Jumat, 15 Januari 2016

KUASA YESUS (4)










​Jumat, 15 Januari 2016 

"Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" 
                                         (Markus 2:11) 

Perikop hari ini seringkali kita dengar mengenai orang lumpuh disembuhkan dan ada keunikan terjadi dimana orang lumpuh itu digotong 4 orang ke atap rumah dan diturunkan karena saking banyaknya orang memadati rumah.  (baca Markus 2:1-4). 

Yesus tidak hanya menyembuhkan orang lumpuh tersebut namun mengampuni dosa mereka; termasuk ke-4 orang membantu si lumpuh. 

Markus 2:5 
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anakKu, dosamu sudah diampuni!" 

Sangat jelas sekali apa yang dilakukan Yesus dan seharusnya kita melakukan juga yaitu : 
memberitakan firman (ayat 2) dan menyembuhkan penyakit atau mengusir setan dan melepaskan orang dari belenggu kuasa Iblis. 

Ahli taurat selalu saja mengkritik apa yang dilakukan Yesus dan hal ini juga pasti kita alami pada saat melakukan perutusan dan pelayanan. 

Selalu ada orang yang iri hati tidak senang melihat kita mewartakan Sabda Tuhan dan mendapat Karunia Tuhan untuk menyembuhkan penyakit fisik maupun memulihkan penyakit non fisik. 

Justru yang menentang Yesus adalah ahli taurat yang tahu akan Firman Tuhan tetapi karena iri hati melihat Kuasa Yesus tatkala mengajar, memberitakan Injil Kerajaan Allah, dan terlebih mukjijat yang terjadi sehingga masyarakat banyak datang berbondong-bondong kepada Yesus; mungkin saja selama ini merekalah para ahli taurat yang didatangi oleh masyarakat Yahudi. 

Markus 2:6-8 
Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?" Tetapi Yesus segera mengetahui dalam hatiNya, bahwa mereka berpikir demikian, lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu berpikir begitu dalam hatimu?" 

Hal serupa terjadi hingga sekarang ini; bila ada "orang baru" atau "orang yang mendapat Karunia Tuhan" dicari banyak orang karena pewartaan/pengajaran dan karunia penyembuhan terjadi pada saat ia menjalankan tugas perutusan dan melakukan pelayanan. 

namanya orang, 
mendengar kabar si "anu" hebat karunia penyembuhan maka ramailah orang datang mengejar si "anu" karena orang senang mengejar mukjijat. 

mendengar kabar si "anu" mengajar dan berkhotbah menarik perhatian umat yang mendengar karena lucu, humoris, atau bahasanya mudah dimengerti maka banyaklah orang datang mendengarnya. 

Itulah yang terjadi pada Yesus dan juga bisa terjadi pada kita yang melakukan tugas perutusan dan pelayanan. 

Markus 2:1-2 
Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah. Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintupun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka
Selanjutnya, 

Kita lihat Kuasa Yesus luar biasa !!! 
penyakit lumpuh sulit disembuhkan bagi manusia namun mampu disembuhkan oleh Yesus. 

Mukjijat ini sudah jarang kita saksikan di jaman sekarang ini, demikian juga mukjijat orang buta disembuhkan, apalagi orang mati dapat hidup kembali. 

Namun kita mau merenungkan dari sisi lain selain mengenai mukjijat kesembuhan orang lumpuh dapat berdiri dan berjalan kembali. 

Kita simak baik-baik perkataan Yesus kepada orang lumpuh, ada 3 hal: 
1) Bangunlah 
2) Angkatlah
3) Pulanglah 

Yesus menghendaki orang lumpuh itu bangun dari tilam atau tempat terbaring si lumpuh dan disuruh mengangkat tilam dan disuruh pulang ke rumahnya.  (Markus 2:11). 

Dari berbagai pengalaman pelayanan, memang terkadang si sakit tidak berani bangun dari kursi roda karena mungkin tidak yakin atau pihak keluarga ragu2. 

Kita maknai perkataan Yesus tersebut terhadap diri kita masing-masing; mungkin sedang ada dalam pergumulan masalah hidup saat ini. 

Dengarkan dan turuti perintah Yesus kepada orang lumpuh dan katakan pada diri kita bahwa harus melakukan ketiga hal utama yang Yesus katakan kepada orang lumpuh tersebut, yaitu : 

Bangunlah dan Angkatlah tempat tidurmu

Jangan sampai masalah hidup membuat iman kita "lumpuh" tetapi hendaknya kita bangun iman dengan makin bertumbuh pengenalan kebenaran Firman Tuhan agar semakin percaya kepada Tuhan

"angkatlah tempat tidurmu
artinya tidak boleh fokus pada masalah tetapi seharusnya tinggalkan kebiasaan yang menyebabkan timbulnya masalah. 

terkadang orang menjadi frustasi bila masalah hidupnya belum teratasi atau makin bertambah runyam sehingga ia kehilangan harapan dan terkapar tak berdaya karena sudah menyerah alias putus-asa. 

Persoalan yang seringkali membuat orang jatuh terkapar dalam keputus-asaan adalah kesulitan keuangan, masalah luka batin dan menderita penyakit kronis. 

Ketiga hal tersebut yang paling banyak menjadi penyebab utama yang membuat orang frustasi dan putus-asa. 

Akibatnya orang kehilangan akal sehat dan perilakunya menyimpang dari norma etika karena rohaninya sudah mati dan tak heran bila pikiran dan hatinya sesat. 

Pikiran dan hatinya sudah mati dan perbuatannya menjadi jahat, misalnya : 
membunuh banyak orang dengan cara meledakkan diri sendiri adalah salah satu akibat dari ketiga masalah utama masalah hidup yang disebutkan diatas tadi. 

Peristiwa ledakan granat dan bom di sekitar Sarinah di Jakarta adalah orang-orang yang telah disesatkan pikirannya bahwa perbuatan yang dilakukannya mendapatkan pahala dari Allah dan masuk sorga. 

Timbul pertanyaan : mengapa mereka mau dibodohi dan percaya saja dengan doktrin yang mereka claim adalah benar

Jawabannya adalah karena mereka mengalami : kesulitan keuangan dan masa lalu yang melukai batin mereka sehingga mencari solusi dari dunia dan tidak datang kepada Allah. 

Itu sebabnya Yesus selalu memberitakan Injil Kerajaan Sorga agar orang sadar bahwa harus hidup didalam Tuhan agar masalah hidup bisa diatasi. 

Sebagai orang beriman mengaku Yesus sebagai Tuhan dan JuruSelamat seharusnya mengenal dan memahami kebenaran Firman Tuhan dan hidup di dalamNya supaya pikiran tidak mudah dipengaruhi orang lain yang membawa pikiran dan paham dunia sehingga hati nurani menjadi mati. 

Pulanglah ke rumahmu!

Kita ini anak-anak Allah : 
Galatia 3:26-27 
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus

Jika ada masalah hidup, yach kembalilah kepada Tuhan; ikuti Jalan Tuhan dan mohon pertolongan Tuhan. 

Bila telah salah jalan, yach kembalilah juga kepada Tuhan; mohon ampun dan bertobatlah dari jalan yang salah. 

Kemudian jadilah saksi Kristus agar orang lain yang mengalami kelumpuhan rohani maupun yang sedang putus-asa menderita berbagai penyakit menjadi sadar bahwa mereka harus kembali kepada Tuhan dan bersatu dalam kesatuan Keluarga Tuhan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku senantiasa menjaga diriku agar tidak lumpuh rohaniku oleh dosa dan bertobat untuk kembali ke Jalan Tuhan dengan membangun imanku dan mau hidup di dalam Kebenaran Tuhan?


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa 
Warna Liturgi : Hijau 

1 Samuel 8:4-7,10-22a 
Mazmur 89:16-19 
Markus 2:1-12 

BcO : Kejadian 6:5-22, 7:17-24 

============= ☆☆☆ =============

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com