Sabtu, 18 April 2020

YESUS BANGKIT (BAGIAN-6)












SABTU, 18 APRIL 2020

KISAH 4:13-21 

Petrus dan Yohanes menolak diam dan tidak mengajar lagi dalam nama Yesus seperti diperintahkan imam-iman di Mahkamah Agama Yahudi. 

Mereka semakin keras mengancam rasul-rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga, sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak yang memuliakan nama Allah berhubung dengan apa yang telah terjadi. 

MAZMUR 118:1,14-21 

Tuhan itu kekuatanku dan mazmurku; Ia telah menjadi keselamatanku. Aku bersyukur kepadaMu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku. 

MARKUS 16:9-15 

Yesus menampakan diri kepada Maria Magdalena dan kepada dua orang dalam perjalanan ke luar kota, kemudian mereka memberitakan kabar Yesus bangkit pada teman-teman namun mereka tak percaya 

Akhirnya Yesus menampakan diri kepada ke-11 muridNya yang sedang makan dan Yesus mencela kedegilan hati mereka sebab tidak percaya kebangkitanNya. 

Kemudian Yesus katakan beritakan Injil ke seluruh dunia dan kepada segala mahluk. 

RENUNGAN 

Sejak senin sd sabtu minggu ini bacaan Injil mengabarkan tentang Yesus bangkit dan hari ini dari Injil Markus. 

Makna kebangkitan Yesus hari ini adalah kita disuruh beritakan Injil ke seluruh dunia sebagai wujud nyata iman kita semakin teguh lakukan perintah Yesus. 

Petrus semula tidak percaya mendengar kabar dari Maria Magdalena bahwa Yesus bangkit sebab saat itu iman Petrus down karena merasa telah mengkhianati Yesus 

Namun akhirnya Petrus mampu bangkit dari keterpurukan dan imannya bangkit dengan gigih mewartakan Injil tentang Yesus kepada masyarakat Yahudi meski harus masuk penjara. 

Begitupun hendaknya kita, jangan sampai terbenam dalam keterpurukan dengan menyesal saja tetapi ayo bangkitkan iman agar dengan semangat menjalani hidup sesuai dengan kehendak Allah. 

Hendaknya roh kita berkobar-kobar agar iman kita menyala-nyala beritakan Injil kepada setiap orang yabg belum percaya kepada Yesus maupun kepada orang yang sedang loyo iman percaya kepada Yesus karena kesesakan hidup. 

Roma 12:11 
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 

Berapa banyak diantara umat kristiani tersandung berbagai persoalan hidup yang diakibatkan kesalahan dan dosa sehingga roh mereka seakan-akan mati tak berdaya padahal Roh yang ada dalam kita lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia ini. 

1 Yohanes 4:4b 
Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Bagaimana kita dapat memberitakan Injil jika kita sendiri belum hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan. 

Yesus menegur ke-11 muridnya agar mereka bangkit dari kedegilan hati karena tidak move-on dari keterkejutan Yesus disalib dan dari kehilangan pengharapan mereka kepada Yesus. 

Markus 16:14 
Akhirnya Yesus menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitanNya. 

Yesus menghendaki ke-11 muridNya itu bangkit iman mereka agar tetap percaya kepadaNya. 

Demikian pula Yesus menghendaki kita percaya dengan sepenuh hati dalam segala keadaan dan situasi hidup kita. 

Setelah iman kita bangkit dan kokoh maka kita siap untuk melaksanakan apa yang Yesus perintahkan agar kita terus memberitakan Injil. 

2 Timotius 4:2 
Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. 

Semoga kebangkitan Yesus merupakan momentum bagi kita untuk terus percaya kepada Yesus Kristus di dalam segala keadaan hidup kita seraya dengan gigih kita beritakan Injil kepada banyak orang agar mereka diselamatkan Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com