Jumat, 11 Oktober 2019

KUASA TUHAN SANGAT DASHYAT


Jumat, 11 Oktober 2019

YOEL 1:13-15,2:1-2 
MAZMUR 9:2-3,6,8-9,16
LUKAS 11:15-26  

Lukas 11:19-20 
Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu. Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. 

Heran ya, banyak orang merasa seram? ngeri, takut pada setan sejak masih kecil sampai dewasa terutama di malam hari. 

Perasaan takut karena membayangkan setan menampakan diri di hadapan kita padahal kenyataannya hanya sedikit orang dapat melihat setan/roh jahat. 

Firman Tuhan mengatakan bahwa: 
2 Timotius 1:7 
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. 

Jadi roh kita diberi kekuatan oleh Allah untuk menghadapi rintangan/tantangan yang menghalangi hidup kita untuk
1) berbuat kebaikan dengan kasih 
2) mengalami sukacita, damai sejahtera 

Kebenaran Firman Tuhan ini HARUS ingat selalu agar kita tidak khawatir, tidak takut, tidak cemas dsbnya yang akan merusak ketenangan hidup kita. 

Takut kepada setan menunjukkan iman yang dangkal karena tidak bergaul karib dengan Tuhan Allah di dalam doa, saat teduh, dan mendengarkan Tuhan lewat SabdaNya/FirmanNya. 

Demikian juga takut, cemas, khawatir, keadaan hidup di masa depan adalah cerminan ketidak-percayaan pada Tuhan Allah karena kurang/tidak membangun relasi intim bersamaNya. 

Kita sudah membahas bagaimana cara membangun relasi intim dengan Tuhan di renungan sebelumnya dimana akibatnya seseorang tidak tahu dan tidak mengerti bahwa Roh Tuhan atau Roh Kudus ada dan berdiam di dalam diri setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus. 

1 Yohanes 4:4 
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Tentu saja Roh Allah di dalam diri kita lebih besar dari roh yang ada di dunia ini sebab Kuasa Tuhan Allah powerfull dan tidak ada kuasa lain diluar kuasa Tuhan yang sanggup melawanNya. 

Lalu pertanyaannya: kenapa takut kepada setan, roh jahat, dan antek-anteknya !!! 

Itu sebabnya mengapa ada orang yang telah dilepaskan dari belenggu setan, roh jahat namun tidak lama kemudian dirinya dikuasai lagi oleh setan, roh jahat bahkan lebih terikat dari sebelumnya karena ia hanya fokus pada diri sendiri sehingga pikiran dan hatinya menjauh dari Tuhan. 

Lukas 11:24-26 
Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula

Bukan berarti kuasa setan, roh jahat itu sangat kuat sehingga merasuki orang yang sebelumnya telah dilepaskan ikatan setan, roh jahat. 

Penyebabnya adalah orang tersebut tidak peduli pada pertumbuhan imannya karena meremehkan kuasa doa, kuasa Firman Tuhan sehingga roh-nya lemah padahal seharusnya roh-nya kuat karena Tuhan memberikan kekuatan pada roh setiap orang percaya kepada Yesus Kristus. 

Orang ini cuman di mulut saja katakan percaya kepada Yesus Kristus tetapi pikiran dan hatinya menjauh dari Tuhan seperti bangsa Israel dikatakan Yesus hanya memuliakan Tuhan di bibir saja tapi hatinya menjauh dari Tuhan. 

Markus 7:6  
JawabNya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari padaKu. 

Selanjutnya, 

Di sisi lain, kita manusia ini memang suka aneh-aneh saja tingkah lakunya. 
Meskipun takut kepada setan/roh jahat tetapi anehnya, sebagian orang malah percaya kepada setan untuk kepentingan mendapatkan uang, harta, jabatan, jodoh, kesembuhan penyakit sampai ke hal-hal melampiaskan dendam, iri hati, benci memakai jimat-jimat dan kuasa roh jahat. 

Lihat saja keadaan negeri kita khususnya dan juga di negara lain, banyak kejahatan terjadi disebabkan hawa nafsu ingin mendapatkan uang, kuasa jabatan, iri hati dan kebencian sehingga setan, roh jahat mudah sekali masuk ke pikirannya dan keinginan nafsu orang tersebut. 

Firman Tuhan mengingatkan bahwa musuh manusia adalah setan, roh jahat yang merasuki jiwa orang-orang yang terbenam dalam hawa nafsunya atau dengan katalain orang-orang yang jauh dari Tuhan karena menjalani hidup semau sendiri dan tidak mau hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Efesus 6:11-12 
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara

Tidaklah heran, fenomena terjadi akhir2 ini semakin terlihat semakin banyak orang jahat yang telah dikuasai pikiran dan hati nuraninya oleh setan, roh jahat karena membiarkan dirinya dipenuhi keinginan hawa nafsu, seharusnya ia kendalikan agar tidak ditunggangi setan/roh jahat. 

Semoga kita terus mawas diri terhadap serangan setan, roh jahat yang mau merasuki melalui pikiran dan hati kita karena kita membuka celah diri kita untuk dimasuki oleh setan, roh jahat. 

Padahal Tuhan Allah memberikan kepada kita senjata perlengkapan rohani untuk melawan setan, roh jahat, termasuk iblis. 

Efesus 6:13-17 
Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu Firman Allah. 

Pedang Roh yaitu Firman Allah adalah senjata ofensif/menyerang sedangkan perlengkapan senjata Allah lainnya adalah senjata defensif/pertahanan untuk melawan setan/roh jahat/iblis. 

Senjata perlengkapan Allah tidak akan berfungsi bila kita tidak tunduk kepada Allah dengan taat dan setia. 

Yakobus 4:7 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 

Kuasa Tuhan Allah amat sangat perkasa menghancurkan iblis, setan, roh jahat bila kita membiarkan diri kita dikuasai Allah sepenuhnya dan memperlengkapi diri dengan senjata Allah. 

Setan, roh jahat, iblis adalah musuh kita yang harus dikalahkan dengan kuasa Allah agar hidup kita damai sejahtera, sukacita, dan menikmati kasih Allah sepenuhnya di dalam kehidupan kita. 
(baca Roma 8:31-39) 

Roma 8:31 
Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com