Senin, 24 Juli 2017

KUASA TUHAN









Senin, 24 Juli 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KELUARAN 14:5-18 

Orang Israel ketakutan melihat Firaun telah dekat bersama pasukan mengejar dan Musa berkata : jangan takut! sebab Tuhan berperang untuk kamu dan kamu akan diam saja. 

Tuhan menyuruh Musa mengangkat tongkat dan ulurkan tangan keatas laut dan belahlah airnya sehingga orang Israel berjalan ditengah laut di tempat kering. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
KELUARAN 15:1-6 

Musa bersama orang Israel menyanyi bagi Tuhan telah menyelamatkan dari kejaran Firaun dan pasukannya dimana Tuhan menenggelamkan mereka di laut Teberau. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 12:38-42 

Beberapa ahli Taurat dan orang Farisi meminta tanda dari Yesus tetapi jawab Yesus : Angkatan yang jahat ini tidak akan diberikan tanda kecuali tanda Yunus

Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi selama 3 hari 3 malam seperti Yunus di dalam perut ikan. 

Orang Niniwe bertobat mendengar berita dari Yunus dan pada waktu penghakiman akan bangkit bersama angkatan ini. 

Demikian juga ratu dari Selatan akan bangkit bersama angkatan ini sebab ratu ini datang, mendengar hikmat Salomo. 

RENUNGAN HARI INI 

Kisah Musa membelah laut merah atau laut teberau dengan mengangkat tongkat karena Tuhan yang memerintahkan Musa berbuat demikian dan hal ini menunjukan betapa Maha Kuasa Tuhan mengadakan berbagai mukjizat spektakuler. 

Seharusnya kita manusia tidak perlu lagi meminta tanda dari Tuhan namun entah kenapa masih saja ragu-ragu; apa benar ini kuasa Tuhan atau kuasa yang lain. 

Di dunia ini, kuasa gelap bisa melakukan tanda2 ajaib untuk menarik perhatian manusia agar percaya dan tunduk kepada kuasa gelap. 

Ada sebagian orang lebih mudah percaya melihat tanda ajaib dari kuasa gelap daripada kuasa Tuhan. 

Orang Israel mengalami sendiri melihat lautan terbelah dua dan mereka melewati hingga tiba diseberang ketika Firaun dan pasukannya mengejar mereka. 

Tetapi anehnya mereka masih ragu-ragu kepada Tuhan; apakah akan membawa mereka ke negeri yang dijanjikan Tuhan. 

Bangsa Israel terkenal bangsa tegar tengguk karena kedegilan hati mereka yang mengingkari Tuhan padahal sering menyaksikan betapa hebat kuasa Tuhan. 

Ahli Taurat dan orang Farisi seringkali melihat sendiri betapa Yesus berkuasa mengusir setan/roh jahat, sembuhkan orang sakit, bahkan membangkitkan orang mati namun mereka tidak percaya. 

Ahli Taurat dan orang Farisi menutup hati mereka untuk mempercayai Yesus adalah Mesias yang berkuasa mengadakan segala mukjizat. 

Sikap mereka sampai hari ini banyak orang mengikutinya yaitu sikap tidak percaya terhadap mukjizat Tuhan atau sikap ragu-ragu, bener tidak yach ini adalah kuasa Tuhan. 

Sebagian umat katolik paling sensitif terhadap mukjizat penyembuhan atau pengusiran setan/roh jahat; bahkan terhadap orang berbahasa roh, tidak yakin ini berasal dari Tuhan dan curiga hal tersebut direkayasa untuk mengelabui orang lain. 

Orang yang meragukan kuasa Tuhan disebabkan minimnya intensitas relasinya dengan Tuhan sehingga imannya berjalan ditempat alias statis, tidak bertumbuh. 

Imannya dikalahkan oleh intelektual dan keinginan kedagingannya. 
Imannya kurang menerima makanan rohani dan dibiarkan kering kerontang. 

Sebab tujuan hidupnya, bukan untuk mengalami Tuhan dan mengalami kuasa Tuhan melainkan keinginan memiliki kuasa atas dunia ini beserta kekayaan yang terkadung didalam dunia ini. 

Lihatlah betapa orang terobsesi miliki kuasa dunia agar dia menjadi penguasa dunia sehingga orang ini tidak bisa menundukan dirinya dihadapan Tuhan. 

Disangkanya kekuatan dirinya ditopang oleh kuasa dunia sanggup mengatasi kuasa Tuhan... 

Sadarlah dan berbaliklah kepada Tuhan sebelum terlambat sebab suatu saat nanti kuasa Tuhan melibas dirimu dan mencabut nyawamu ! 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com