Jumat, 08 Januari 2016

MELAKUKAN PERINTAH TUHAN










Kamis, 7 Januari 2016 

Roh Tuhan ada padaKu, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." 
                                         (Lukas 4:18-20) 

Injil Lukas hari ini mengisahkan tentang Yesus mengajar di rumah ibadat di Nazaret, tempat Yesus dibesarkan dan ternyata semua orang terpesona betapa indah perkataanNya karena ada kuasa sehingga membuat orang takjub. 

Lukas 4:21-22a 
Yesus memulai mengajar mereka, kataNya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya." Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkanNya... 

Sebelumnya Yesus memberitakan Injil di Galilea, setelah Ia menyelesaikan puasa 40 hari lamanya dan mengalahkan Iblis yang mencobai diriNya. 

Kita lihat bahwa Yesus dipenuhi kuasa Roh ketika memberitakan Injil di Galilea dan juga saat mengajar di rumah Ibadat di Nazaret. 

Lukas 4:14-15 
Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu. Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia. 

Lukas 4:18 
Roh Tuhan ada padaKu, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku  

Kita beriman kepada Yesus hendaknya memberitakan Injil seperti Yesus selain melakukan perbuatan kasih. 

Persoalannya : sebagian besar umat mengira pemberitaan Injil itu tanggung jawab Romo/Pastor, Katekese, dan tugas gereja; dan bukan tugas umat. 

di Katolik, umat tidak membawa Alkitab 
hanya mendengar dari Lektor/Lektris membacakan bacaan pertama dan kedua serta mendengar dari Romo yang membacakan bacaan Injil. 

Setahun hanya 3x diadakan pendalaman iman atau pendalaman alkitab yakni : 
saat pra paskah bulan maret/april 
masa advent bulan desember awal 
bulan kitabsuci - september. 

Praktis umat tidak begitu familiar dengan membaca kitabsuci apalagi mendalami maknanya...hanya sebagian umat yang tertarik belajar memahami kitabsuci. 

padahal, 
Yesus sangat aktif memberitakan Injil, mengajar, melakukan pelayanan kasih dan mengadakan mukjizat. 

Matius 9:35 
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. 

bahkan Rasul Paulus dengan lantang mengatakan : 

1 Korintus 9:16 
Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil. 

Yesus diutus Bapa untuk memberitakan Injil Kerajaan Sorga dan menyelamatkan manusia dari alam maut akibat dosa. 

Paulus meneladani Yesus memberitakan Injil sesuai Amanat Agung Yesus : 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Hari ini Yesus menekankan pemberitaan dan pengajaran tentang : 

Pertama 
Pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta. 

Kedua 
Membebaskan orang-orang yang tertindas. 

Ketiga 
Memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang. 

Kita tidak membahas secara detail ke-3 hal diatas tetapi hendak mengajak pembaca renungan ini untuk menyadari betapa pentingnya membaca Alkitab yang memuat Firman/Sabda Tuhan secara tertulis sebagai landasan iman kita dan mau mengenal serta memahami kehendak Tuhan, peraturan, ketentuan, dan perintah Tuhan kepada kita umat beriman kepada Yesus Kristus. 

Selanjutnya kita melakukan tugas perutusan berdasarkan apa yang terkandung di Alkitab dan juga melakukan tugas pelayanan seperti yang telah dilakukan Yesus selama berkarya di dunia ini. 

Kita hendaknya membawa sebanyak-banyaknya orang kepada Yesus agar mereka mengalami hidup di dalam Kasih Tuhan melalui : 
1) pemberitaan Injil Kerajaan Sorga 
2) perbuatan kasih yang kita lakukan 

Dengan demikian kita telah melaksanakan perintah Tuhan supaya hidup saling mengasihi dan mengasihi Tuhan melalui penundukan diri dan ketaatan kepada Tuhan. 

1 Yohanes 5:2 
Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintahNya

Kita harus tahu dan memahami Firman Tuhan yang tertuang di Alkitab supaya apa yang kita kerjakan di dalam perbuatan kita adalah sejalan dan sesuai yang dikehendaki Tuhan. 

Jangan sampai perbuatan kita justru tidak sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan sehingga kecele dan merugikan diri sendiri karena yang kita lakukan adalah keinginan kita. 

Matius 7:21-23 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi namaMu, dan mengusir setan demi namaMu, dan mengadakan banyak mujizat demi namaMu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan! 

JADI 

Tidak tergerakkah hati kita oleh belas kasihan menyaksikan begitu banyak orang yang kehilangan iman percaya kepada Tuhan Yesus dengan menempuh jalan dunia yang mengejar kekayaan dan kenikmatan dunia dengan meninggalkan jalan kebenaran Tuhan? 

Kita tahu jalan dunia itu membawa orang kepada ketidak-kekalan yang sifatnya hanya sementara dan kesudahannya menjerumuskan kepada kematian kekal. 

banyak orang dibutakan oleh hawa nafsu dan sikap hidup hedonisme sehingga tidak peduli akan pemberitaan Injil dan tidak percaya ada kehidupan kekal di Sorga dengan mengutamakan hidup di dalam kesenangan duniawi. 

Itu sebabnya Yesus mengatakan : 
Matius 9:37-38 
kata Yesus kepada murid-muridNya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." 

Tidak terpanggilkah hati kita untuk mengabarkan Injil kepada orang yang tidak peduli atau telah berpaling dari Tuhan Yesus dan juga kepada orang yang terbelenggu oleh kuasa dosa dan yang menderita karena hidup jauh dari Tuhan. 

Semoga kita menanggapi seruan Yesus agar menyampaikan kabar sukacita tentang hidup di dalam Tuhan kepada orang lain yang menjalani hidup menuruti keinginan dunia. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku telah melakukan perintah Tuhan agar aku mengasihi sesama melalui pemberitaan Firman Tuhan dan melakukan perbuatan kasih sebagai wujud nyata kasihku kepada Tuhan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Raimundus dari Penyafort 
Warna Liturgi : Putih 

1 Yohanes 4:19-5:4 
Mazmur 72:2,14,15,17 
Lukas 4:14-22a 
BcO : Yesaya 59:15-21 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com