyakan masa depan dengan bertanya kepada ramalan bintang, ramalan peruntungan nasib, paranormal, dan tradisi leluhur mengenai fengshui atau buku thungsu, dsbnya. 

1 Yohanes 4:4-5 
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka. 

Jangan pernah berpaling dari Roh Tuhan dengan mengundang roh-roh lain sebab Roh Tuhan mutlak menguasai dunia dan seluruh alam semesta ini.  

REFLEKSI DIRI 

apakah aku tidak gentar dan tidak takut menghadapi segala permasalahan hidup ini sebab aku yakin Roh Allah selalu membimbingku sebab Roh Allah asa di dalam diriku dan menguasai diriku. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa 
Warna Liturgi : Putih 

1 Yohanes 3:22-4:6 
Mazmur 2:7-8,10-11 
Matius 4:12-17, 23-25 
BcO : Yesaya 54:1-17 

============= ☆☆☆ =============


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com