Senin, 14 Oktober 2019

TANDA PERTOBATAN


Senin, 14 Oktober 2019

ROMA 1:1-7 
MAZMUR 98:1-4 
LUKAS 11:29-32 

Lukas 11:29 
Ketika orang banyak mengerumuniNya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 

Seperti apa tanda nabi Yunus yang Yesus katakan kepada orang banyak. 

Tanda nabi Yunus adalah tanda pertobatan sebab orang-orang Niniwe bertobat saat Yunus memberitakan pesan Allah karena percaya pada Allah. 

Yunus 3:4-5 
Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan." Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung

Itu sebabnya Yesus katakan orang Niniwe akan bangkit karena mereka bertobat pada waktu penghakiman tiba. 

Lukas 11:32 
Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!" 

Bayangkan seandainya ada seseorang yang memberitakan bahwa kota Jakarta akan dihancurkan; bagaimana reaksi dari penduduk Jakarta? 

Bisakah penduduk Jakarta percaya akan pemberitaan seseorang itu seperti halnya penduduk Niniwe percaya kepada Yunus memberitakan kabar tersebut. 

Penduduk Niniwe mau bertobat berarti mereka mengakui telah berbuat dosa dan mereka menyesal serta mohon ampun kepada Allah dan berjanji memperbaiki tingkah laku mereka yang jahat. 

Yunus 3:8 
Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya. 

Jadi pertobatan, bukan hanya menyesal dan mohon ampun tetapi memperbaiki perilaku yang jahat dan sikap hidup yang tidak berkenan bagi Allah. 

Yang terjadi saat ini, kebanyakan orang merasa tidak berdosa karena menurut pemahaman mereka, itu bukan dosa tetapi hanya kesalahan manusiawi. 

Seandainya termasuk dosa maka mereka meyakini Allah pasti mengampuni sebab Allah mengasihi manusia. 

Bahkan ada sebagian umat kristiani yang yang mengatakan bahwa setiap orang percaya kepada Yesus pasti masuk Surga karena Yesus berjanji demikian. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Mereka amini bahwa seekor domba yang tersesat dicari oleh gembala dengan meninggalkan 99 ekor domba lainnya karena gembala mengasihi dombanya. 

Matius 18:14 
Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang. 

Benarkah demikian? 

Jika pemahaman mereka bahwa Bapa di Sorga tidak menghendaki seorangpun dari anak-anakNya hilang, coba jawab pertanyaan ini : Mengapa Adam diusir dari taman Eden karena makan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat yang dilarang Allah? 

Akibatnya Adam harus kerja keras untuk mendapatkan makanan(Kejadian 3:17-19) padahal semula makanan berlimpah tersedia di taman Eden boleh dimakan Adam kecuali buah pohon pengetahuan. 

Allah mengasihi Adam yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah dan diberi kuasa atas ikan dilaut, burung diudara, binatang merayap di bumi dan diberi makanan tumbuh-tumbuhan berbiji dan buah berbiji (Kejadian 1:26-29). 

Jelaslah bahwa Allah memang mengasihi manusia tetapi Allah menghendaki kita manusia mematuhi Hukum Allah. 
Pelanggaran hukum Allah ada akibatnya. 

Adam dan isterinya Hawa menanggung akibat dari melanggar Hukum Allah. 
Apa iya keturunan Adam dan Hawa tidak menanggung akibat dosa? mikir dong !!! 

Sadar diri ya, dosa dikatakan kesalahan, kata siapa? dengar nih Firman Tuhan mengatakan bahwa: 

1 Yohanes 3:4 
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 

Melanggar hukum Allah adalah DOSA. 
kesalahan adalah melanggar norma atau aturan yang dibuat manusia. 

Ada yang ngeyel belagak bodoh, nanya apa saja hukum Allah itu? 
Ya baca dong Firman Tuhan tertulis di Perjanjian Lama, Deuterokanonika, dan Perjanjian Baru di Alkitab. 

Selanjutnya, 

Yesus mengatakan bahwa tanda dari nabi Yunus adalah tanda untuk orang Niniwe maka kedatangan Anak Manusia adalah tanda untuk angkatan ini. 

Lukas 11:30 
Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini

Apa maksudnya? 

Allah mengutus Yesus datang ke bumi ini untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah, 

Lukas 4:43 
Yesus berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus." 

artinya untuk menyelamatkan manusia (Roma 3:23) dari alam maut akibat dosa (Roma 6:23). 

Mazmur 98:2  
Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang dari padaNya, telah menyatakan keadilanNya di depan mata bangsa-bangsa. 

Untuk itu manusia HARUS BERTOBAT!!! 

Matius 4:17 
Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" 

Apa itu Kerajaan Allah atau Kerajaan Sorga? nanti kita bahas di kesempatan lain sebab tema renungan bacaan Injil hari ini adalah tanda Yunus tanda tobat. 

Meskipun sudah diberitakan Kerajaan Allah sudah dekat namun banyak orang tidak peduli. 

Lihatlah begitu banyak orang semakin jahat dan mereka tidak takut lagi akibat dosa (2 Petrus 3:3-7) karena jiwa mereka dibelenggu oleh Iblis dan antek-anteknya dan roh mereka mati oleh dosa. 

Efesus 5:15-17 
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 

Jangan sampai diri kita termasuk dalam angkatan jahat yang dikatakan Yesus yang tidak mau bertobat padahal sudah dikasih tanda oleh kedatangan Yesus adalah Anak Manusia diutus Allah. 

Yesus sudah datang dan akan datang lagi untuk kedua-kali maka bersiap-siaplah, hari kesudahan akan segera tiba. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com