Rabu, 05 Juli 2017

PERCAYALAH DAN YAKINLAH (BAGIAN-2)







Rabu, 5 Juli 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEJADIAN 21:5,8-20 

Abraham mengusir Ismael dan ibunya Hagar sesuai keinginan Sarah, isterinya yang disetujui Tuhan sebab keturunannya berasal dari anaknya Ishak, sesuai janji Tuhan menjadikan keturunannya sangat banyak sedangkan keturunan dari Ismael akan dijadikan suatu bangsa. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 34:7-8,10-13 

Orang tertindas berseru dan Tuhan akan mendengarnya serta menyelamatkannya. 

Oleh sebab itu, takutlah kepada Tuhan dan setialah kepadaNya maka Tuhan memerintahkan MalaikatNya berkemah di sekeliling orang yang setia kepadaNya dan meluputkan mereka dari bahaya. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 8:28-34 

Yesus mengusir setan yang merasuki dua orang ketika melewati daerah Gadara. 
Setan tahu Yesus adalah Anak Allah dan meminta Yesus mengusir mereka ke dalam kawanan babi dan terjun ke jurang 

RENUNGAN HARI INI 

Setan adalah musuh manusia sejak awal manusia diciptakan dan terus-menerus memusuhi manusia sampai akhir jaman. 

Sudah banyak jatuh korban akibat setan memperdayai manusia dan anehnya ada diantara manusia yang justru mencari setan untuk kepentingan pribadi dan tunduk kepada setan demi menggapai cita-cita atau tujuannya. 

Mengapa setan memusuhi manusia? 

Jika kita membaca kisah Hawa dibujuk setan dan kemudian terpedaya oleh setan sehingga Hawa mengajak Adam makan buah terlarang dan akhirnya berdosa. 

Tuhan menghukum Adam dan Hawa yang mewakili manusia dengan diusir dari taman Eden dan setan juga kena kutukan dari Tuhan sehingga terjadi permusuhan setan terhadap manusia. 

Bacaan Injil hari ini mengisahkan tentang setan yang merasuki dua orang di tanah Gadara dan dilepaskan oleh Yesus yang saat itu melewati daerah tersebut. 
Setan tahu Yesus adalah Anak Allah dan meminta Yesus mengusir mereka ke babi 

Kita hendaknya sadar bahwa setan harus kita lawan dan tidak boleh kita takut dan apalagi tunduk kepada setan. 

Efesus 6:12 
Perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. 

Untuk melawan setan, roh jahat, Iblis cs, tak ada jalan lain kecuali kita mendekat kepada Tuhan dan menggunakan kuasa Tuhan menghancurkan setan/Iblis cs. 

Yakobus 4:7 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 

Iblis/setan/roh jahat tunduk kepada Yesus dan mendengar nama Yesus saja, pasti kabur dan lari tunggang langgang seperti yang terjadi di bacaan Injil hari ini. 

Filipi 2:9-10 
Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi... 

Oleh sebab itu hendaknya kita senantiasa percaya dan yakin kepada Yesus sebab tidak ada kuasa di dunia ini yang mampu mengalahkan kuasa Yesus. 

Alangkah bodohnya jika masih ada orang, apalagi umat kristiani yang percaya dan tunduk kepada setan/iblis/roh jahat dengan tujuan untuk memperoleh berkat harta duniawi padahal Tuhanlah sumber segala berkat dan empunya harta dunia. 

Hagai 2:9 
KepunyaanKulah perak dan kepunyaanKulah emas, demikianlah firman Tuhan semesta alam

Baca kitab Kejadian pasal 1 dan pasal 2 bagaimana Tuhan Allah menciptakan segala sesuatu bumi dan langit serta alam semesta ini. 

Mengapa mesti percaya kepada yang lain diluar Tuhan dan sungguh pandir sekali orang seperti ini telah dikelabui oleh setan/iblis/roh jahat. 

Yohanes 8:44 
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. 

Mau bicara apalagi jika masih tidak mau percaya kepada Yesus dan yakin bahwa kuasa Yesus sanggup menghancurkan segala kuasa di dunia ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com