Sabtu, 19 Oktober 2019

TUGAS PERUTUSAN


Jumat, 18 Oktober 2019

2 TIMOTIUS 4:10-17b 
MAZMUR 145:10-13, 17-18 
LUKAS 10:1-9

Lukas 10:3 
Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. 

Gereja Katolik menetapkan hari ini hari pesta Santo Lukas, penulis Injil..

Dalam bacaan Injil mengenai tugas perutusan murid-murid Yesus sedangkan dalam surat Paulus kepada Timotius, Lukas menemani Paulus (2 Tim 4:10) dan Lukas terlibat dalam pelayanan misi meski ia seorang tabib (=dokter). 

Kita lihat bagaimana gigihnya mereka mau melakukan pelayanan untuk tugas pemberitaan Injil Kerajaan Allah kepada banyak orang supaya bertobat beroleh keselamatan. 

Bagaimana dengan kita umat kristiani? 

Tergerakkah hati untuk pelayanan kasih karena di jaman akhir ini banyak orang sibuk dengan urusan sendiri dan kurang peduli kepada orang lain. 

2 Timotius 3:1-2a 
Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. 

Nasehat untuk mengasihi sesama ibarat peribahasa mengatakan: biarkan anjing menggonggong, kafilah berlalu, artinya nasehat tidak mau didengar dan andai didengar sekalipun, menurut pikirannya nasehat itu tidak berguna baginya. 

Uang dan harta dunia adalah fokus utama tujuan hidupnya, meski sudah memiliki harta berlimpah, tetap tidak pernah puas dan terus mengejar sesuatu yang belum diperolehnya sehingga tidak ada waktu untuk beribadah ke gereja, apalagi mau terlibat dalam pelayanan, tidak ada dalam agenda hidupnya. 

Bagi anda yang tergerak hati ikut terlibat dalam pelayanan, sebaiknya segeralah memurnikan motivasinya agar tidak terselip tujuan untuk keuntungan pribadi sebab pelayanan adalah memberi diri untuk melayani orang lain dan bukan untuk menerima sesuatu dari orang lain. 

Kita mau melayani karena bersyukur atas kebaikan Tuhan mengasihi sehingga kita berbuat sesuatu menyenangkan Tuhan. 

Dengan demikian, kita bisa fokus dengan kerelaan hati untuk melayani sehingga kita sabar menghadapi segala rintangan dan tantangan dalam pelayanan. 

Yesus sudah mengingatkan murid2Nya akan ada banyak tantangan berat yang harus dihadapi (Lukas 10:3) dan hal ini akan kita alami juga. 

Kita mesti ingat selalu bahwa yang kita beritakan adalah Kerajaan Allah sudah dekat dan juga sembuhkan yang sakit. 

Lukas 10:9 
Sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu. 

Apa maksud Kerajaan Allah sudah dekat

Roma 14:17 
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 

1 Korintus 4:20 
Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa. 

Pemilik Kerajaan Allah adalah Allah Bapa dan Yesus adalah Raja dari Kerajaan Allah (1 Timotius 6:14-15) sedangkan kita yang percaya pada Yesus adalah rakyatNya, atau umatNya mesti tunduk kepadaNya (Yakobus 4:7). 

Kita pergi pelayanan ketika kita diutus oleh Allah untuk melayani. 

Lukad 10:2 
KataNya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. 

Pada mulanya kita manusia hidup di dalam Kerajaan Allah dimana Adam di tempatkan di Taman Eden oleh Allah. 

Kehidupan Adam dipenuhi berkat yang berlimpah dimana Adam dapat makan apa saja yang ada di Taman Eden kecuali buah dari pohon pengetahuan baik dan yang jahat (Kejadian 2:16). 

Keadaan hidup Adam sebelum berbuat dosa adalah kehidupan di dalam Kerajaan Allah yang serba ada semua kebutuhan hidup Adam tercukupi bahkan melimpah. 

Namun setelah Adam jatuh ke dalam dosa maka Adam tidak hidup lagi di dalam Kerajaan Allah dimana dengan bersusah payah mencari nafkah untuk memenuhi keperluan hidup (Kej 3:17-19). 

Kita adalah keturunan Adam, kita alami susah payah mencari nafkah untuk keperluan hidup kita. 

Allah Bapa mengutus Yesus untuk tujuan beritakan kabar baik (=Injil) - Lukas 4:43 tentang Kerajaan Allah memerintah di bumi atau meraja setiap hidup seseorang agar mengalami hidup berkelimpahan di dalam Kerajaan Allah. 

Sekarang kita yang diutus Yesus untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah agar banyak orang hidup berkelimpahan di dalam Kerajaan Allah. 

Yesus telah merebut kunci Kerajaan Allah atau kunci kerajaan Sorga yang semula direbut Iblis dari Adam. 

Matius 16:19 
Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." 

Jelaslah sekarang bahwa sesungguhnya tugas perutusan maupun pelayanan ini sangat mulia untuk kita laksanakan. 

Oleh sebab itu, mari kita bergiat dalam pelayanan dam perutusan yang Allah berikan kepada kita untul dilaksanakan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com