Sabtu, 15 Juli 2017

YESUS MENGUTUS MURID-MURIDNYA (BAGIAN-4)








Sabtu, 15 Juli 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEJADIAN 49:29-32; 50:15-24 

Yakub berpesan kepada anak-anaknya bahwa nanti ia mati dikuburkan di dalam kuburan nenek-moyangnya. 

Yusuf menghibur saudara-saudaranya yang ketakutan akan dibalas olehnya setelah ayah mereka Yakub mati. 

Yusuf tinggal di Mesir 120 tahun bersama kaum keluarganya dan ketika akan mati Yusuf berpesan kepada anak2 Israel agar membawa tulang2nya ke Kanaan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 105:1-4,6-7 

Carilah Tuhan dan kekuatanNya maka hatimu akan hidup kembali, bersyukurlah kepada Tuhan. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 10:24-33 

Yesus berpesan kepada ke12 muridNya : 
Pertama 
Seorang murid tidak melebihi gurunya dan seorang hamba tak melebihi tuannya.  
Kedua 
Janganlah takut kepada mereka yang memusuhinu sebab tiada sesuatu yang tertutup/tersembunyi yang takkan dibuka atau takkan diketahui. 

Ketiga 
janganlah takut pada mereka yang dapat membunuh tubuh tetapi tidak berkuasa membunuh jiwa tetapi takutlah kepada DIA (=Tuhan) yang dapat membunuh tubuh dan jiwa di dalam neraka. 

Keempat 
Barangsiapa mengakui Aku dan yang menyangkal Aku di depan manusia maka dia akan Kuakui dan Kusangkal juga di depan BapaKu di Surga. 

RENUNGAN HARI INI 

Mewartakan Injil merupakan kewajiban setiap umat kristiani sebagai murid-murid Kristus dan hal ini sesuai dengan perintah Yesus kepada ke-12 muridNya ketika berada di bukit di Galilea. 

Matius 28:19-20 
Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Ada yang menafsirkan perintah Yesus ini hanya ditujukan kepada ke12 muridNya sedangkan kita bukan murid Yesus tetapi pengikut Yesus atau umat kristiani. 

Penafsir ini sebaiknya mendalami lagi keseluruhan Injil supaya tidak seenaknya saja menafsirkan dan kita umat Katolik berpegang kepada Magisterium sehingga tidak sembarangan menafsirkan menurut penafsiran pribadi. 

Coba dilihat dan didalami ayat berikut ini: 

Yohanes 14:12,15 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 
Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu. 

Berarti setiap orang yang percaya kepada Yesus akan melakukan pekerjaan yang dilakukan Yesus, yaitu mewartakan kabar sukacita (=Injil). 

Lukas 4:43 
Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." 

Seperti seorang guru menasehati murid, demikian juga Yesus menasehati ke-12 muridNya supaya mereka waspada saat menunaikan tugas mewartakan Injil dan melenyapkan segala penyakit, kelemahan dan mengusir roh jahat/setan. 

Ada 4 pesan Yesus dalam bacaan Injil hari ini (lihat uraian diatas) yang intinya para murid agar jangan takut menghadapi ancaman kehilangan nyawa sebab Tuhan menyertai dan melindungi mereka. 

Jika kita cermati, saat ini tantangan berat mewartakan Injil adalah menghadapi situasi kelaparan, kemiskinan, narkoba, dan sakit penyakit. 

Banyak orang termasuk umat kristiani yang kehilangan pengharapan dan iman karena tekanan hidup yang membuat hidup mereka menderita. 

Tugas kita membangkitkan pengharapan mereka kepada Tuhan agar mereka yakin dan percaya kepadaNya. 

Tentu saja ada pihak lain yang berusaha menghalangi pewartaan kita dengan cara mengintimidasi, mengancam, membunuh sebab Iblis menunggangi orang jahat agar kekacauan terus berlangsung membuat manusia semakin menderita. 

Menghadapi hal ini, kita tidak boleh takut sebab Tuhan pasti melindungi. 

Filipi 2:10-11 
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: 
"Yesus Kristus adalah Tuhan,"
bagi kemuliaan Allah, Bapa! 

Memang dengan kekuatan kita sendiri tidak dapat melawan kejahatan tetapi dengan kekuatan Tuhan maka tdak ada yang dapat menghancurkan pelayanan kita sebab Tuhan beserta kita. 

Mazmur 105:4 
Carilah Tuhan dan kekuatanNya, carilah wajahNya selalu! 

Roma 8:31 
Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? 

Hendaknya kita bersikap seperti Yesaya bersedia diutus Tuhan. 

Yesaya 6:8,10 
aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!" 
Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh." 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com